Tips Beroleh-oleh Saat Ke Makassar

Tips Beroleh-oleh Saat Ke Makassar
5 (100%) 1 vote

Betul sekali kata otang; “Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke suatu tempat tanpa membeli ole-ole” -untuk orang terkasih yang kita tinggalkan selama berlibur ke suatu tempat atau hanya untuk ngoleh-olehin diri sendiri #eh-. Terkadang, membeli oleh-oleh juga dapat melepaskan rasa rindu akan tempat liburan tersebut jika suatu saat terkenang kembali, Makassar misalnya.

Walaupun tak ada yang mewajibkan untuk harus selalu membawa ole-ole, tapi memberikan mereka pernik kecil sebagai buah tangan kepada teman-teman, sahabat dan keluargaan dapat memberi kebahagian tersendiri.

Di Makassar sendiri, ragam produk lokal dapat kamu jadikan sebagai oleh-oleh atau buah tangan. Dari kuliner, obat tradisional, sutra hingga miniatur icon kota Makassar bisa kamu dapatkan dengan mudah. Dari harga yang murah hingga yang mahal, dari yang terbuat dari kayu, perunggu, perak, hingga emas sekalipun.

Sudah siap berburu oleh-oleh di Makassar? Nah simak yang berikut:

Pasar Ole-Ole

Kawasan Kota Tua Makassar atau tepatnya di bagian selatan kota adalah pusat ole-ole khas Sulawesi Selatan di Makassar, yang terbanyak terletak di sepanjang Jalan Pasar Jalan Somba Opu, Jalan Pasar Ikan, Jalan Penghibur dan Jalan Pattimura.

Di sepanjang jalan ini menjual berbagai macam ole-ole. Dari souvenir besar hingga kecil, sampai makanan dan minuman khas Sulawesi Selatan. Jika kamu punya banyak waktu, sambangi saja semua toko yang menjual oleh-oleh tersebut, dengan begitu kamu dapat membandingkan harga dan sekalian cuci mata :D. Jika tidak, masuklah ke tempat penjual ole-ole yang tidak terlalu ramai, biasanya toko-toko yang seperti ini tawar-able banget XD.

Tawar

Setelah mendapatkan barang yang diinginkan, jangan sungkan untuk menawarnya. Tidak ada larangan menawar, bahkan ketika sudah ada tulisan yang berbunyi “Di larang menawar di sini” hihi.  Untuk melakukan penawaran dapat kamu lakukan di kasir saat mau membayar. Khusus kain, baik yang sudah terpotong ataupun kain meteran baik sutra ataupun tidak, sebaiknya tawar kepada pramuniaganya sebelum kain tersebut dipotong.

Pilih

Banyaknya pilihan untuk membeli ole-ole kadang akan membuatmu bingung. Jika ini terjadi, kamu harus menentukan terlebih dahulu jenis oleh-oleh yang akan kamu beli dan diperuntukkan untuk siapa, jika makanan, pastikan tidak akan basi dalam jangka waktu tertentu. Atau kamu dapat memesan makanan tersebut untuk dipacking sebagai oleh-oleh -biasanya mereka akan mengolah setengah matang untuk pesanan yang seperti ini, dan dapat kamu masak kembali-.

Oleh-oleh yang berkesan biasanya adalah yang tidak hanya bernilai ciri khas suatu daerah, tapi juga berguna. Misalnya Nyuknyang Ati Raja untuk yang suka kuliner atau sebotol minyak tawon untuk nenekmu yang terkasih atau Kopi Toraja yang menggoda untuk bosmu yang cerewet.

Kategorikan

Beda orang tentu beda kesukaan. Jika memiliki dana tersendiri untuk oleh-oleh dan ingin menghadiakannya sesuai dengan kesukaan orang yang akan kamu berikan, perhatikanlah jenis oleh-oleh yang memungkinkan kamu untuk memilihnya.

Produk kuliner, untuk produk kuliner ada banyak jajanan yang dapat kamu pilih, misalnya Lumpia Sulawesi, Nyuknyang Ati Raja, Pisang Ijo atau Otak-otak untuk penganan basah. Dan berbagai kue kering, misalnya Bagea, Baruasa, Kacang Rempah, Kacang Disko dan lain-lain. Juga minuman khas Sulawesi Selatan, seperti Markisa, Minas atau pun kopi Toraja yang sangat nikmat.

Untuk Souvenir, kamu bisa mendapatkan berbagai kerajinan tangan, ataupun miniatur ikon kota-kota yang ada di Sulawesi-Selatan. Juga sutra dan batik khas Sulawesi Selatan juga tentunya.

Jumlah yang akan dibeli

Untuk menghindari kekalapan dalam menyambangi toko ole-ole yang selalu tebar pesona, sebaiknya buatlah daftar belanjaan dan tentukan siapa saja yang akan kamu berikan oleh-oleh. Ini terbukti efektif menyelamatkanmu saat berbelanja ole-ole, juga pisahkan budget untuk barang tertentu. Sebab dengan membuat daftar tersebut kamu tahu berapa banyak barang yang akan kamu beli. Jangan sampai ketika pulang nanti kamu malah buka toko ole-ole sendiri XD.

(Visited 559 times, 1 visits today)


About

Mommy dua anak hebat - perajut dan crafter - sesekali curhat di ungatawwa.wordpress.com


'Tips Beroleh-oleh Saat Ke Makassar' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool