Tempat Ngabuburit Seru Di Makassar

Vote Us

Ada satu kebiasaan yang tidak pernah lepas dalam tradisi masyarakat kala Ramadhan datang, yaitu ngabuburit. Istilah ini menjadi popular di tengah masyarakat urban sebagai bentuk kegiatan mengahabiskan sore sambil menunggu waktu berbuka tiba, sedang istilah ngabuburit itu sendiri berasal dari Bahasa Sunda dari kata “burit” yang mempresentasikan waktu yang berarti sore, senja atau magrib.

Ngabuburit menjadi hits ketika Ramadhan datang, Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam penanggalan hijriyah -sistem penanggalan umat muslim-. Sepanjang bulan ini pemeluk agama Islam melakukan serangkaian aktivitas keagamaan termasuk di dalamnya berpuasa, shalat tarawih, peringatan turunnya Al Quran, menacari malam Laiylatul Qadar, memperbanyak membaca Al Quran dan kemudian mengakhirinya dengan membayar zakat fitrah dan rangkaian perayaan Idul Fitri. – Wikipedia.

Ya, bulan Ramadhan memang selalu dinanti-nanti oleh umat muslim di seluruh dunia, begitu pun di Makassar, propinsi ke 20 yang merupakan ibukota propinsi Sulawesi Selatan. Sahur bersama keluarga akan sangat menyenangkan, begitu pula berbuka bersama adalah moment yang selalu ditunggu-tunggu, lalu berangkat bersama-sama menuju masjid untuk melakukan sholat Tarawih  adalah hal yang selalu dirindukan, begitupun Ngabuburit. Di Makassar sendiri banyak sekali tempat Ngabuburit seru yang menjadi pilihan, diantaranya;

 

Pantai Losari

ngabuburit di losari

Pantai Losari memang selalu menjadi pusat keramaian terbesar dalam berbagai momen yang terjadi di Kota Anging Mammiri, Makassar ini. Jika Ramadhan datang, tempat ini akan menjadi sangat ramai, yang berjualan-pun  semakin banyak terlebih akan ada pasar ramadhan yang biasanya muncul seiring datangnya Ramadhan itu sendiri, tempat ini-pun menjadi tempat ngabuburit seru kesayangan.

Selain pasar ramadhan yang menyediakan berbagai kudapan dan minuman segar, siapa sih yang dapat menolak sepotong senja di Losari sambil menunggu waktu berbuka? Apalagi setelah berbuka nanti kalian akan dapat melaksanakan sholat Maghrib di Masjid Terapung yang juga menjadi salah satu ikon kota Makassar dan masih dalam kawasan Pantai Losari.

 

Ruko Mirah Pasar Segar

ngabuburit asik

tempat ngabuburit seru

Sebuah kawasan pertokoan yang dulunya berdiri sebuah Mall ini terletak di kecamatan Panakukkang. Kemuadian berganti konsep menjadi pasar basah modern, sayangnya konsep ‘Pasar Segar’ ini tidak berhasil dengan baik. Nah saat ini, Ruko Mirah Pasar Segar telah beralih fungsi menjadi pertokoan dan pusat jajanan.

Jika Ramadhan datang tempat ini menjadi salah satu pasar ramadhan yang terbesar dan teramai juga menjadi tempat ngabuburit seru kekinian yang ramai dikunjungi, sebab tidak hanya penganan berbuka yang di jajakan di sini tapi juga berbagai macam jajanan modern yang kekinian seperti: Es Krim Goreng, Pizza Goreng, Satai Thaichan dan café-café asyik lainnya

 

 

Mall Ratu Indah

Mau ngabuburit seru?

Nah, ini dia tempatnya, Mall Ratu Indah, sebuah Mall yang dibangun pada tahun 1999 dengan lokasi yang sangat strategis di pusat kota dan bersebelahan dengan Sahid Jaya Hotel Makassar. Mall ini merupakan salah satu mall terbaik yang ada di Makassar, dulunya di mall ini ada sebuah puja-sera di lantai 3 yang juga menjadi tempat ngabuburit seru sambil menanti waktu berbuka.

Saat ini puja-sera tersebut dipindahkan di lantai 4 bersebelahan dengan kantor Radio Prambors dan berganti nama menjadi SAO, yang juga menyediakan berbagai macam kuliner pilihan dari berbagai daerah. Tak hanya itu, selain puja-sera tersebut di Mall ini memang memiliki banyak outlet untuk kuliner. Juga sebuah Arcade dengan ruang terbuka yang menjajakan berbagai jajanan hits.

Yang menyenangkan lagi ada sebuah masjid yang nyaman, bersih dan sangat terawatt dalam Mall Ratu Indah. Dimana lagi kalian dapat nge-mall, ngabuburit dan menemukan masjid yang representatif selain di Mall Ratu Indah.

 

IMMIM

ngabuburit di makassar

suasana ngabuburit pasar ramadhan di pelataran parkir IMMIM Makassar

Pssst, jalan-jalan hemat ke Makassar? Kenapa enggak? Ambil promo tiket mudik murah, Explore Toraja + Tiket PP dan pesan hotel murah dari sekarang!

Mau nikanhan ke IMIMM? Nggak dong, kali ini mau ngabuburit-ngabuburit cantik hehe. Sudah dari dulu-dulu IMMIM –Ikatan Masjid Mushollah Indonesia Muthahidah- menyediakan lapangan parkirnya untuk dijadikan Pasar Ramadhan. Jika biasanya kalian hanya dapat membeli berbagai kudapan untuk berbuka puasa dari tempat ini, sekarang kalian dapat nongkrong cantik sambil menunggu waktu berbuka.

Ya, pasar ramadhan di IMMIM saat ini telah menyediakan bangku-bangku cantik untuk para pengunjungnya mengahabiskan sore –ngabuburit. Yang menyenangkan dari pasar ramadhan di parkiran IMMIM ini selain langsung menghadap ke jalan raya, juga karena di sekitar kawasan ini banyak ditumbuhi pohon-pohon besar yang ridang. Pohon-pohon ini membuat suasana menjadi sangat romantis sambil menghabisan sore menunggu waktu berbuka.

Siapa yang tidak ingin menghabiskan sore di tempat ini coba?

 

(Visited 123 times, 1 visits today)


About

Mommy dua anak hebat - perajut dan crafter - sesekali curhat di ungatawwa.wordpress.com


'Tempat Ngabuburit Seru Di Makassar' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool