Ruang Baca Dalam Cafe

Vote Us

“Tenda Gaul“ atau café tenda yang tengah trendi di akhir tahun 2000-an merupakan alternatif tempat nongkrong asyik yang ada di Makassar kala itu. Perlahan seiring berjalannya waktu berganti dengan café-café atau kedai-kedai kopi dengan konsep yang lebih serius, baik dari segi pengelolaan atau bangunan dengan desain interior serta exterior yang beragam.  Coffee house atau cafe bermunculan bak jamur di musim hujan, mereka  tumbuh dengan subur sehingga dapat dengan mudah kalian temui di setiap ruas jalan yang ada di Makassar.

Entah sudah menjadi gaya hidup, atau memang hal ini telah menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan atau mungkin lebih jauh lagi, menjadi kebutuhan akan hasrat pencarian tentang mana-mana saja yang menjadi tempat nongkrong asyik bersama teman, sahabat ataupun keluarga.

Seperti kami siang itu, kami membutuhkan sebuah ruang yang cukup nyaman untuk bertemu kawan dan membicarakan banyak hal ( hallah, gaya! ), padahal mah mau arisan sekalian nge-gossip, arisan buku tepatnya. Akhirnya sebuah tempat pun disepakati untuk menjadi titik kami bertemu. Setelah memilih beberapa tempat yang representatif sebagai tempat nongkrong asyik, akhirnya diputuskanlah En House Cafe. Tempatnya ternyata tidak jauh dari rumah saya, hanya berjarak beberapa blok. Dan saya baru tahu kemarin! Kasihan …

Namun hujan turun dengan derasnya siang itu, membuat kami sedikit malas untuk segera beranjak ke tempat yang telah disepakati tadi. Yang ada, kami hanya sibuk ngobrol di group percakapan sambil melaporkan kejadian dari tempat masing-masing. Sudah satu setengah jam lebih, tapi tak ada tanda-tanda hujan akan reda. Pasti setelahnya akan menyisakan kenangan genangan dimana-mana lalu membuat percikan-percikan lumpur di kendaraan yang sudah dicuci  bersih pagi tadi. *Setengah curhat

salah satu sudut nyaman dari En House, tempat nongkrong asyik

Namanya En House Café, tempat ini berada dalam deretan ruko sebuah kompleks perumahan, berlantai dua dengan warna bangunan tampak depan didominasi warna hijau yang cukup segar. Jika dilihat sepintas, tempatnya biasa-biasa saja. Bahkan sedikit suram karena pencahayaan yang kurang atau memang sengaja dikurangi. Saat itu saya merasa betul-betul tidak nyaman, tampaknya agak sulit menbayangkan saya ada di dalam sana dengan keremangan yang mengerikan dan nyaris menenggelamkan keceriaan. Lebbay! Haha. Tapi hujan tadi membuat segalanya tampak berbeda sore itu.

Dari dalam sana dunia memang terasa sempit, untung saya tidak menemukan teman saya duduk di salah satu kursi yang disediakan. Berarti mereka berkumpul di atas sana, dan masih ada harapan kalau saja tempat di atas sana akan sedikit cerah, melihat jendela besar yang terlihat dari luar sebelum saya masuk tadi.

salah satu sudut dari En House Cafe tempat nongkrong astik

Ternyata, kalian pasti akan sangat senang berada di atas sana, sama dengan saya. Sebuah dinding yang dipenuhi dengan rak buku, beserta buku-bukunya yang bagus-bagus membuat suasana terasa nyaman dan hangat seperti di rumah dapat kalian nikmati dari tempat ini. Benar-benar seperti ruang baca!

Juga berbagai jenis bacaan dapat kalian temukan di sini. Dari komik, kumpulan doa-doa, majalah anak dan majalah bukan untuk anak-anak –bukan majalah dewasa seperti yang kalian harapkan loh yaah-, novel hingga buku-buku klasik baik buku dalam dan luar negeri juga ada. Satu lagi yang paling penting, tempat ini ramah anak. Jadi selain bisa duduk di atas kursi, kalian juga bisa melantai. Bagaimana dengan kebersihannya? Jangan khawatir, sejauh mata memandang tempat ini sangat bersih. Benar-benar bisa jadi pilihan bersantai buat keluarga.

Di salah satu dinding terdapat tulisan RUTIF, yang merupakan singkatan dari Ruang Kreatif. Kata teman yang merekomendasikan tempat ini, dulunya, ada beberapa alat musik di sini yang dapat kalian mainkan. Terakhir yang dia tahu alat musik tersebut dipindahkan ke bawah. Mungkin tadi saya melewatinya, tapi tidak memperhatikan atau kurang peka dengan keberadaan benda-benda seperti itu.

Beragam paket liburan hemat, bisa kamu dapatkan di sini: Tiket pesawat yang murah, Pilihan hotel yang murah, dan Tur Keliling Indonesia

Bagimana dengan menunya? Untuk menu sendiri, sajian dari En House ini cukup beragam. Ada makanan berat dengan harga berkisar 17 ribu rupiah hingga 35 ribu rupiah, makanan ringan dengan kisaran harga yang sama dengan makanan berat, juga berbagai minuman juga dengan kisaran harga yang sama. Rasanya? Cukup memuaskan …

tempat nongkrong asyik

Sepertinya hujan tadi benar-benar memberikan efek yang menyenangkan sore itu. Betapa tak ada penyesalan sedikit pun mengunjungi tempat ini, suasana pun menghangat dengan obrolan-obrolan ringan yang menyisakan titik-titik tawa yang tak putus. Rasanya tak ada dapat menolak untuk segelas lagi coklat panas yang nikmat. Ya, minuman coklat dari tempat nongkrong asyik ini memang nikmat, baik yang dingin atau pun yang panas. Kapan-kapan, jika kalian ingin mencicipinya, datang saja ke sini.

En House Café terletak di Jalan Daeng Tata Raya, No 61B, Permata Mutiara, Parang Tambung, Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, 90224, Indonesia.

 

(Visited 144 times, 1 visits today)

About

Mommy dua anak hebat - perajut dan crafter - sesekali curhat di ungatawwa.wordpress.com


'Ruang Baca Dalam Cafe' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool