Cspot Ice Cream

Yummy Ice Cream at Cspot Ice Cream

Yummy Ice Cream at Cspot Ice Cream
5 (100%) 1 vote

Siapa yang bisa menolak pesona es krim di siang bolong? Bayangkan cita rasa es krim yang meleleh di mulut, menciptakan kesegaran dan menghilangkan dahaga. Memang es krim adalah salah satu jenis makanan yang disukai hampir semua orang baik pria dan wanita, orang dewasa dan anak-anak. Bisnis es krim selalu diminati dan laris sepanjang tahun tanpa mengenal musim.

Menurut catatan sejarah, Ice Cream Saloon-lah yang pertama kali menjual es krim di Indonesia pada jaman penjajahan Belanda. Sayangnya toko es krim pertama ini hanya ada di kota-kota besar seperti Jakarta, Bogor, Bandung, Malang dan Surabaya. Pada saat itu, es krim adalah makanan mewah yang hanya bisa dinikmati kalangan tertentu saja, dalam hal ini adalah orang Belanda.

Cspot Ice Cream

Dasar orang Indonesia memang kreatif dari jaman dulu ya, gak hilang akal dimodifikasilah bahan pembuatan es krim ini demi mendapatkan cita rasa yang gak jauh berbeda tapi dengan harga yang lebih terjangkau. Bahan dasar susu diganti dengan santan kelapa yang tentu saja lebih mudah didapatkan lalu ditambahkan dengan buah-buah lokal Indonesia. Inilah asal mula terciptanya kuliner es putar.

Seiring perkembangan jaman dan kemajuan teknologi, proses pembuatan es krim pun semakin gampang, cita rasa semakin bervariasi dan bisa dinikmati semua kalangan. Bahkan sekarang pun sedang marak beredar di sosial media resep-resep es krim homemade.

Sebenarnya proses pembuatan es krim terbilang cukup mudah. Bahan dasar yang digunakan adalah susu, perasa dan pemanis. Dari tiga bahan dasar ini, berkembanglah berbagai jenis varian rasa dan jenis es krim, misalnya es krim strawberry, vanilla, coklat, es krim goreng, es krim pisang, es krim durian dan lain-lain. Penyajiannya pun dipercantik sehingga makin mengundang selera untuk segera mencicipinya.

Dikenal dua jenis es krim di pasaran yaitu Soft Ice Cream (jenis lembut) dan Hard Ice Cream (jenis keras). Pada soft ice cream, dibutuhkan mesin Cone Ice Cream untuk menciptakan tekstur yang lembut dan lembek. Penyajiannya umumnya menggunakan cone atau wadah lain. Es krim jenis ini biasanya tidak tahan lama dan cepat mencair.

cspot ice cream

Es krim dan burger di Cspot Ice Cream

Hard ice cream juga memiliki tekstur yang lembut, yang membedakannya adalah di proses pembuatannya yang hanya menggunakan mixer saja lalu dibekukan di freezer. Digunakan scoop ice cream dalam penyajiannya. Kelebihan lain dari es krim jenis keras yaitu dapat diolah lagi menjadi menu lain seperti es krim goreng, moci es krim, rujak es krim, sebagai topping minuman dan lain-lain.

Di kota Makassar sendiri, banyak sekali gerai di mall ataupun resto dan kafé yang menyediakan es krim. Ada yang menjadikan es krim hanya sebagai menu pelengkap saja tapi ada juga yang menjadikan es krim sebagai menu utama, salah satunya adalah Cspot Ice Cream.

Cspot Ice Cream

Lantai 1 Cspot Ice Cream

Saya pertama kali tahu tentang Cspot Ice Cream saat sedang membaca news feed facebook dan melintaslah gambar es krim yang dibagikan oleh seorang teman. Harganya 19.900 rupiah per menu dan akan dapat diskon 20% jika ikutan share gambar tersebut. Sebagai seorang perempuan yang menyukai segala hal yang berhubungan dengan diskon, jiwa saya terusik *halah*. Saya lalu share gambar es krim tersebut sambil mencolek Unga dan Khie, salah dua partner in crime saya dalam menjajal kuliner kota Makassar XD Gayung bersambut, kami janjian ketemu di lokasi Cspot Ice Cream satu jam kemudian.

Cspot Ice Cream terletak di Jalan Urip Sumoharjo No.172, pas samping smartfren, sebelah kiri flyover jika dari arah Universitas Bosowa. Cspot Ice Cream di Makassar ini merupakan spot kedua yang dibuka. Yang pertama didirikan di Palopo, lokasinya di jalan Andi jemma, depan Centro Elektronik samping Indomaret, kota Palopo. Cspot adalah kepanjangan dari cool spot yang berarti spot dingin.

Cspot Ice Cream

Wall decor cspot ice cream

Saat saya tiba sekitar jam 2 siang, suasana sedang ramai pengunjung yang kebanyakan anak muda. Bangunannya berupa ruko dua lantai dengan desain minimalis modern, istilah kekiniannya instagramable. Di beberapa spot. ada wall decor atau wall sticker yang bisa dipakai sebagai latar foto-foto asik untuk diupload di instagram.

Di bagian teras ada empat meja bundar dengan 2 kursi di setiap meja, di ruangan lantai 1 ada 4 meja berpasangan dengan sofa sedangkan di lantai dua juga ada beberapa meja dengan sofa dan kursi. Kami memilih lantai dua, suasananya lebih nyaman dan adem.

Cspot Ice Cream

Lantai 2 Cspot Ice Cream

Dari daftar menu yang disodorkan tidak lama setelah kami tiba, tersedia 6 jenis es krim, 2 jenis burger dan 9 jenis minuman. Es krimnya merupakan jenis hard ice cream. Yang menjadi menu andalan adalah es krim Rolling Stone dan Abbey Road, kedua jenis es krim ini memang paling banyak dipesan. Kami memilih beberapa menu lalu menunggu sambil ngobrol-ngobrol.

Saya sendiri memesan green tea. Saat diantarkan, ternyata green tea-nya dikasi topping es krim. Saya sempat mencicipi es krim Abbey Road pilihan Zahra dan es krim Rolling Stone yang dipesan untuk babyJo. Jadi dalam satu wadah (baik gelas maupun mangkok) es krimnya disajikan dalam tiga rasa yaitu vanilla, coklat dan strawberry, lalu ditambahkan buah-buahan, cincangan kacang, taburan keju atau yang lainnya.Yummi!

Cspot Ice Cream

Green tea dengan topping es krim

Nah buat kamu pecinta es krim di kota Makassar, Cspot Ice Cream ini bisa menjadi salah satu alternatif tempat nongki cantik sambil menikmati cita rasa es krim yang lezat. Jam bukanya mulai jam 11 siang hingga jam 10 malam. Yuk!

Mau liburan ke Makassar dan sekitarnya? Cari di sini: tiket pesawat dan hotel
(Visited 1,301 times, 1 visits today)


About

Mother of #BabyJo || Blogger http://nanie.me || Traveller and Food Lover http://jokkajokka.com || Find me at IG @naniekoe


'Yummy Ice Cream at Cspot Ice Cream' have 1 comment

  1. September 1, 2016 @ 11:16 am alfu laila

    Wahh wajib ka ke sini! Lagi doyannya makan yg manis-manis

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool