taloba

Taloba, Si Cantik Nan Legit dari Makassar

Vote Us

Banyaknya suku dan budaya di tanah Sulawesi, khususnya Selatan, menjadikan Makassar yang juga merupakan ibukota provinsi Sulawesi Selatan ini menjadi gerbang masuk dan berkumpulnya keragaman. Kota di bagian timur Indonesia dengan luas 175,8 km² ini adalah kota yang tak hanya kaya akan budaya, tapi juga wisata kuliner. Itulah mengapa seharusnya, wisata Makassar ada dalam list jalan-jalanmu XD. Apalagi saat ini sudah banyak penerbangan yang menyediakan rute ke kota Anging Mammiri ini dengan jadwal cukup padat setiap harinya, begitu pun tiket ke Makassar yang juga tak kalah mudahnya untuk didapatkan.

Wisata kuliner, ragam makanan serta cemilan lezat dapat kamu cicipi di setiap sudut kota Makassar. Dari makanan berkuah segar kaya rempah hingga kudapan cantik yang legit.

Seperti penganan yang satu ini, Taloba namanya, kue khas Bugis-Makassar dengan warna kuning telurnya yang mencolok ini muncul sekitar tahun 1930-an. Resep kue cantik nan-legit ini diciptakan oleh permaisuri Raja Bone ke-32, Mane’ne Karengta Ballasari.

Dan konon katanya, untuk mengolah kue ini, selalu ada dalam pengawasan langsung permaisuri. Bahkan terkadang beliau sendirilah yang turun tangan membuatnya untuk mendapatkan takaran yang benar dan rasa yang pas.

Dimulai dari pemilihan kuning telur bebek terbaik, penyaringan isi kuning telur dari selaputnya, jenis mentega yang digunakan, hingga pemilihan buah kenari yang kualitasnya tentu saja terjamin. Lalu di panggang dalam cetakan tembaga berbentuk bulat, diangkat dengan menggunakan lekko’ ballo (daun lontar) –spatula kuno hihihi…- dan setelah matang dibalur dengan kuning telur dan diberi topping kismis. Hmmm….

Bagaimana dengan rasanya? Sudah pasti lezat, bertekstur lembut, sedikit kenyal, manis juga gurih, aromanya pun sangat menggiurkan dan semakin nikmat dengan rajangan kenari di dalamnya.

Saat ini Taloba sudah bisa kamu dapatkan di kedai-kedai kue yang tersebar di kota Makassar. Salah satu Taloba terenak yang masih menjaga cita rasa istimewa dari resep aslinya menurut saya adalah Taloba produksi rumah kue “Le Guilty Pleasure”, yang dijual dengan harga 25ribu/toplesnya; dengan isi 3 potong kue.

Pada masanya, kue cantik nan legit ini hanya ada pada saat acara-acara tertentu kalangan kerajaan saja. Tak heran, sebab bahan baku dalam pembuatan kue cantik ini kala itu, tidak mudah untuk didapatkan. Sebut saja mentega, mentega yang digunakan untuk membuat kue ini bukanlah sejenis margarin pada umumnya, melainkan mentega krim. Mentega ini merupakan barang mewah yang langka dimana harganya pun terbilang cukup mahal. Mentega-mentega ini biasanya didapat oleh kalangan istana dari kapal yang membawa barang-barang dari luar negeri. Entah itu pasokan kebutuhan untuk pemerintah Kolonial Belanda, diperjual belikan untuk kalangan tertentu atau pun untuk hadiah dari pemerintah Kolonial Belanda itu sendiri kepada kalangan istana.

Itulah kenapa saya selalu bersemangat ketika menghadiri pesta pernikahan Bugis-Makassar, sebab tak jarang kue ini disajikan dalam nampan istimewa bertutup Bosara.
Yang mana, adat perjamuan dalam acara Bugis-Makassar biasanya dilengkapi dengan meja rendah dan panjang; sering disebut meja osin, dan di atas meja osin itulah berbagai jenis kue disajikan beserta teh hangat. Sayangnya Taloba sering diletakkan secara acak dalam nampan bertutup Bosara itu. Jadinya saya harus berdoa dengan khusyuk agar tidak duduk di tempat yang salah XD.

WISATA KE MAKASSAR

taloba

Soraja /Balla Lompoa (rumah besar) : Rumah raja/Istana

Bone : salah satu Kabupaten dari provinsi Sulawesi selatan

Bosara : tutup saji khas SulSel

(Visited 698 times, 1 visits today)


About

Mommy dua anak hebat - perajut dan crafter - sesekali curhat di ungatawwa.wordpress.com


'Taloba, Si Cantik Nan Legit dari Makassar' have 9 comments

  1. May 1, 2015 @ 10:51 pm pakkomentar

    Sdh pernah nyoba Kue langka dgn rasa yg poll enaknya ini…yummy
    Makannya hrs sdikit2 saking berharganya hahaha

    Reply

    • May 4, 2015 @ 6:43 am unga

      hehehheh… iyah makannya sedikit-sedikin supaya gak kolesterol XD

      Reply

  2. May 2, 2015 @ 3:52 am Bimo Aji Widyantoro

    enak ini kuenya, rasanya jadi pengen nyoba lagi

    Reply

    • May 4, 2015 @ 7:00 am unga

      iya enak banget mas bimo
      nyam… nyam…:9

      Reply

  3. May 3, 2015 @ 10:55 am nanie

    Saya malah belom pernah coba kue ini :))

    Reply

    • May 4, 2015 @ 7:06 am unga

      ayo dicobain mba nanie,
      atau rajin-rajinlah memenuhi undangan, sapatau beruntung bisa icip2 dan bungkus sekalian hahhah

      Reply

  4. May 4, 2015 @ 2:08 pm Kamaruddin Azis

    Nyaman diduetkan teh hangat dih?

    Reply

  5. July 14, 2015 @ 8:02 am EllsworthPJerowski

    Right here is the perfect website for anyone who really wants
    to find out about this topic. You realize so much its almost tough to argue with you (not that I really would want to…HaHa).
    You definitely put a new spin on a topic that has been discussed for ages.
    Great stuff, just great!

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool