Tempat Makan Pisang Ijo Yang Enak di Makassar

Tempat Makan Pisang Ijo Yang Enak di Makassar
1 (20%) 1 vote

Makassar adalah salah satu kota dengan sajian wisata kuliner yang sangat beragam. Salah satu menu wajib ketika mengunjungi Makassar adalah Pisang Ijo. Lalu di mana tempat makan pisang ijo di Makassar yang wajib kalian kunjungi?

Pisang ijo adalah salah satu kuliner yang sangat dekat dengan warga Makassar. Es Pisang Ijo terdiri dari pisang yang telah dibalut tepung berwarna hijau, bubur sumsum, sirup merah, fla santan, dan susu kental manis putih dengan tambahan es serut. Tak lengkap rasanya berkunjung ke Makassar tanpa menikmati es pisang ijo.

Berikut ini kami sajikan beberapa tempat makan es pisang ijo di Makassar yang enak:

1. Rumah Makan Bravo

Jika bertanya ke warga Makassar tentang lokasi tempat makan es pisang ijo yang enak, sebagian besar dari mereka akan menjawab, “Bravo!”

Bravo adalah nama salah satu rumah makan yang menyajikan salah satu kuliner khas Makassar ini. Rumah Makan Bravo sendiri terletak di Jl. Andalas no 154, kawasan utara Makassar. Soal rasa, es pisang ijo Bravo memiliki rasa yang pas, mulai dari manis sirup DHT hingga manis pisang yang dipilih. Resepnya, adalah dari pemilihan bahan dasar seperti bahan pisang raja dan sirup yang dibuatnya sendiri oleh si pemilik rumah makan.

Rumah Makan Bravo ini berdiri sejak tahun 1986. Sang pemilik, Wenda Sidjaya, mengaku memulai merintis usaha berawal dari seringnya ia melihat ibunya membuat es pisang ijo. Menu ini adalah menu favorit keluarganya, utamanya di bulan Ramadan. Es pisang ijo memang sangat identik dengan menu buka puasa di Makassar. Pada bulan Ramadan, makanan ini sangat laris di Makassar.

es pisang ijo

Es pisang ijo

Rumah makan yang bisa menampung 50 pengunjung ini juga menyajikan menu andalan lain semacam es pallu butung, jalangkote, lumpia. Untuk makanan berat, tersedia sate Makassar atau sate sapi ala Makassar, nasi campur Makassar, otak otak, dan lain lain. Ada juga menu spesial seperti sop buntut dan juga Chinese food yaitu mie goreng kering, nasi goreng makassar,dan mie pangsit.

Foto-foto figur terkenal, mulai dari artis hingga pejabat, yang menghiasi dinding rumah makan ini bersanding sebuah piagam penghargaan ‘Makassar Most Favorite Award Culinary 2011’ dalam kategori produk es pisang ijo seakan menjadi penegas bagi keberadaan rumah makan ini.

Oh iya, es pisang ijo rumah makan ini bisa dijadikan ole-oleh jika berkunjung ke Makassar karena bisa bertahan hingga 12 jam di luar kulkas dan seminggu jika dimasukkan ke dalam freezer.

2. Rumah Makan Muda-Mudi

Menyebut nama Rumah Makan Muda-Mudi, tak bisa dilepaskan dengan es pisang ijo. Warung ini memang terkenal sebagai salah satu warung makan yang menyajikan es pisang ijo yang enak di Makassar.

Rumah makan ini sebenarnya menyajikan berbagai makanan dan minuman. Namun yang paling terkenal di sini adalah es pisang ijo dan Jalangkote alias pastel goreng khas Makassar. Campuran pisang ijonya sangat pas, porsi bubur sumsum dengan pisang ijo, sirup merah dan es serut dengan susu kental manis yang pas.

Selain es pisang ijo, rumah makan yang berdiri sejak tahun 1993 ini juga menyediakan kuliner khas Makassar lainnya seperti jalangkote. Untuk makanan berat tersedia juga menu lain antara lain Sop Buntut, Nasi Campur, Lontong Campur, Gado-Gado, Jalangkote, Nasi Rawon, Kari Ayam, dan berbagai menu yang lain.

Rumah makan yang terletak di Jalan Rusa no 45-A ini kini membuka cabang di Jl. Lasinrang.

es pisang ijo

Pisang Ijo Mama Toko Kue, salah satu tempat makan es pisang ijo yang enak di Makassar – foto: @supirpete2

3. Mama Toko dan Es Krim

Mama Toko Kue dan Es Krim adalah satu restoran yang terkenal di Makassar sebagai penyaji makanan khas dan tradisional Makassar. Makanan – makanan dan kue tradisional di Mama Toko Kue ini tersaji dengan konsep sajian rumahan yang sehat dan alamiah tanpa perasa buatan, pewarna, dan pengawet. Karena menggunakan bahan – bahan alamiah dan berkualitas maka tak heran kalau beberapa stok makanan dan kue tradisional kadang tidak tersedia setiap hari.

Untuk Pisang Ijo, restaurant ini menggunakan daun pandan dan suji yang menghasilkan warna hijau yang cantik. Pisang Ijo Mama Toko Kue ini juga memasukkan tape ketan hitam sebagai pelengkap dan penambah kesegaran pisang dan sirup manis. Oleh karenanya, Mama Toko Kue juga terkenal sebagai salah satu tempat makan pisang ijo di Makassar yang enak.

Selain menyajikan makanan dan kue tradisional Bugis – Makassar, Mama Toko Kue juga menyediakan aneka jajanan baik bernuansa lokal maupun barat, semisal es krim. Mama Toko Kue memiliki 2 (dua) lokasi; Mama Toko Kue Jl. Serui yang merupakan bangunan tua peninggalan jaman kolonial Belanda yang disulap menjadi tempat hang out dan makan yang cozy.

Mama Toko Kue juga memiliki cabang lainnya yang terletak di Jl. Bau Mangga. Kedua restoran Mama Toko Kue ini memberikan suasana rumahan yang membuat para pelanggan betah untuk bersantap dan menikmati menu makanan tradisional maupun jajanan es krim.

Temukan berbagai penawaran wisata menarik di sini Promo Tiket Pesawat, Paket perjalanan wisata, dan Bikin visa secara online

Tentu saja, masih ada tempat makan es pisang ijo di Makassar yang enak lainnya. Jika punya rekomendasi, silakan tuliskan di kolom komentar.

 

 

(Visited 3,374 times, 13 visits today)


About

sharing is caring | bebas merdeka 100% | writer and traveller wannabe | peneliti paruh waktu | social media enthusiast |


'Tempat Makan Pisang Ijo Yang Enak di Makassar' have 1 comment

  1. March 8, 2017 @ 5:20 pm Pepy

    Kalau saya biasa makan pisang ijo di RM. Flamboyan di jln. Cenderawasih. Enak tonji tawwa nah

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool