Yuk Keliling Nusantara Selagi Bisa

Vote Us

Kalau ditanya apa salah satu mimpi terbesar saya, maka saya akan menjawab: berkeliling Indonesia, minimal mendatangi semua provinsi yang ada di Indonesia.

Iya, ini salah satu mimpi besar saya. Bahkan, sampai saat ini saya belum punya niat yang cukup kuat untuk jalan ke luar negeri sebelum menuntaskan beberapa provinsi yang belum saya sentuh sama sekali di Indonesia. Mungkin terdengar terlalu berlebihan, atau mungkin ada yang mengira itu hanya kamuflase untuk menutupi alasan kalau saya sebenarnya saya belum pernah ke luar negeri karena memang belum mampu.

Yah, tak mengapa. Mungkin memang begitu.

Buat yang suka memotret, ada lomba foto berhadiah wisata ke Labuan Bajo loh! Cek infonnya di sini

Tapi, mimpi untuk melihat semua provinsi di Indonesia itu betulan. Bukan mimpi asal-asalan atau sekadar alasan. Kalau ditanya sejak kapan mimpi itu muncul, hmm..saya tidak tahu tapi sepertinya sejak kecil saya sudah membayangkan nikmatnya bisa berjalan jauh keliling Nusantara. Saya pikir hampir semua dari kita juga punya mimpi yang sama kan?

Sejak hampir tiga tahun belakangan ini, mimpi itu mulai hampir jadi kenyataan. Satu per satu provinsi-provinsi baru di Nusantara bisa saya datangi. Alasan utamanya memang untuk bekerja, atau karena pekerjaan. Tapi tetap saja, rasa bahagia tidak bisa dilarang untuk menyelinap ke dalam hati.

Keliling Nusantara dimulai tahun 2014 ketika saya mendapat tawaran untuk bekerja di Papua. Memang tidak sampai menetap di Papua, hanya berkunjung sesekali sambil meliput beberapa kegiatan di sana. Betapa senangnya saya waktu itu. Datang ke Papua berarti menuntaskan rasa penasaran dua tahun sebelumnya.

Tahun 2012 adalah tahun pertama saya berkunjung ke Papua, tepatnya ke kota Sorong. Namun, kunjungan itu hanya dua hari dan itupun lebih banyak karena bekerja. Barulah pada tahun 2014 dan setahun kemudian saya bisa kembali ke Papua dan tinggal agak lama. Di pulau terbesar di Indonesia itu saya mendatangi beberapa kota seperti: Jayapura, Sorong, Manokwari dan Merauke. Masing-masing kota menawarkan keajaibannya sendiri-sendiri, ceritanya sendiri-sendiri dan budaya yang unik.

keliling nusantara

Salah satu keindahan kota Sorong

Papua sebenarnya sangat pas sebagai destinasi wisata budaya Indonesia. Di sana kita akan menemukan budaya yang sedikit berbeda dengan budaya-budaya lain yang mungkin kita temui di pulau atau provinsi lain. Papua itu unik, akar budaya mereka berbeda dengan akar budaya Melayu yang menjadi akar sebagian besar orang Indonesia lainnya. Orang Papua adalah orang Melanesia yang agak berbeda dengan orang Melayu, dari segi fisik maupun budaya.

keliling nusantara

Festival Lembah Baliem
(foto: Rahmat Takbir)

Setiap tahun ada beberapa festival budaya yang digelar di Papua, tiga di antaranya sudah cukup terkenal. Pertama adalah Festival Raja Ampat di kota Sorong, lalu ada Festival Danau Sentani di kota Jayapura dan terakhir ada Festival Lembah Baliem yang digelar di bulan Agustus setiap tahunnya di Wamena.

tiket mudik murah

Festival Lembah Baliem sudah jadi salah satu unggulan wisata budaya Indonesia dan mengundang perhatian para wisatawan, peneliti dan antropolog. Dalam maupun luar negeri. Sayangnya, ongkos untuk menghadiri festival ini tidak murah. Dana yang harus disiapkan bisa belasan sampai puluhan juta Rupiah, apalagi jika kita berangkat dari Jakarta misalnya.

Keliling Nusantara Mencari Makanan.

Dari pengalaman mendatangi berbagai provinsi di Indonesia, ada beberapa tempat dengan wisata kuliner yang selalu teringat dan terbayang hingga sekarang. Kalau Makassar saya kira tak usah saya ceritakan. Saya tinggal di kota ini dan bercerita tentang wisata kuliner Makassar tentu akan kurang objektif. Jadi mari saya ceritakan wisata kuliner lain saja.

Pulau Lombok adalah salah satu destinasi wisata kuliner yang wajib dicoba ketika kita ingin keliling Nusantara. Saya suka sajian makanan di pulau ini karena semua sesuai lidah Sulawesi saya. Kebanyakan tentu saja adalah olahan hasil laut seperti ikan bakar, cumi, udang dan sebagainya. Sebagai orang pesisir, ini adalah surga! Belum lagi rasa makanannya yang enak dengan hasil-hasil laut yang masih segar. Nyam nyam!

Selain Lombok, pulau lain yang juga kulinernya selalu menggoda adalah Maluku. Saya memang baru sekali ke sana, tapi kenangan menikmati wisata kuliner di depan pelabuhan Tulehu dan di tepi pantai di Sawai, adalah pengalaman yang selalu ingin saya ulang lagi. Makanan utamanya sama, ikan dan hasil laut lainnya. Dibanding kuliner pulau Lombok, kuliner di Maluku memang lebih hemat bumbu tapi rasa ikannya lebih segar.

Kita sudahi dulu bicara soal makanan ya? Kita pindah ke wisata belanja Indonesia. Ketika berwisata, beberapa orang memang menempatkan belanja sebagai salah satu kegiatan yang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Sayangnya saya memang bukan penggemar wisata belanja Indonesia, tapi bukan karena barangnya tidak ada yang bagus. Sama sekali bukan. Alasan utamanya karena kantong yang ramping.

Tapi saya beri sedikit cerita jika ingin menikmati wisata belanja Indonesia ketika keliling Nusantara. Beberapa daerah yang saya yakin wajib dikunjungi dengan maksud untuk berbelanja adalah daerah seperti Lombok, Sumba, Tana Toraja dan Kalimantan Selatan. Kita singkirkan dulu daerah lain seperti Jakarta, Bandung atau kota-kota lain di Jawa ya, kota-kota itu sudah pastilah masuk dalam daftar wisata belanja ketika melakukan perjalanan keliling Nusantara.

keliling nusantara

Indahnya kain Lombok

Nah daerah seperti Lombok, Sumba, Tana Toraja atau Kalimantan Selatan wajib didatangi bila ingin pulang dengan barang-barang khas daerah tersebut. Lombok, Sumba dan Tana Toraja terkenal dengan kerajinan tangan yang aduhai. Dari kain tenun sampai ukiran tangan, benar-benar sayang untuk tidak dibawa pulang. Setiap kali datang ke tempat-tempat itu saya selalu berusaha pulang membawa sesuatu. Sementara itu Kalimantan Selatan dengan kota Martapuranya terkenal sebagai kota dengan hasil kerajinan tangan dari batu yang sulit untuk ditolak para perempuan, bahkan para lelaki sekalipun.

Selain tempat yang saya tahu itu, kalian bisa menambahkan sendiri daftarnya.

Keliling Nusantara Dari Sekarang Yuk!

Selagi muda dan masih ada kesempatan, saya selalu menyarankan siapapun untuk mulai keliling Nusantara. Negeri ini terlalu indah untuk dilewatkan begitu saja. Terlalu banyak keindahan, keanekaragaman budaya hingga keunikan kuliner yang sayang jika tidak dinikmati. Mungkin tidak benar-benar keliling Nusantara, tapi setidaknya bisa mendatangi banyak tempat di negeri ini.

Kalau kalian memang benar-benar ingin mencoba keliling Nusantara, atau setidaknya mendatangi banyak tempat di negeri ini, cobalah berkunjung ke sini. Di tautan itu ada promo dari Ezytravel.co.id yang memberi kemungkinan kita untuk datang ke beberapa tempat yang sangat menarik di Indonesia.

Yuk keliling Makassar! Eits, ambil promo tiket murahpaket tour & jangan lupa pesan hotel murah juga!

Kita bisa menikmati kuliner Bangka, kuliner Manado dan kuliner Belitung dengan penawaran harga yang sangat murah dan terjangkau. Sayang kalau dilewatkan, toh ini bisa jadi permulaan yang seru jika benar-benar ingin keliling Nusantara.

Sekali lagi, selagi ada kesempatan – dan ada promo – maka sambutlah. Indonesia tidak akan pernah mengecewakanmu kawan!

(Visited 24 times, 1 visits today)


About

Blogger ~ Suka jalan-jalan gratisan ~ Sedang belajar motret ~ Mengasuh http://daenggassing.com seperti mengasuh anak sendiri


'Yuk Keliling Nusantara Selagi Bisa' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool