Yuk Mengenal Kabupaten Maros dan Pangkep

Vote Us

Sulawesi Selatan (SulSel) punya 24 kabupaten dan kota (tiga kota dan 21 kabupaten). Jumlah ini tergolong lumayan banyak dan menjadikan Sulawesi Selatan sebagai provinsi terluas dan paling ramai di pulau Sulawesi. Kota yang paling terkenal tentu saja Makassar, ibukota provinsi yang juga jadi kota paling maju di bagian timur Indonesia.

Pengen tahu 4 destinasi wisata kekinian di Makassar? Simak di sini yuk!

Selain Makassar, ada kota-kota lain atau daerah lain yang juga terkenal. Sebut saja Tana Toraja, Bulukumba dan Selayar yang sejauh ini sudah terkenal sebagai salah satu destinasi wisata SulSel yang ramai dikunjungi orang.

Tapi, selain kabupaten dan kota itu masih banyak lagi kabupaten dan kota lain di Sulawesi Selatan yang tentu saja menarik untuk dikenali. Bukan hanya karena potensi wisatanya, tapi juga cerita-cerita lainnya yang juga tak kalah menariknya. Beberapa di antaranya memang sudah jadi destinasi wisata SulSel, beberapa lainnya punya potensi namun belum tergali.

Di tulisan ini, saya akan coba memperkenalkan dua kabupaten yang berada di utara kota Makassar. Kabupaten yang sebenarnya bisa jadi destinasi wisata SulSel juga, sekaligus menyimpan banyak cerita yang menarik. Kabupaten itu adalah Kabupaten Maros dan Pangkajene Kepulauan.

Taman Batu Leang - Leang Maros

Taman Batu Leang – Leang Maros

Yuk, kita simak!

Letak Geografis

Kabupaten Maros dan Pangkajene Kepulauan (kemudian disingkat dengan Pangkep) berada tidak jauh dari kota Makassar. Kabupaten Maros bahkan berbatasan langsung dengan kota Makassar di sebelah utara. Pusat kotanya sendiri, yaitu kota Maros hanya berjarak sekitar 30 km dari pusat kota Makassar.

Sementara itu, Kabupaten Pangkep berada lebih ke utara lagi dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Maros. Jaraknya juga tidak terlalu jauh dari kota Makassar, ibukotanya yaitu Pangkep hanya berjarak sekitar 60 km.

Kedua kabupaten ini berada di pesisir bagian barat pulau Sulawesi, dekat dengan lautan. Kabupaten Pangkep sesuai dengan namanya bahkan punya banyak pulau-pulau yang tersebar di Selat Sulawesi, bahkan sampai ke bagian selatan, dekat dengan Pulau Flores.

Meski begitu, kedua kabupaten ini juga punya daerah datar yang jadi pusat persawahan. Selain itu, Maros dan Pangkep juga berbagi kawasan karst yang cukup luas, bahkan termasuk kawasan karst terbesar nomor dua di dunia. Kawasan karst ini menjadi salah satu destinasi wisata SulSel yang terkenal.

Sejarah Singkat

Kabupaten Maros dikenal punya sejarah panjang. Dari deretan karst yang ada di wilayahnya bisa ditemukan jejak sejarah manusia purba, khususnya di Leang-Leang. Jejak itu dipercaya sudah ada sejak ribuan tahun lalu dan merupakan manusia-manusia pertama yang menghuni pulau Sulawesi.

Sejak jaman kolonial Belanda, Maros juga sudah jadi salah satu wilayah penting pemerintahan Belanda. Mungkin karena jaraknya yang tidak terlalu jauh dari kota Makassar. Sampai sekarang pun, Maros tetap dianggap penting bagi kota Makassar. Bandara Sultan Hasanuddin bahkan sebagian wilayahnya masuk ke dalam bagian Kabupaten Maros.

Budaya dan Wisata

Kabupaten Maros bisa dibilang sebagai perbatasan antara wilayah mayoritas suku Bugis dan suku Makassar. Meski secara budaya (utamanya bahasa), Maros dan Pangkep lebih dekat ke Bugis, namun pengaruh Makassar lewat kerajaan Gowa-Tallo tidak bisa dilepas begitu saja.

Pangkep juga terkenal sebagai daerah terakhir yang masih menjaga tradisi bissu atau pendeta kuna Bugis. Di wilayah Segeri, kita masih bisa menemukan para bissu yang di saat tertentu masih melaksanakan tugas mereka mengawal ritual-ritual khusus. Upacara tersebut juga menjadi sajian pilihan dalam kalender wisata SulSel.

Untuk destinasi wisata, Maros dan Pangkep juga punya banyak tempat yang bisa jadi pilihan. Tempat paling terkenal dari Maros tentu saja air terjun Bantimurung yang menawan. Selain air terjunnya, Bantimurung juga terkenal sebagai kerajaan para kupu-kupu. Sampai sekarang, Bantimurung masih ramai dikunjungi orang dan termasuk destinasi unggulan wisata SulSel.

Rammang-Rammang, salah satu andalan wisata SulSel

Rammang-Rammang, salah satu andalan wisata SulSel

Selain Bantimurung, Rammang-Rammang yang juga masuk dalam wilayah Kabupaten Maros menjadi salah satu destinasi wisata SulSel yang sedang hangat dibicarakan. Menyusuri sungai hingga ke Kampung Berua adalah atraksi wisata yang mampu mengundang minat banyak wisatawan, domestik maupun manca negara. Tidak heran kalau Rammang-Rammang juga menjadi destinasi wisata SulSel yang sedang ngehits.

Sementara Pangkep sendiri banyak menawarkan wisata bahari. Masuk akal karena Pangkep punya banyak sekali pulau-pulau yang bisa dijadikan destinasi wisata. Sebut saja Pulau Cangke, pulau yang juga ramai dikunjungi wisatawan meski baru skala lokal.

Kalau bicara wisata kuliner, salah satu kuliner paling terkenal Sulawesi Selatan datang dari Pangkep. Namanya Sop Saudara. Kuliner ini diperkenalkan oleh orang-orang Pangkep yang ada di kota Makassar. Olahan daging yang diberi kuah dan kadang disantap dengan ikan bandeng bakar sungguh menggugah selera. Tidak heran kalau Sop Saudara jadi salah satu kebanggaan kuliner wisata SulSel.

Temukan berbagai penawaran wisata menarik di sini Promo Tiket Pesawat, Paket perjalanan wisata, dan Bikin visa secara online

Nah, itulah sepintas tentang dua kabupaten yang berada di utara kota Makassar itu. Kalian yang belum tahu banyak tentang wilayah ini tentu penasaran, bukan? Minimal sekarang bertambah lagi pengetahuan tentang destinasi wisata SulSel. Siapa tahu suatu hari nanti Eztravelers bisa berkunjung dan menjelajahi kedua kabupaten itu. Kabari ya? Siapa tahu kita bisa jalan bersama-sama.

(Visited 108 times, 2 visits today)


About

sharing is caring | bebas merdeka 100% | writer and traveller wannabe | peneliti paruh waktu | social media enthusiast |


'Yuk Mengenal Kabupaten Maros dan Pangkep' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool