Wisata Lingkungan dan Edukasi di PPLH Puntondo

Wisata Lingkungan dan Edukasi di PPLH Puntondo
5 (100%) 1 vote

Siang itu, kami berkumpul pukul dua. Sejak satu minggu sebelumnya, kami telah merencanakan untuk berkunjung ke sebuah balai Pendidikan Lingkungan Hidup yang berlokasi di tepi laut Dusun Puntondo Kab. Takalar, Sulawesi Selatan. PPLH Puntondo bergerak dalam edukasi lingkungan melalui kegiatan pendidikan dan pelatihan bagi masyarakat kelompok-kelompok atau individu untuk memahami isu-isu lingkungan.

Berlokasi di Dusun Puntondo di sebuah kawasan pesisir dan perkampungan nelayan. Dusun Puntondo adalah sebuah desa yang memiliki budaya pesisir yang masih kental. Sebagian besar dari penduduk adalah nelayan dan petani rumput laut. Rumah-rumah panggung tampak berjejer di pesisir pantai dusun puntondo. Aroma rumput laut yang khas tercium sepanjang jalan.

Berangkat dari Makassar sekitar pukul 03.00 sore dan tiba setelah magrib di Puntondo. Relawan di PPLH kemudian menyambut kami dan menunjukkan pendopo yang akan kami tempati. Satu bungalow (penginapan) bermuatan dua sampai delapan orang. Rasa lelah di perjalanan seperti langsung hilang dengan menikmati suasana malam yang remang-remang dengan arsitektur rumah kayu yang unik dan menarik.

PPLH Puntondo

Sumber : pplhpuntondo[dot]org

Setelah beristihat sebentar, kami merapikan barang-barang di bungalow kemudian menikmati makan malam di restoran. Menu sederhana khas laut yang nikmat. Ikan bakar, sambel dan sayur. Menu boleh kita pesan sesuai selera di restoran ini, mereka menyajikan makanan khas dan juga minuman-minuman segar.Perpustakaan juga menjadi tempat menyenangkan di PPLH, tersedia buku-buku yang yang bermuatan lingkungan.

Pagi-pagi sekali kami bangun, kami ingin menikmati pemandangan matahari terbit. Dipinggir laut tumbuh tanaman mangrov yang dikelola kelompok belajar di puntondo. Di beberapa lokasi juga di tanan bermacam-macam tanaman obat, sayuran, dan pembuatan kompos. Setelah menikmati matahari terbit kami di pandu volunter PPLH mngelilingi beberapa lokasi di puntondo, termasuk mereka menjelaskan banyak hal, mulai dari tanaman-tanaman obat, pembuatan kompos, daur ulang sampah, dan proses daur ulang kertas. Siang hingga sore kami di pandu dengan beberapa permaian yang sangat mengasikkan. Dua hari yang menyenangkan di PPLH Puntondo, selain berwisata kami juga belajar banyak hal di sana termasuk soal lingkungan.

belajar di PPLH puntondo

belajar di PPLH puntondo

Lokasi puntondo seluas empat hektar dengan fasilitas : asrama, perahu, bungalow (penginapan), restoran, perlengkapan renang, perpustakaan, dan ruang seminar. Beberapa paket-paket wisata, outbond dan edukasi yang bisa di nikmati oleh siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Jadi teman-teman nikmati waktu liburanmu dengan tidak hanya sekedar liburan. Tapi berwisata sambil belajar tentang lingkungan menurutku akan sangat bermanfaat terutama untuk anak-anak sekolah usia remaja. Jika ingin berkomunikasi lebih dalam dengan PPLH bisa juga mengunjungi kantornya di Makassar dengan alamat :

PPLH Puntondo juga berkantor di Makassar dengan Alamat :
JL. Serigala No. 135- Makassar, Sulawesi – Selatan Indonesia 90135

(Visited 1,082 times, 1 visits today)


About

Saya menyukai matahari dan perjalanan-perjalanan bersamanya


'Wisata Lingkungan dan Edukasi di PPLH Puntondo' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool