Jelajah 3 Kabupaten di Sulsel

Jelajah 3 Kabupaten di Sulsel
5 (100%) 1 vote

Saya menyebut perjalanan ini dengan nama Jelajah 3 Kabupaten di Sulsel. Bersama teman-teman dari Makassar Backpacker, kami menjelajahi 7 obyek wisata Sulsel yang ada di 3 kabupaten yaitu Kabupaten Pangkep, Kabupaten Soppeng, dan Kabupaten Wajo dalam waktu dua hari. Dengan jumlah peserta trip yang mencapai 20 orang, akhirnya pada sepakat untuk menyewa sebuah bis ¾.

Rumah Karst di Kabupaten Pangkep

Kabupaten Maros dan Pangkep sudah terkenal dengan gugusan hutan batu karstnya yang merupakan gugusan karst terbesar ke-dua di dunia. Di hutan batu ini akan banyak ditemukan goa-goa pra sejarah yang sungguh menarik untuk dijelajahi. Tapi tujuan kami ke Pangkep bukan itu, melainkan mengunjungi rumah karst.

Eh, yuk mengenal Kabupaten Maros dan Pangkep lebih dekat, baca di sini yuk!

Nama rumah karst mungkin masih asing di telinga, bisa dimaklumi karena lokasinya yang jauh sehingga sangat jarang orang yang datang ke sana. Kok kami bisa tau? Ya karena info dari salah seorang teman di Makassar Backpacker, dan rasa penasaran menjadikan rumah karst ini sebagai salah satu destinasi wisata Sulsel.

 

Rumah karts berlokasi di Dusun Bantimurung (Kareha), Desa Bantimurung, Kec. Tondong Tallasa Kab. Pangkep. Untuk akses ke sana, rute yang ditempuh adalah dari Bungoro terus melewati kompleks Pabrik Semen Tonasa. Perjalanan hampir 1 jam menggunakan bis dari Bungoro lumayan menguras tenaga karena harus naik dan turun perbukitan. Rumah karst ini adalah rumah yang ditempati tinggal, jadi bukan hanya sekadar hiasan saja. Ruangan dalamnya dipahat dari batu karst sementara bagian luar rumah tetap terlihat bentuk asli batu karst, hanya ditambahi pagar dan beberapa ornamen.

Bulu Dua, Cabbenge dan Watansoppeng di Kab Soppeng

Menurut jadwal yang sudah disusun sebelumnya, setidaknya saat sore hari kami sudah tiba di Kota Watansoppeng agar bisa menyaksikan kelelawar terbang pergi mencari makan. Tapi ternyata perjalanan pergi dan pulang dari rumah karst memakan waktu yang lebih lama dari yang diperkirakan. Perjalanan baru sampai di Bulu Dua ketika sore menjelang. Di Bulu Dua rombongan singgah di sebuah warung untuk mencicipi minuman dan makanan ringan dan disambut dengan ramah oleh pemiliknya, seorang pengusaha pariwisata di Soppeng.

Wisata Sulsel

Nah sebenarnya beliau inilah yang mengundang kami untuk datang jalan-jalan ke Soppeng. Warung tempat kami dijamu lokasinya menghadap ke Bulu Dua, yaitu 2 gunung yang menjulang dan dijadikan nama daerah tersebut. Dulu tempat ini menjadi tempat istirahat yang pas ketika melakukan perjalanan ke Kabupaten Soppeng. Sekarang lokasi warung tersebut sudah menjadi waterpark di Soppeng yang cukup ramai di akhir pekan.

Setelah sholat maghrib, perjalanan dilanjutkan lagi ke Cabbenge, daerah di Soppeng yang dulu terkenal sebagai penghasil tembakau di Sulawesi Selatan. Di Wisma Appanang Cabbenge milik pengusaha tersebut, kami dijamu makan malam dan difasilitasi penginapan gratis. Sambil menunggu kantuk datang, diskusi tentang potensi pariwisata di Kab. Soppeng berlangsung dengan seru.

Mesjid Raya Watansoppeng, Villa Yuliana dan pohon asam tempat kelelawar bergelantungan berada di lokasi berdekatan di tengah kota.

Sesuai kesepakatan, rombongan harus bergerak ke Kota Watansoppeng sebelum subuh menjelang. Ketika kami tiba, langsung sholat subuh di masjid Raya Watansoppeng dan bergegas menuju tempat kelelawar-kelelawar dengan niat menyaksikan kedatangan rombongan kelelawar yang riuh rendah sepulang mencari makan. Sayangnya ketika sampai di sana, kelelawar-kelelawar tersebut sudah nongkrong di pohon asam. Lagi-lagi kami terlambat, hanya tersisa beberapa ekor kelelawar yang masih sibuk mencari tempat bergantungan yang nyaman sepanjang hari.

Kami akhirnya bergerak ke Villa Yuliana, bangunan peninggalan belanda yang jadi salah satu objek wisata andalan Kab. Soppeng. Setelah puas foto-foto, kembali ke penginapan untuk bersih-bersih, makan dan persiapan ke destinasi berikutnya yaitu Kabupaten Sengkang.

Danau Tempe dan Kampung Pengrajin Kain Sutera di Kab. Wajo

Matahari sudah tinggi ketika bis yang membawa rombongan kami tiba di Sengkang, ibukota Kab. Wajo. Bis langsung menuju ke pinggiran Sungai Walanae di mana banyak perahu terparkir. Wisata SulSel kami terus berlanjut. Dengan 4 perahu bermesin tempel, rombongan bergerak menyusuri sungai menuju Danau Tempe. Setelah menempuh perjalanan sekitar 30 menit, nampaklah beberapa rumah terapung yang membentuk seperti perkampungan di atas danau.

Menyewa perahu “ketinting” menyusuri Sungai Walanae menuju Danau Tempe

Perahu kemudian merapat di sebuah rumah terapung milik warga. Rumah sederhana dengan dinding bambu dan seng ini sepertinya memang disiapkan hanya untuk menerima dan menjamu tamu. Hanya ada 2 ruangan, dapur dan ruang depan yang kosong. Kami pun duduk membentuk lingkaran dan memulai sesi perkenalan. Suguhan teh panas dan pisang goreng jadi menu mewah yang menemani.

Puas menikmati keindahan Danau Tempe dan menikmati suguhan teh serta pisang gorengnya, rombongan berperahu kembali ke daratan dan melanjutkan perjalanan menuju Pakkanna, perkampungan pengrajin kain tenun sutera yang letaknya hanya 3 Km di utara Kota Sengkang.

Rumah panggung di perkampungan pengrajin kain tenun sutera Pakanna. Kolong rumah menjadi tempat menenun dan menampilkan hasil tenunan

Suara alat tenun bersahut-sahutan seakan menyambut kedatangan kami memasuki perkampungan. Sekitar 30 rumah menjadi tempat pengrajin sutera, rata-rata adalah rumah panggung yang merupakan rumah khas orang Bugis. Alat tenun dan pemintal benang sutera berbagai warna tertata rapi di kolong rumah bagian tengah dan belakang. Sementara di bagian depan dijadikan semacam galeri hasil tenunan warga.

Sore mulai menjelang, ketika kami meninggalkan kampung penghasil kain sutera tersebut dengan membawa ole-ole kain. 2 hari perjalanan, mengunjungi 3 kabupaten di Sulawesi Selatan dengan beragam objek wisata menarik akan menjadi pengalaman yang akan terus dikenang.

(Visited 78 times, 1 visits today)


About

anbhar.net | AngingMammiri.Org | AC Milan | PSM | Sobatpadi | Suka Dunia Militer & Penerbangan | Berenang & Snorkeling | Ngemil | Jalan2 | | AB+


'Jelajah 3 Kabupaten di Sulsel' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool