Pantai Apparalang

Wisata ke Pantai Apparalang, bersiaplah terhipnotis keindahannya.

Wisata ke Pantai Apparalang, bersiaplah terhipnotis keindahannya.
5 (100%) 1 vote

Pantai Apparalang adalah sebuah tempat wisata baru di Kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan yang sedang naik daun. Sebagian besar pecinta wisata pantai di Sulawesi selatan pasti belum berkunjung ke tempat ini, atau mungkin hanya mendengar namanya saja. Apparalang dalam bahasa Bulukumba artinya “ujung yang dalam”, tidak jelas siapa yang memberikan nama tersebut pada awalnya namun sejak dahulu kala orang – orang menyebut wilayah tersebut Apparalang.

Pantai Apparalang

Banyak gazebo yang telah disediakan

Apparalang terletak di desa Ara, kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba. Tempat ini tidak begitu jauh dari pantai bira hanya sekitar 20 an km. Perjalanan menuju Apparalang cukup mengasyikkan karena sepanjang jalan anda akan melihat beberapa hutan belantara yang tumbuh pada bebatuan. Tebing Appaaralang bisa dikatan surga yang tersembunyi sebab kita harus banyak bertanya mengenai lokasi pantai ini, hal ini disebabkan karena minimnya petunjuk jalan ke Pantai Apparalang. Dahulu sebelum dijadikan objek wisata warga harus melewati hutan untuk sampai di pantainya tetapi saat ini sudah dibuatkan jalanan masuk dan pulang yang terpisah sebab jalanan berupa beton hanya diperuntukkan untuk 1 mobil saja.

Pantai Apparalang

Kreativitas warga membuat tulisan Apparalang dari kayu

Bagi anda pengunjung yang baru pertama kali datang diharapkan sangat hati hati menggunakan kendaraannya karena terdapat sebuah jalanan menurun yang cukup tajam walaupun sudah mulus oleh beton, perjalanan selanjutnya pun anda juga harus bersabar karena sebagian masih berupa kerikil yang dipersiapkan untuk jalanan beton. Sampai hari ini tidak ada biaya masuk bagi setiap pengunjung hanya harus membayar sewa parkir yakni Rp. 5.000 per kendaraan.

Pantai Apparalang

Spot yang berada di sebelah kanan terdapat sejenis dermaga kecil

Saat melihat lokasi pantai apparalang maka anda pasti tidak akan berhenti mengagumi keindahannya. Terdapat 2 spot favorit para pengunjung berkumpul di ujung tebing ini. Spot pertama terletak di sebelah kiri berupa batu besar yang ada di bawah tebing, pengunjung harus turun menggunakan tangga yang telah disediakan. Hempasan ombak, kencangnya angin, tebing batu yang berjejer membuat siapa saja akan mengatakan “wow, indah sekali”. Akhir akhir ini pantai apparalang selalu di penuhi oleh wisatawan yang ingin memenuhi kameranya dengan foto dirinya menggunakan background lautan yang biru nan jernih.

Pantai Apparalang

Ombak yang menghantam tebing saat angin kencang

Spot kedua yang wajib anda lihat selanjutnya terletak di sebelah kanan karena terdapat semacam dermaga kayu sekitar dengan panjang tidak kurang dari 15 meter. Di lihat dari mana pun tempat ini tidaklah membosankan. Bila anda datang di waktu air tinggi dan angin kencang di waktu siang hari maka anda dapat menikmati keindahan ombak yang memukul keras batuan di sekitarnya. Banyak hal yang bisa anda lakukan di pantai Apparalang mulai dari berfoto – foto, diving bahkan ada yang melakukan terjun bebas dari tebing dengan ketinggian 30 meter tersebut. Walaupun lompat dari tebing itu mengasyikkan tetapi tetap jaga keamanan yah bro. Keindahan tebing apparalang sanggup membuat siapa saja terhipnotis untuk tetap tinggal dan tidak ingin pulang dari tempat tersebut.

Ada cerita menarik dari tebing apparalang ini dimana dahulunya kawasaan tebingnya sering dijadikan tempat penyelundupan kayu secara illegal tetapi hari ini tidak lagi kita dapati onggokan kayu tersebut sejak dijadikan tempat wisata.

(Visited 442 times, 1 visits today)


About

Blogger yang suka jalan - jalan apalagi kalau gratis


'Wisata ke Pantai Apparalang, bersiaplah terhipnotis keindahannya.' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool