kepulauan spermonde wisata Makassar

Dermaga Penyeberangan Menuju Pulau-Pulau Spermonde

Dermaga Penyeberangan Menuju Pulau-Pulau Spermonde
Vote Us

Kepulauan Spermonde terletak di Selat Makassar, memiliki kurang lebih 120-an pulau yang tersebar mulai dari Kabupaten Takalar di selatan hingga Mamuju selatan dan masuk ke dalam Sulawesi Barat. Pulau ini ada yang berpenghuni dan ada juga yang tidak tetapi memiliki keindahan yang serupa, pasir putih dengan sebaran terumbu karang di sekitar pulau. Keindahan pulau-pulau ini sudah terkenal sebagai salah satu destinasi wisata Makassar yang sayang untuk dilewatkan.

Konon nama Spermonde diberikan orang-orang Belanda, yang berasal dari kata sperm (sperma), karena dari udara pulau-pulau ini terlihat seperti pergerakan sperma yang berjejer. Kepulauan Spermonde ini terbagi ke dalam empat zona dengan menarik garis dari arah utara ke selatan, yaitu inner zone, middle inner zone, middle outer dan outer zone.

Baca ini jika ingin tahu Indahnya Kepulauan Spermonde

Dari kota Makassar, ada beberapa akses menuju Kepulauan Spermode, yaitu Dermaga Kayu Bangkoa, Dermaga Popsa, Pelabuhan Tradisional Paotere, Dermaga Galangan Kapal, dan Dermaga Barombong. Untuk kali ini, mari membahas 3 dermaga penyeberangan saja, mungkin di artikel selanjutnya akan dibahas tentang dermaga penyeberangan menuju pulau-pulau Spermonde lainnya.

Pelabuhan Paotere

Pelabuhan Paotere Wisata Makassar

Pelabuhan Paotere merupakan salah satu pelabuhan rakyat peninggalan Kerajaan Gowa Tallo sejak abad ke-14, yang berlokasi di Kecamatan Ujung Tanah dan berjarak sekira 5 km dari pusat Kota Makassar.

Pelabuhan ini seringkali dijadikan lokasi hunting foto para fotografer lokal atau nasional, mengabadikan sunset cantik keemasan, perahu pinisi yang berjejer dengan latar belakang langit biru ataupun aktivitas pelabuhan yang selalu riuh dengan bongkar muat barang. Bisa dibilang ini adalah salah satu tujuan wisata Makassar yang masih jarang diekspos, tetapi tak kalah indahnya dengan pantai Losari. Selain itu pelabuhan Paotere juga merupakan salah satu lokasi favorit untuk foto prewedding outdoor di Makassar.

Sekarang ini fungsi utama pelabuhan Paotere bukan lagi sebagai pelabuhan rakyat melainkan lebih kepada pelabuhan perdagangan dan transportasi antar pulau. Di area pelabuhan juga ada Tempat Pelelangan Ikan, jadi kalau kalian mau beli ikan murah bisa datang ke pelabuhan ini.

Bisa dihitung jari saya berkunjung ke pelabuhan rakyat ini, yang paling lama sih saat menunggu keberangkatan kapal yang akan membawa rombongan kami menuju ke Pulau Kapoposang. Kunjungan lainnya hanya sekadar numpang lewat saja.

Dermaga Kayu Bangkoa Wisata Makassar

Kayu bangkoa berarti kayu bakau. Konon, dahulu banyak kayu bakau yang terdampar di pantai ini. Akhirnya dijadikan sebagai nama dermaga dan digunakan hingga kini. Lokasi dermaga ini tidak jauh dari Pantai Losari, dengan pintu masuk berupa gerbang lemengkung bertuliskan Café Dermaga Penyeberangan Kayu Bangkoa.

Dermaga Kayu Bangkoa ini merupakan salah satu fasilitas publik tertua di Kota Makassar yang maulai digunakan sejak tahun 1970 dan menjadi gerbang masuk dan keluarnya masyarakat yang menghuni gugusan pulau-pulau Spermonde.

Setiap kali kami akan mnyeberang ke pulau, entah di Samalona, Kodingareng Keke atau Gusung, akttivtas di dermaga ini hanpir selalu ramai. Puluhan kapal kayu besar dan perahu kecil bersandar silih berganti. Ada yang merapat lalu menurunkan muatan dan penumpang dari pulau, ada juga yang akan berangkat membawa muatan dan penumpang dari Makassar menuju pulau-pulau sekitarnya.

Di dalam Dermaga Kayu Bangkoa, ada jejeran warung yang menjual barang campuran. Jika tidak sempat sarapan, anda bisa duduk-duduk menikmati secangkir kopi dan penganan kecil sambil menyaksikan riuhnya aktivitas di dermaga. Lokasi Dermaga Kayu Bangkoa juga tidak jauh dari Pasar Baru, yang menjual beragam cemilan dan makanan tradisional.

Dermaga Popsa Wisata Makassar

 Nama Popsa merupakan singkatan dari Persatuan Olahraga Perahu Motor dan Ski Air. Dermaga ni seringkali dijadikan lokasi penyeberangan khusus ke Pulau Kayangan saja. Kami pernah naik kapal di sini saat akan ke pulau Samalona, karena memang saat itu kapal Daeng Tayang yang biasa kami sewa sedang ditambat di sini sepulang mengantar ke pulau Kayangan.

Dermaga POPSA terletak di seberang Fort Rotterdam, sedikit lebih ke utara dari Dermaga Kayu Bangkoa. Di sini ada dua jalanan yang terhubung dengan dermaga kecil tempat kapal-kapal kecil ditambat. Selain sebagai dermaga penyeberangan, kalianjuga bisa menyewa kapal fiber untuk snorkeling atau menyelam atau menyewa kapal untuk memancing di tengah laut. Silakan nego harga deh sama pemiliknya.

Oya di samping dermaga Popsa ini ada tempat nongkring asik, namanya Kampung Popsa yang juga seringkali dijadikan tujuan wisata Makassar karena bisa kulineran sambil menikmati pemandangan indah dan semilir angin pantai Losari.

Beragam paket liburan hemat, bisa kamu dapatkan di sini: Tiket pesawat yang murah, Pilihan hotel yang murah, dan Tur Keliling Indonesia

Jadi, kalau sedang berlibur dan melakukan wisata Makassar, jangan lupa masukkan di itinerarymu kunjungan ke salah satu pulau indah yang ada di gugusan Spermonde, kalian bisa memilih salah satu lokasi di atas sebagai dermaga penyeberangan. Selamat berlibur!

(Visited 329 times, 1 visits today)


About

anbhar.net | AngingMammiri.Org | AC Milan | PSM | Sobatpadi | Suka Dunia Militer & Penerbangan | Berenang & Snorkeling | Ngemil | Jalan2 | | AB+


'Dermaga Penyeberangan Menuju Pulau-Pulau Spermonde' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool