Taman Purbakala Sumpang Bita: Bukit Teletubbies dari Zaman Prasejarah

Taman Purbakala Sumpang Bita: Bukit Teletubbies dari Zaman Prasejarah
5 (100%) 1 vote

Bagi penggemar film kartun zaman dulu mungkin masih mengingat teletubbies sang boneka lucu, empat bersahabat yang hidup bahagia di sebuah bukit. Bukit yang begitu indah dengan rumput hijau dan bersih. Sangat jarang kita dapat menemukan bukit seperti ini dalam kehidupan nyata selain dalam kartun. Namun ternyata, di Kecamatan Balocci, Kabupaten Pangkajene Kepulauan, Sulawesi selatan masih nampak indah taman yang ditumbuhi rerumputan hijau dan cantik bak permadani ini.

Taman Purbakala Sumpang Bita merupakan Sebuah situs prasejarah yang ditetapkan oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan pada tahun 1998 silam. Dengan demikian perhatian pemerintah untuk situs ini dapatlah dikatakan sangat serius, karena walaupun letaknya jauh dari keramaian kota yakni sekitaran 55 KM dari kota Makassar taman purbakala ini tetap terjaga kebersihan dan keasriannya.

Taman Hijau bak Bukit Teletubbies

Taman Hijau bak Bukit Teletubbies

Kelelahan mungkin saja kita rasakan untuk sampai ke lokasi ini karena lokasinya berada diatas 280 mdpl dan sekitaran 2 jam jarak tempuh dari kota Makassar. Akan tetapi saat menginjakkan kaki dan masuk dalam lokasi taman ini, semua rasa lelah yang sebelumnya menghampiri akan terbayarkan oleh keindahannya.
Sebuah rumah panggung khas Sulawesi selatan berdiri kokoh di salah satu sudut taman yang luasnya mencapai 22,5 ha. Rumah ini dapat dijadikan sebaga tempat untuk menginap, apabila ada pengunjung yang tertarik untuk beristirahat di dalam lokasi ini. Tempat ini juga biasanya dijadikan sebagai tempat untuk mengadakan pertemuan atau acara-acara penting oleh organisasi atau komunitas. Selain karena tempatnya indah dan juga aman dari kebisingan seperti suara kendaraan dan sebagainya.

Tangga 1000 untuk mengakses Leang Sumpang Bita dan Leang Bulu Sumi

Tangga 1000 untuk mengakses Leang Sumpang Bita dan Leang Bulu Sumi

Tangga 1000 adalah destinasi yang sangat menarik di tempat ini selain taman hijaunya, karena tanpa menaiki tangga 1000 ini kita tidak dapat mengakses Leang Sumpang Bita dan Leang Bulu Sumi. Jumlah tangganya yang sangat banyak hingga dinamakan sebagai tangga seribu. Apabila anda penasaran dengan jumlah tangga tersebut, bisa kok hitung sendiri. Hehehe
Tidak terlepas dari tangga seribu, ada sebuah kolam yang tersusun bertingkat yang menjadi spot utama untuk beristirahat. Selain karena berada di pertengahan jalan menuju puncak Leang juga karena air segarnya yang menggugah badan untuk menyentuhnya.

Kolam air segar, spot yang menarik untuk berfoto dan istirahat

Kolam air segar, spot yang menarik untuk berfoto dan istirahat

Saat melewati kolam yang airnya segar itu, kita akan menjumpai dua pilihan lokasi leang, yang jaraknya agak berjauhan. Yakni Leang Sumpang Bita dan Leang Bulu Sumi. Jenis objek yang ada dikedua leang ini adalah berupa lukisan dinding gambar telapak tangan dan kaki negatif, ada lukisan babi rusa, lukisan perahu, serta cangkang molusca. Jumlah cap tangan sendiri sebanyak 69 buah, lukisan babi rusa 12 buah, dan lukisan perahu 1 buah.

Lukisan menyerupai Anoa di Leang Sumpang Bita (sumber: kebudayaan[dot]kemdikbud[dot]go[dot]id)

Lukisan menyerupai Anoa di Leang Sumpang Bita (sumber: kebudayaan[dot]kemdikbud[dot]go[dot]id)


Sungguh menantang dan menarik untuk wisata di tempat ini selain karena eksotis daerahnya juga kita dapat menjadikannya sebagai wisata edukatif. Untuk itu mari segera pesan tiket ke makassar, siapkan diri anda dengan tambahan ilmu sejarah dan keindahan Taman Purbakala Sumpang Bita.

(Visited 1,012 times, 1 visits today)


About

Suka makan dan Jalan-jalan :), sang kolektor kertas usang


'Taman Purbakala Sumpang Bita: Bukit Teletubbies dari Zaman Prasejarah' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool