wisata memancing telaga barombong

Bersantai Sambil Memancing di Telaga Barombong

Vote Us

Wisata memancing di Makassar mulai populer seirng dengan dibangunnya beberapa lokasi pemancingan di Makassar dan sekitarnya, misalnya di Panampu Park, di Bendungan Bili-Bili ataupun di Telaga Barombong. Lokasi pemancingan ini selalu ramai oleh para pengunjung yang memang hobi memancing ataupun yang hanya ingin bersantai sekaligus penasaran bagaimana cara memancing. Terlebih lagi di saat weekend, biasanya yang datang berombongan baik bersama keluarga, teman sekolah, kantor maupun komunitas.

Beberapa hari yang lalu, saya ikut hadir acara ulang tahun kantor pak suami yang berlokasi di Telaga Barombong Resto and Fishing. Wah senangnya bisa mengunjungi tempat baru untuk bersantai sekaligus memancing di Telaga Barombong, sekalian membawa si anak kecil jalan-jalan mengenal alam. Saya penasaran, bisakah tempat ini jadi pilihan wisata memancing di Makassar?

Sedang mencari lokasi wisata keluarga di Makassar lainnya? Cek di sini ya

 

wisata memancing di Makassar

gazebo Telaga Barombong

Telaga Barombong Resto and Fishing berlokasi  di Jalan Andi Mappakainga No. 58 Barombong, perbatasan antara Makassar dan Kabupaten Gowa. Sesuai namanya, konsep yang ditawarkan adalah restoran dan wisata memancing. Jadi restorannya  berada di atas telaga sehingga pengunjung bisa lansung memancing sambil menunggu makanan yang dipesan datang.

Ada dua jalur yang bisa ditempuh untuk mencapai Telaga Barombong yaitu melalui Panciro di Gowa atau melalui jalur Metro Tanjung Bunga di Makassar. Ada plang nama besar yang menjadi penanda jalan masuk Telaga Barombong,  selain itu rutenya mudah kok jadi jangan khawatir akan tersesat. Kalaupun ternyata salah jalan, ada google maps atau waze yang bisa mengembalikanmu ke jalan yang benar 😀

Kami sendiri memilih jalur Panciro saat berangkat  dan pulang melalui Jalur Metro Tanjung Bunga.

Memasuki gerbang Telaga Barombong Resto dan Fishing, ada area parkir yang cukup luas baik untuk kendaraan roda dua maupun roda empat. Ada tukang parkir juga yang akan mengarahkan. Salah seorang karyawan akan menyambut begitu kita menjejakkan kaki di pintu masuk restoran tersebut dan menanyakan apakah sudah reservasi atau belum. Karena memang sudah ada kawan kantor pak suami yang reservasi ya tinggal sebut nama saja, dan diantarlah kami menuju saung lesehan atau gazebo yang sudah dipesan. Ternyata jaraknya lumayan juga dari pintu masuk, ya gak heran sih kawasan Telaga Barombong ini seluas  1,5 hektar 😀

Baiklah, kesan pertama sudah menunjukkan kalau tempat ini memang bisa jadi pilihan wisata memancing di Makassar.

wisata memancing di Makassar

rindangnya Telaga Barombong

Suasana cukup asri dan nyaman dengan rimbunnya pepohonan dan deretan gazebo yang mengelilingi telaga. Suka deh sama suasana alaminya. Ada 38 gazebo di Telaga Barombong  yang terdiri dari 3 type dan untuk penggunaan masing-masing gazebo mensyaratkan minimal pembelian. Untuk gazebo dengan kapasitas 8 sampai 12 orang bisa dipakai dengan minimal pembelian 700ribu, sedangkan gazebo berkapasitas 10-25 orang dengan minimal pembelian 1 juta 5 ratus ribu. Ada juga gazebo tertutup dan berAC dengan kapasitas 8-12 orang, harus dengan minimal pembelian 1 juta rupiah.

Eits jangan berkerut dulu dan mengeluh mahal, persyaratan itu hanya berlaku di waktu akhir pekan saja alias weekend. Untuk hari biasa kamu bisa menempati gazebo-gazebo tersebut tanpa minimal pembelian, cukup membayar seharga makanan yang kamu pesan saja. Nah bagaimana kalau datang saat weekend dan tidak ingin berbelanja sebanyak itu? Mahal donggg jadinya. Jangan khawatir, kamu bisa bersantap di resto Pasanggrahan sambil menikmati suasana. Kekurangannya adalah tidak diperbolehkan memancing di area restoran outdoor tersebut 😀

memancing di telaga barombong

memancing di Telaga Barombong

Bagaimana dengan alat pancing dan umpannya? Bisa kamu pinjam dengan mendepositkan sejumlah uang yang bisa kamu ambil kembali pada aat mengembalikannya, tentu saja dengan catatan tidak kerusakan pada peralatan pancing tersebut.  Jadi sebaiknya sih periksa dengan teliti sebelum membawa alat pancing ke gazebomu. Kamu juga bisa membawa sendiri umpan dan alat pancing favoritmu dari rumah kalau memang berniat memancing dengan serius. Katanya sih ikannya besar-besar di sini. Nanti bisa ditimbang saat selesai memancing dan dibayar sesuai berat ikan, terserah mau dibawa pulang atau diolah di dapur restoran tersebut.

Untuk menu makanan dan minuman yang ditawarkan oleh Telaga Barombong Resto and Fishing ini, cukup beragam juga mulai dari menu seafood seperti kepiting saos telaga, kaneke bakar parape, udang lada hitam, cumi asam manis, cumi hitam, patin tim, nila goreng kriuk, nila balado, bolu pallumara, dan beragam olahan ikan lainnya. Lalu ada juga sayurannya misalnya nih tauge cah ikan asin, capcay bakso, sayur lodeh, tofu, kangkung cah dan lain-lain. Bahkan untuk mereka yang tidak mengkonsumsi seafood bisa memesan menu ayam panggang telaga, nasi goreng, mie goreng atau sate ayam.

mengantar makanan telaga barombong

mengantar makanan dan minuman pake becak ala-ala seperti ini

Beberapa fasilitas lainnya yang dapat dimanfaatkan secara gratis adalah area bermain anak, wahana becak, toilet dan musholla. Selain itu di Telaga Barombong ini terdapat ruang serbaguna dengan kapasitas 200 orang dan boleh dipakai untuk berbagai acara, seperti: ulang tahun, arisan, gathering, dan meeting.

Seperti biasa kalau sedang berada di sebuah tempat makan, saya suka ngecek kebersihan toiletnya, dan di sini semua bersih. Ada 3 bangunan toilet yang tersebar di sekitar telaga, di mana toilet laki-laki dan perempuan letaknya berdampingan. Penanda toiletnya lucu, tulisannya I Basse untuk toilet perempuan dan I Baso untuk toilet laki-laki. Ada mushollanya juga yang lokasinya berdekatan dekat area bermain anak.

Temukan berbagai penawaran wisata menarik di sini Tiket murah dari Jakarta ke Makassar , Hotel murah di Makassar, dan Beragam paket wisata
Telaga Barombong Resto and Fishing ini bisa banget jadi alternatif wisata keluarga di akhir pekan, mengingat lokasi wisata memancing di Makassar seperti ini masih sangat kurang. Hanya saja ya, siap-siap untuk menyediakan dana berlebih 😀 Happy fishing!
(Visited 780 times, 2 visits today)


About

Mother of #BabyJo || Blogger http://nanie.me || Traveller and Food Lover http://jokkajokka.com || Find me at IG @naniekoe


'Bersantai Sambil Memancing di Telaga Barombong' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool