Info Wisata Menjelang Ramadhan

Vote Us

Sebentar lagi bulan Ramadhan akan datang, ada kebiasaan unik dari warga Makassar jika akan memasuki bulan Ramadhan, mereka senang melakukan piknik bersama keluarga ke tempat-tempat tertentu, dan ini juga dapat menjadi info wisata untuk kalian.

Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam penanggalan hijriyah ( sistem penanggalan umat muslim ) Sepanjang bulan ini pemeluk agama Islam melakukan serangkaian aktivitas keagamaan termasuk di dalamnya berpuasa, shalat tarawih, peringatan turunnya Al Quran, menacari malam Laiylatul Qadar, memperbanyak membaca Al Quran dan kemudian mengakhirinya dengan membayar zakat fitrah dan rangkaian perayaan Idul Fitri. – Wikipedia.

Cari tahu juga wisata keluarga yang mungkin cocok bagi Anda di sini

Ya, bulan Ramadhan memang selalu dinanti-nanti oleh umat muslim di seluruh dunia, begitu pun di Makassar, propinsi ke 20 yang merupakan ibukota provinsi Sulawesi Selatan. Sahur bersama keluarga akan sangat menyenangkan, begitu pula berbuka bersama adalah moment yang selalu ditunggu-tunggu, lalu berangkat bersama-sama menuju masjid untuk melakukan sholat Tarawih  adalah hal yang selalu dirindukan.

Momen-momen seperti itu tentu saja tidak akan pernah didapatkan selain saat bulan Ramadhan. Namun seperti yang saya katakan tadi, ada satu kebiasaan unik warga Makassar pada umumnya saat Ramadhan akan tiba, yakni melakukan wisata menjelang Ramadhan. Mereka berbondong-bondong memenuhi tempat rekreasi untuk liburan. Tak heran jika pekan terakhir sebelum Ramadhan tersebut hampir dapat dipastikan semua tempat tujuan wisata baik yang dekat ataupun yang memiliki jarak lumayan jauh dari pusat kota akan dipenuhi pengunjung.

Sebelum saat itu tiba kalian dapat menyimak info wisata tentang beberapa tempat yang selalu ramai menjelang Ramadhan;

Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung

Taman Nasional Bantimurung –Bulusaraung atau disingkat TN BABUL secara administrasi pemerintahan terletak di wilayah Kabupaten Maros dan Kabupaten Pangkajene Kepulauan ( Pangkep ). Taman ini ditunjuk menjadi kawasan konversi atau taman nasional pada 18 Oktober 2004, hal ini telah menjadi info wisata tentang satu lagi taman nasional yang ada di Indonesia.

Sebagai taman nasional tempat ini memiliki berbagai keunikan, yaitu: karst, goa-goa dengan stalaknit dan stalakmit yang indah, dan yang paling dikenal adalah kerajaan kupu-kupu yang ada di sana dan dijuluki The Kingdom of Butterfly oleh Alfred Russel Wallace; seorang naturalis, penjelajah ahli biologi, antropologi, geografi, sosial dan supranaturalis berkebangsaan Inggris. Tak hanya itu, ditempat tujuan wisata ini juga menyuguhkan wisata alam berupa lembah bukit kapur, air terjun, dan gua yang merupakan habitat beragam spesies.

Tidak heran kalau Bantimurung jadi salah satu tujuan favorit wisata menjelang Ramadhan.

wisata menjelang ramadhan

Pulau Samalona

“…

Walau kini kau jauh jauh di negeri seberang, namun cintaku hanyalah untukmu, Namun apa yang tersisa hanya kenagan di Samalona.

Haruskan ku arungi samudramu, agar dapat menemukan dirimu …

Amerika bukan sekedip mata, bila aku harus berlayar menemukanmu

Samalona … di Samalona … Samalona … di Samalona … “

Begitu sebaris lirik manis dengan irama reggae yang dinyanyikan oleh seserorang yang dikenal sebagai Om Anton Samalona –musisi lokal yang keren.

Menyebut Samalona rasanya tidak akan pernah bosan untuk kembali, kembali, dan kembali lagi ke sana. Sebuah pulau kecil berpasir putih di selat Makassar yang hanya berjarak lebih kurang 500 meter dari bibir tebing Benteng Fort Rotterdam ini memang selalu dirindukan.

Pulau dengan luas 4Ha ini dihuni oleh 8 kepala keluarga yang hingga kini masih menghuni dan memelihata pulaun ini. Ada dua wilayah Samalona yang dapat kalian explore; sebelah utara wilayah dengan karangnya dapat dijadikan sebagai spot snorkeling juga diving dan sebelah timur yang menghadap ke Makassar adalah daerah berpasir putih yang landai dan pas untuk dijadikan tempat bermain atau berenang. Menjelang Ramadhan, pulau ini akan lebih sibuk menerima kunjungan wisatawan karena memang Samalona jadi salah satu tujuan wisata menjelang Ramadhan.

wisata menjelang ramadhan

Pantai Akarena

Pantai Akarena adalah pantai yang terletak di daerah Tanjung Bunga, Makassar, lebih kurang 15 menit berkendara dari Pantai Losari, pantai yang berpasir tidak seperti Pantai Losari. Pantai ini juga jadi tempat wisata menjelang Ramadhan yang cukup populer di Makassar.

Pantai ini juga menjadi primadona warga Makassar untuk menghabiskan pekan terakhir sebelum memasuki Ramadhan, sebab di pantai ini terbilang memiliki fasilitas yang cukup lengkap; ada taman bermain, sarana untuk berolah-raga, juga restaurant. Juga olahraga air lainnya yang dijadikan sebagai wisata air seperti bermain jetski, menaiki banana boat atau bermain flying fish.

Ada banyak info wisata yang menyebutkan kalau saja Pantai Akarena ini memang menjadi salah satu alternatif hiburan yang murah meriah. Ya, untuk masuk ke dalam kawasan Pantai Akarena kalian hanya cukup membayar tiket masuk sebesar Rp. 10.000 dan retribusi untuk kendaraan roda 4 juga sebesar Rp. 10.000 atau Rp. 5000 untuk tertribusi kendaraan roda 2.

wisata menjelang ramadhan

Malino HighLand

Jika kalian lebih senang melihat hijaunya alam dari birunya laut hihi, Malino adalah tempat yang tepat. Hampir di setiap tahun menjelang Ramadhan warga Makassar juga berbondong-bondong datang ke Malino, menikmati segarnya udara pegunungan. Dari Malino yang paling sering menjadi tujuan wisata adalah hutan pinus dan sebuah kawasan perkebunan teh dengan ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut dikenal dengan Malino HighLand.

Dengan retribusi sebesar Rp. 50.000 kalian dapat memasuki wilayah perkebunan teh yang sejuk ini, menikmati air terjun, berjalan-jalan ke kebun binatang mini, berjalan-jalan ke kebun bunga, sekadar menikmati secangkir teh hijau hangat yang nikmat di café Green Peko -sebuah café yang memiliki arsitektur bergaya Jepang klasik yang membuat suasana semakin terasa menyenangkan, teduh dan sejuk- atau melakukan permainan outdoor seperti; paralayang, menunggang kuda, bungee jumping, trampoline, cross county running, bersepeda, bermain laying-layang dan kegiatan menarik lainnya.

Temukan berbagai penawaran wisata menarik di sini Booking tiket online, Bikin tiket passport online, dan Beragam paket wisata

Berlokasi di kecamatan Tinggi Moncong kabupaten Gowa, Malino dan Highlandnya ini berjarak 80 km ke arah selatan, dapat ditempuh hanya dengan lebih kurang 2,5 jam perjalanan dengan berkendara.

(Visited 81 times, 1 visits today)


About

Mommy dua anak hebat - perajut dan crafter - sesekali curhat di ungatawwa.wordpress.com


'Info Wisata Menjelang Ramadhan' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool