Tako Daeng, Tempatnya Makan Takoyaki di Kota Daeng

Tako Daeng, Tempatnya Makan Takoyaki di Kota Daeng
5 (100%) 1 vote

Masakan dengan menu-menu Internasional juga mulai berdatangan di Makassar. Mulai dari resto, sampai jualan gerobakan dengan menu-menu internasional sudah bisa kalian temukan saat liburan ke Makassar. Saat ini saya mau kenalkan dengan jajanan khas jepang yang jualannya dipinggir jalan dan jauh dari kesan mahal. Sangat cocok untuk kalian yang sedang jalan-jalan ke Makassar dengan kantong pas-pasan.

Mari berkenalan dengan Tako Daeng. Tako Daeng adalah salah satu brand lokal yang menjual jajanan khas jepang bernama takoyaki. Tako Daeng bisa menjadi singkatan dari takoyaki dari kota daeng (Makassar).

Tako Daeng 6

 

Takoyaki adalah makanan khas daerah Kansai, Jepang. Bentuknya bulat seperti bakso tapi ukurannya lebih besar dan cara penyajiannya diletakkan diatas piring kecil yang datar. Pada umumnya Takoyaki dibuat dari bahan baku gurita, namun di Tako Daeng kalian dapat merasakan Takoyaki dengan beberapa pilihan rasa. Tako Daeng menawarkan beberapa pilihan rasa takoyaki disini, diantaranya rasa gurita, udang, ayam, cumi, kepiting, sosis, telur puyuh dan lainnya.

Selain takoyaki, Tako Daeng juga menawarkan menu lain yang bernama Okonomiyaki. Saya juga agak merasa asing dengan nama makanan ini, namun ternyata setelah bercerita dengan Ridho sebagai pendiri Tako Daeng saya akhirnya tahu kalau Okonomiyaki adalah makanan khas jepang yang bentuknya seperti pizza dengan topping dari kol, dan telur ayam. Disini Okonomiyaki juga tersedia dengan beberapa variasi topping, diantaranya topping seafood, chicken, sosis dan smoke beef.

Tako Daeng 7

Saya sempat ditunjukkan proses pembuatannya dan ternyata Okonomiyaki dibuat diatas penggorengan datar. Proses pembuatannya sangat menggoda karena ketika Okonomiyaki dibolak-balik diatas panggangan, aromanya bisa membuat perut kalian jadi semakin kelaparan.

Tako Daeng tempatnya agak sederhana, hanya gerobakan tapi tersedia tempat lesehan untuk kita nongkrong sambil menikmati menu takoyaki yang ditawarkan. Kalian bisa  duduk lesehan di dalam atau duduk di depan gerobak jualan Tako Daeng. Tempat yang diluar lebih asik kalau sore karena lokasinya ada dibawah pohon jadi bisa kena angin sepoi-sepoi, sedangkan yang di dalam lebih asik untuk ngobrol karena nggak terganggu dengan suara kendaraan.

Tako Daeng 8

Saya memesan dua menu Takoyaki rasa kepiting dan ayam, harapannya akan menemukan perbedaannya dari segi tampilan takoyaki. Ternyata ketika telah tersaji diatas meja, saya tidak bisa membedakan kedua menu ini. Kalian hanya akan membedakan kedua takoyaki ini ketika kalian telah menggigitnya. Irisan daging kepiting sangat terasa apalagi ketika takoyakinya baru sampai diatas meja dalam kondisi hangat. Rasa hangat takoyaki seperti terasa pecah dengan rasa kepiting yang menjelajah ke dalam mulut. Kalian juga bisa melihat ada beberapa butiran jagung di dalam takoyaki yang telah terbelah dua. Pokoknya kalian harus mencicipinya langsung deh.

Tako Daeng 2

Di Tako Daeng, takoyaki tersaji diatas piring datar dengan dilumuri oleh saos tomat, mayonaise, dan Katsuobushi. Katsuobushi adalah daging ikan cakalang asap yang sangat tipis. Ketika terkena panas, kastsuobushi akan terlihat seperti menari bergoyang-goyang sendiri diatas takoyaki kalian. Kelihatannya lucu sekali dan jadi gemes mau gigit takoyaki-nya.

Tako Daeng 4

Kalian bisa menemukan Tako Daeng di Jalan Botolempangan. Lokasinya di sebelah kanan jalan kalau kalian menuju jalan karunrung. Mengenai harga, kalian bisa menikmati seporsi takoyaki dengan harga Rp 15.000, dan seporsi okonomiyaki dengan harga Rp. 25.000. Cukup terjangkau harganya, bukan?

Tambahkan Tako Daeng sebagai tempat untuk berwisata kuliner saat kalian liburan ke Makassar. Sekian dulu cerita tentang makanannya, yah. Saya mau lanjut makan takoyakinya lagi. Sampai ketemu di Makassar, teman.

 

(Visited 2,290 times, 1 visits today)


About

Saya adalah salah seorang penggiat social media di Makassar. Aktif memanfaatkan social media sejak tahun 2012. Berusaha memanfaatkan social media lebih dari media pertemanan.


'Tako Daeng, Tempatnya Makan Takoyaki di Kota Daeng' have 7 comments

  1. August 7, 2015 @ 9:11 pm Angraini

    good job:) thanks a lot for the information above. i am really enjoy to read it

    Reply

  2. August 7, 2015 @ 9:20 pm herlina

    Muantaapp….
    Baru tau.. trnyata deket rumah rupanya.. hrs dicoba
    good job

    Reply

    • August 8, 2015 @ 7:46 pm Dimas Prakoso

      Yuhuuu.. ini wajib dicoba. Silahkan mampir, yak. 🙂

      Reply

  3. August 7, 2015 @ 10:36 pm Nurfaisyah

    Ada info bukanya dari jam berapa hingga jam berapa?

    Reply

    • August 8, 2015 @ 7:47 pm Dimas Prakoso

      Bukanya dari jam 4 sore, sampai jam 12 malam, ca. Hihih..

      Reply

  4. April 10, 2016 @ 3:38 pm Retno

    Mas, toko daeng alamat lengkapnya dimana ya ? Apa di pinggir jalan bottolempangan ? Saya tinggal dekat situ tapi belum menemukan.
    Mohon infonya. terima kasih

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool