wisata toraja

3 Hal Ini Bisa Kamu Lakukan Di Tana Toraja

Vote Us

Di awal tahun 2017 ini, Tana Toraja terlihat semakin menggeliat. Sejak mereka terlihat begitu serius membenahi aspek wisatanya sempat seperti tertidur, Tana Toraja terus menggebrak. Pertama, mereka serius membangun brand image dengan memunculkan Visit Toraja. Brand image yang dibangun bukan hanya dari logo semata (yang menurut saya cukup keren), tapi juga dari aspek-aspek lainnya. Di media sosial pun, akun Visit Toraja sangat aktif mempromosikan destinasi wisata di Toraja.

Sebenarnya kita tidak perlu heran, Tana Toraja memang sudah lama dikenal sebagai salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia. Wisata di Toraja pernah menjadi wisata terfavorit kedua di Indonesia setelah Bali. Itu dulu, sebelum krisis moneter menerpa Indonesia menjelang akhir dekade 1990an.

Baca juga tentang info wisata dan ziarah kubur di Toraja

Setelah krisis moneter, sektor pariwisata (dan semua sektor lainnya) memang terpuruk dan perlahan bangkit. Bali yang sempat terganggu dengan bom Bali di tahun 2002 tetap menjadi destinasi wisata utama di Indonesia. Sementara itu, Tana Toraja masih bersusah payah untuk kembali merebut posisinya. Tana Toraja bahkan mulai tersalip destinasi lain yang muncul belakangan. Wisata di Toraja sempat lesu dan seperti tertidur.

Sampai kemudian wisata Tana Toraja kembali menggeliat sejak tahun 2015 dan terus menggeliat sampai sekarang. Bahkan, dalam gelaran pameran pariwisata terbesar dunia bertajuk ITB Berlin, Tana Toraja hadir bersama tiga destinasi lainnya. Benar-benar sebuah langkah besar untuk kembali merebut kejayaan yang sempat terlupakan.

Nah, untuk kesekian kalinya kami di Hello Makassar ini juga ingin mempersembahkan kembali cerita tentang wisata di Toraja. Di artikel ini, kami akan coba memperkenalkan tiga kegiatan yang bisa dilakukan di Tana Toraja. Apa saja itu? Simak yuk!

wisata di toraja

Rafting di Sungai Mai’ting dan Sungai Sadang

Sebagai daerah yang berada di ketinggian, Tana Toraja juga dialiri beberapa sungai besar. Salah duanya adalah Sungai Mai’ting dan Sungai Sadang. Dua sungai ini mengalir di tubuh Tana Toraja dan ternyata bisa diolah menjadi salah satu destinasi favorit wisata di Toraja.

Menikmati rafting di sungai Mai’ting membuat kita bisa menikmati beberapa sensasi sekaligus. Pertama, kita bisa merasakan siraman matahari tropis namun sekaligus juga menikmati sejuknya air pegunungan. Bayangkan matahari menerpa kulitmu namun tidak terasa menyengat karena di bawah kita, air sungai yang sejuk khas sungai pegunungan juga begitu membuai.

Kedua, rafting di Sungai Mai’ning adalah sebuah pengalaman yang memicu adrenalin. Beragam rintangan di sungai yang berarus deras dengan beberapa air terjun pendek tentu saja adalah sajian yang pas buat mereka yang senang tantangan. Belum lagi pemandangan di tepian sungai yang merupakan gabungan antara hutan hijau dan lembah bebatuan.

Kalau menurutmu Sungai Mai’ning masih kurang menantang, maka Sungai Sadang bisa jadi pilihan berikutnya. Sungai ini punya karakter yang lebih menantang dengan jumlah air terjun yang lebih banyak.

wisata di toraja - trekking

Trekking

Wisata di Toraja lainnya yang juga jadi favorit adalah: trekking. Ada banyak destinasi di Tana Toraja yang sangat layak dijadikan area trekking. Entah itu di Makale, ataupun di Rantepao. Siapkan saja perlengkapan trekkingmu seperti sepatu yang pas untuk medan berat, minuman, makanan ringan dan kamera.

Iya, kamera penting sekali karena trekking di Tana Toraja tentu akan melewati medan dengan pemandangan menakjubkan. Alam yang indah dengan warna hijau mendominasi, perkampungan asli orang Tana Toraja dan tentu saja udara yang segar. Sayang sekali kalau dilewatkan tanpa didokumentasikan.

Trekking bisa dimulai dari perkampungan penduduk, kemudian perlahan melangkah ke bagian yang agak tinggi, melewati bukit berbatu, menembus hutan tipis hingga tiba di bagian yang lebih tinggi. Dijamin, pengalaman itu akan membuatmu meleleh.

wisata di toraja - menjelajahi persawahan

Menjelajahi Persawahan

Kalau kamu merasa tidak cukup kuat untuk melakukan trekking, maka destinasi wisata di Toraja lain yang bisa dinikmati adalah hamparan persawahan. Tana Toraja juga dipenuhi dengan sawah-sawah hijau yang menjadi urat nadi kehidupan mereka.

Kita bisa menjelajahi persawahan itu, menyentuh bulir-bulir padi yang masih hijau atau sudah menguning, menikmati segarnya udara Tana Toraja dan tentu saja menikmati langsung “the heart of Tana Toraja”.

Cobalah sesekali berinteraksi dengan warga asli, menyapa mereka dan mengajak mereka berbincang. Keramahan orang Toraja akan sangat mudah ditemui, dari interaksi singkat itu bisa saja kita akan berakhir di rumah mereka dan menenggak secangkir kopi Toraja asli, kopi yang namanya sudah harum sampai ke benua seberang.

Siapa yang gak mau traveling hemat? Ambil promo murahnya di: Tiket Pesawat Jakarta Makassar & Hotel di Makassar. Eits, gak mau ribet? Ambil paket perjalanan wisata aja!

Sebenarnya ada banyak kegiatan di Tana Toraja yang bisa dinikmati, tapi setidaknya tiga kegiatan di atas itu bisa bisa jadi permulaan. Yakinlah, Tana Toraja seakan tidak ada habisnya untuk dieksplor.Wisata  di Toraja yang sekarang seperti sedang menggeliat itu, bukan tidak mungkin suatu hari nanti akan benar-benar menjadi destinasi favorit di Indonesia. Ayo ke Tana Toraja!

(Visited 75 times, 1 visits today)


About

anbhar.net | AngingMammiri.Org | AC Milan | PSM | Sobatpadi | Suka Dunia Militer & Penerbangan | Berenang & Snorkeling | Ngemil | Jalan2 | | AB+


'3 Hal Ini Bisa Kamu Lakukan Di Tana Toraja' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool