Kembali Menghabiskan Sore di Losari

Kembali Menghabiskan Sore di Losari
Vote Us
wisata pantai makassar

parkiran di depan penjual pisang epe

Setelah sekian lama sering bercerita tentang Pantai Losari, akhirnya sore itu saya berkesempatan kembali menikmati wisata pantai Makassar di sana. Langit tengah mendung di separuh perjalanan menuju ke tempat itu, namun saya dan beberapa teman sudah sepakat untuk menghabiskan sore bersama di Pantai Losari. Hujan masih menyisakan gerimis ketika saya turun dari angkot, air menggenang pun ada di mana-mana. Namun sepertinya tidak membuat anjungan Pantai Losari sore itu menjadi sepi, lalu menyurutkan niat pengunjung untuk menghabiskan sore di sana. Suasana sore yang gerimis itu menjadi meriah dengan alunan musik-musik dan tabuhan drum serta alat perkusi lainnya yang tengah dimainkan oleh segerombolan orang yang sedang berlatih drum band.

Minggu pagi adalah salah satu saat yag tepat mengunjungi Pantai Losari. Baca kisahnya di sini

Sebuah patung piala Adipura dengan gerbang di bawahnya adalah tempat kami berjanji sebagai titik kumpul. Selain mudah dikenali, kalian juga dapat berteduh di bawahnya. Jika suatu saat kalian janjian di Pantai Losari untuk menikmati wisata pantai Makassar, tempat ini dapat menjadi alternatif titik kumpul selain di tulisan Pantai Losari yang sangat fenomenal itu, terlebih ketika hari sedang hujan.

Karena sorenya digelayuti mendung, maka senja pun tidak terlihat mempesona saat itu. Akhirnya kami memutuskan untuk naik perahu bebek. Sudah sejak lama memang saya ingin sekali naik perahu bebek ini, sepertinya seru dan mengasyikan sebagai alternatif wisata pantai Makassar ketika hari tidak begitu cerah. Kali yang lalu ketika saya pernah janjian bersama teman lainnya untuk naik perahu ini, namun tidak berjalan dengan baik karena saya telat untuk datang, maka ditinggallah saya oleh mereka. Setelahnya mereka menyisakan cerita yang cukup menarik dan berhasil membuat saya memikirkan keseruan mereka di atas perahu sederhana itu hingga di hari-hari selanjutnya.

wisata pantai Makassar

suasana di sekita dermaga terapung

Sebuah perahu bebek dapat menampung 6 hingga 12 orang penumpang, dengan tarif 5000 rupiah untuk anak dan 10.000 rupiah untuk dewasa. Dengan tarif sebesar itu kalian akan dibawa berkeliling hingga ke tepian pulau seberang. Wisata perahu bebek yang murah meriah dan sederhana ini rasanya sangat sayang untuk dilewatkan jika kalian berhasil mampir ke Pantai Losari. Kalian dapat mengakses perahu bebek ini melalui dermaga terapung, kemudian akan diajak berkeliling selama lebih kurang 15 hingga 30 menit untuk menikmati wisata pantai Makassar. Namun sebelumnya pastikan dulu tangki bensin perahunya cukup untuk membawa kalian berkeliling dan kembali ke dermaga dengan selamat hihi.

Setelah berhasil berkeliling dengan perahu bebek, kalian dapat mencicipi pisang epe di sebelah barat dari anjungan pantai Losari, ada puluhan penjual pisang epe di sana yang dapat kalian temui. Untuk saat ini harga seporsi pisang epe hanya sebesar 12.500 rupiah saja, dengan berbagai varian; pisang epe dengan karamel gula merah saja, pisang epe dengan keju dan susu, pisang epe dengan coklat dan susu, atau pisang epe dengan karamel gula merah dan durian. Kata ibu Ani, salah satu penjual pisang epe di sana, selain pisang epe keju susu, pisang epe karamel gula merah dan durian-lah yang menjadi favorit para pengunjung.

Ibu Ani ini ternyata sudah cukup lama berjualan pisang epe, dia dan juga adiknya yang berjualan sarabba ( sejenis wedang jahe khas Makassar ) dan memiliki warung yang berdampingan sempat mengeluhkan ketika berkali-kali dipindahkan tempat untuk berjualan. Ya, memang penjual-penjual pisang epe ini memang sempat dipindahkan berkali-kali dibeberapa tempat yang berbeda, namun demikian ibu Ani sangat bersyukur mendapati sedikit tempat di area ini untuk menjajakan pisang epe, tepatnya di sebelah barat anjungan pantai Losari. Obrolan kami kian mengalir di warung ibu Ani, tak terasa sebentar lagi senja akan berganti malam, kata bu Ani, ketika malam tiba tempat ini akan semakin ramai. Benar saja, selepas maghrib orang-orang sudah mulai berdatangan untuk menikmati pisang epe, segelas sara’ba dan sepoinya anging mammiri dari anjungan sebelah barat pantai Losari ini.

wisata pantai Makassar

salah satu penjual jajanan di sekitar anjungan sebelah barat pantai losari

Ohya, selain penjual pisang epe, sara’ba dan aneka jus, di tempat ini juga ada penjual jajanan seperti sosis goreng dan goreng telur dengan irisan daun bawang di dalamnya. Jajanan yang juga murah meriah ini cukup enak dinikmati saat masih masih hangat dengan saus sambalnya yang pedas manis. Lalu semurah apa harganya? Hanya 2000 ribu rupiah, seperti jajanan yang banyak dijual di sekolah-sekolah. Namun menikmatinya dari tempat ini rasanya lebih sesuatuh

Namun ada satu hal yang cukup berkesan setelah sekian lama tidak ber-wisata pantai Makassar dan menghabiskan sore di Pantai Losari, di kawasan ini sudah tidak lagi ditemukan preman, gelandangan dan pengemis yang sangat menganggu. Sepertinya program penertiban preman dan gepeng telah berhasil dilakukan oleh pemerintah kota Makassar, sehingga kalian akan sangat nyaman menghabiskan sore bersama orang tersayang di tempat ini.

Temukan berbagai penawaran wisata menarik di sini Tiket murah dari Jakarta ke Makassar , Hotel murah di Makassar, dan Beragam paket wisata
wisata pantai Makassar

dari atas perahu bebek di pantai losari

Pantai Losari memang selalu menyisakan cerita tersendiri yang sulit untuk dilupakan baik sebagai wisata pantai Makassar atau sebagai tempat mengendapkan kenangan hihi. Sebuah ikon dari kota Makassar ini menggantikan kerinduan akan sebuah alun-alun yang selalu menyisakan cerita yang tidak akan pernah ada habisnya, menjadi saksi indahnya kehidupan orang-orang di sekitarnya juga para pendatang. Dan dari atas perahu bebek jangan lupa menyisakan rindu akan kota ini.

(Visited 72 times, 1 visits today)


About

Mommy dua anak hebat - perajut dan crafter - sesekali curhat di ungatawwa.wordpress.com


'Kembali Menghabiskan Sore di Losari' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool