Menjelajahi 7 Wisata Makam Di Sulawesi Selatan

Vote Us

Wisata Makam? Apa itu?

Apa yang rerlintas di pikiranmu ketika mendengar kata pemakaman ataupun kuburan? Mungkin sebagian besar orang pasti akan menjawab tempat yang seram, mistik, horor, gelap, sunyi, pokoknya harus dihindari. Okelah saya setuju, tapi bagaimana jadinya jika suatu kompleks pemakaman malah menjadi suatu destinasi wisata baru. Apa masih berpikir untuk tidak mengunjunginya?

Iya, dikunjungi! Mungkin sudah waktunya kamu mencoba mengunjungi tempat baru yang tidak melulu ke pantai atau gunung saja. Wisata ke kompleks pemakaman juga menarik loh, apalagi jika kamu berkunjung ke Sulawesi Selatan, tidak sah rasanya jika tidak mengunjungi sejumlah kuburan di daerah ini.

Baca juga tentang Balla Lompoa, sisa kejayaan Kerajaan Gowa

Walaupun bernuansa mistik dan menyeramkan, tidak berarti kuburan-kuburan ini dijauhi oleh pengunjung malah sebaliknya kamu justru akan takjub dengan alam, tradisi, sejarah dan budaya masyarakat di daerah tersebut. Berikut ini adalah 7 wisata makam yang terkenal di Sulawesi Selatan :

1. Makam Syekh Yusuf

wisata makam

Makam Syekh Yusuf

Syekh Yusuf Tuanta Salamaka dikenal sebagai seorang ulama sufi yang menyebarkan ajaran agama Islam di Sulawesi Selatan hingga daratan Afrika. Menurut sejarah dikatakan bahwa terdapat 5 makam Syekh yusuf yang tersebar dan salah satunya ada di pemakaman Lakiung atau dikenal sebagai Ko’bang yang berada di Jalan Syekh Yusuf, perbatasan Gowa dan Makassar.

Makam Syekh Yusuf ini berada dalam sebuah kompleks pemakaman yang ditandai dengan sebuah kubah berwarna putih, dikenal dengan Ko’bang, berukuran 11 x 11 meter persegi yang di dalamnya terdapat 11 makam yang di antaranya terdapat makam Syekh Yusuf. Jadi sangat sayang jika ke Makassar tidak menyempatkan diri berziarah ke makam Syekh Yusuf. Pilihan tepat untuk menikmati wisata makam.

2. Makam Pangeran Diponegoro

Tampak Makam Pangeran Diponegoro

Siapa sangka bahwa pahlawan nasional Indonesia yaitu Pangeran Diponegoro asal Jogjakarta dimakamkan di Makassar yaitu tepatnya di sebuah pemakaman kecil di tepi jalan Diponegoro Kecamatan Wajo? Tidak heran bahwa pangeran Diponegoro dulunya pernah diasingkan oleh Belanda di Kota Makassar selama 21 tahun hingga menghembuskan napas terakhir di Makassar. Walaupun tempatnya tidak besar tapi hampir tiap hari banyak pengunjung yang datang berziarah ke makam ini.

Sebagian hanya berziarah, namun tidak sedikit juga yang menikmati wisata makam sekaligus wisata sejarah.

3. Kompleks Pemakaman Raja-raja Tallo

Hijaunya Suasana Kompleks Pemakaman Raja-raja Tallo

Makam Raja-Raja Tallo adalah sebuah kompleks makam Raja-Raja Sulawesi Selatan yang paling unik bentuk makamnya, lingkungannya yang luas, hijau serta teduhnya suasanya menjadikan kompleks pemakaman ini paling sering dikunjungi oleh banyak wisatawan. Kompleks Pemakaman Raja-raja Tallo ini berada di Kecamatan Tallo, Kota Makassar.  Mengunjungi kawasan makam raja-raja ini akan memberi kita gambaran tentang sejarah kejayaan raja-raja Tallo di masa lalu.

4. Kompleks Pemakaman Raja-raja Gowa

Makam Raja-raja Gowa

Mengenal Makassar tentunya kita akan teringat tentang sosok seorang pahlawan yang sangat terkenal di jamannya yaitu Sultan Hasanuddin yang memimpin Kerajaan Gowa. Buat kamu yang ingin mengenang kembali sosok Sultan Hasanuddin dan raja-raja sebelumnya, kamu bisa mengunjungi kompleks pemakamam raja-raja Gowa di Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa.

Lokasinya sangat mudah dijangkau dan berdekatan juga dengan makam Syekh Yusuf dan Istana Kerajaan Gowa. Jadi jika berkunjung ke tempat ini, kamu juga bisa sekaligus mengunjungi Istana Kerajaan Gowa yaitu Balla Lompoa.

5. Kompleks Pemakaman Raja-raja Bone

Makam Para Raja-raja Bone

Dari Gowa kita akan menuju Kabupaten Bone, Di sini terdapat sebuah Kompleks Makam Raja-Raja Watan Lamuru, Bone. yang terletak di antara sungai Selarong dan Cinoko. Yang unik dari kompleks pemakaman ini selain dari makam raja-rajanya adalah bentuk dan material pemakamannya yang terdiri dari 3 tipe yang berbeda.

Untuk tipe 1 merupakan makam yang dibuat dari susunan balok bata persegi yang terdiri atas kaki, tubuh, dan atap. tipe 2, merupakan bentuk makam dengan bangunan kayu. Sedangkan tipe 3 merupakan makam sederhana yang terbuat dari dua lapis batu. Semua makam memiliki Motif yang unik seperti gambar awan, daun, bunga dan tulisan Arab.

6. Kompleks Pemakaman Raja-raja Luwu

Makam Utama di Kompleks Pemakaman Raja-raja Luwu

Selanjutnya ke Kabupaten Luwu, disini terdapat sebuah Kompleks Pemakaman Raja-raja Luwu atau disebut dengan Pemakaman Lokkoe yang terletak di Kota Palopo. Di dalam kompleks ini terdapat tiga makam tertua yaitu Makam Lokko, Makam Jarrae dan Makam Cippe. Ketiga makam ini berada dalam satu tempat makam yang dinamakam makam Lokkoe yang luasnya kurang lebih 670 persegi yang merupakan bangunan berbentuk piramida.

7. Kompleks Pemakaman Kete Kesu

Kuburan Batu di Toraja

Siapa sih yang tidak mengenal Toraja? Tana Toraja menyimpan banyak sekali kekayaan budaya. Selain wisata alamnya yang menakjubkan, ternyata Toraja memiliki satu objek wisata yang cukup terkenal dan yang paling unik yaitu Kompleks Pemakaman Kete Kusu. Kompleks pemakaman Kete Kesu terletak di Rantepao, di sini kamu bisa menemukan pemakaman yang unik yaitu kuburan batu yang berada di tebing, kuburan bayi di pohon yang bernama kambira dan ruang penyimpanan jasad yang belum dimakamkan di rumah tongkonan.

Toraja memang terkenal dengan budayanya yang unik, utamanya pada upacara kematian para bangsawan. Benar-benar pilihan tepat bagi yang ingin mencoba wisata makam.

Temukan berbagai penawaran wisata menarik di sini Booking tiket pesawat, Pilihan penginapan yang murah, dan Beragam paket wisata

Itulah beberapa makam yang bisa kamu kunjungi sebagai destinasi wisata makam di Sulawesi Selatan. Dengan adanya beberapa makam tersebut membuktikan bahwa Sulawesi Selatan juga punya sejarah dan budaya yang sudah terbentuk sejak jaman dahulu.

(Visited 208 times, 1 visits today)


About

Reinventing Teamwork


'Menjelajahi 7 Wisata Makam Di Sulawesi Selatan' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool