takjil khas makassar

6 Menu Takjil Khas Makassar Yang Selalu Ada Saat Berbuka Puasa

6 Menu Takjil Khas Makassar Yang Selalu Ada Saat Berbuka Puasa
5 (100%) 1 vote

Takjil Khas Makassar – Ramadhan sudah di ambang pintu. Sebentar lagi kita jelang bulan mulia yang lebih baik daripada 1000 bulan ini. Beragam persiapan dilakukan baik secara fisik maupun mental. Bahkan ada yang sudah siap-siap aja membeli baju lebaran 😀 Katanya sih biar ibadahnya di bulan puasa lebih khusuk karena perhatian tidak terbagi lagi untuk persiapan lebaran.

Biasanya saat bulan puasa, tiba-tiba saja di sepanjang jalan ataupun di dalam kompleks perumahan bermunculan penjual takjil dadakan. Sangat membantu sih sebenarnya saat kita tak sempat masak. Tapi terkadang juga bikin lapar mata, kalap membeli yang pada akhirnya gak bisa ngabisin karena kekenyangan.

Berbicara soal takjil, di Makassar, ada loh beberapa jenis makanan yang biasanya wajib dihidangkan pada saat berbuka puasa. Menu takjil khas Makassar yang mudah dijumpai di hampir setiap ruas jalan. Apa saja?

 

Sirup DHT

takjil khas makassar

(foto : Winarnis KS)

Saking populernya, sirup DHT sampai ada versi kw-nya loh :)) Kemasan sirup DHT sangat khas, menggunakan botol kaca dengan desain label yang tidak pernah berubah sejak puluhan tahun yang lalu. Penggunaan kemasan kaca dimaksudkan untuk mempertahankan rasa dan aroma sirup. Jadi hati-hati kalau beli ya, perhatikan baik-baik labelnya. Meskipun kemasannya mirip tapi rasa dan kekentalannya berbeda.

 

Pisang Ijo

takjil khas Makassar

Saat bulan puasa, pisang ijo termasuk salah satu menu takjil khas Makassar yang bisa dijumpai di mana-mana. Mulai dari ibu-ibu yang gelar meja di pinggir jalan, jajanan gerobak, warung-warung hingga restoran ternama di Makassar pun biasanya menyediakan menu pisang ijo. Makanan khas Makassar ini memang menjadi menu andalan melepaskan lapar dan dahaga saat berpuasa.

Selain membeli, banyak ibu-ibu yang memilih membuat pisang ijo sendiri di rumah. Tentu kebersihan dan rasanya jadi lebih terjamin. Dengan bermodalkan pisang raja, tepung terigu, pandan, santan, gula, sirup DHT dan es batu jadilah pisang ijo sebagai menu takjil untuk orang serumah. Lezat, menyegarkan dan mengenyangkan. Bahkan kadang-kadang masih disimpan di kulkas untuk dinikmati lagi sebagai makanan penutup saat sahur. Ada yang suka begini? *acung jari diam-diam*

Ingin tahu info wisata menjelang Ramadhan? Baca di sini ya

 

Jalangkote

takjil khas makassar

Jajanan khas Makassar ini juga merupakan pilihan favorit saat berbuka puasa. Agak aneh ya sepertinya, buka puasa kok makannya gorengan :)) enak loh, serius. Jika di hari biasa jalangkote bisa dijumpai di warung, pasar atau seringkali dijajakan dengan berkeliling kompleks rumah, maka di bulan puasa, akan lebih mudah lagi mendapatkan jalangkote. Coba saja ke penjual menu takjil yang banyak menggelar lapakan di pinggir jalan.

Jika melihat penampakan Jalangkote, mungkin banyak yang mengira bahwa jajanan ini adalah pastel. Jalangkote dan pastel, serupa tapi tak sama. Perbedaan mendasarnya ada dua yaitu pada kulit dan cara makannya. Kulit jalangkote lebih tipis dan renyah dibandingkan pastel. Cara makannya adalah dengan sambel cair yang dibuat dari campuran cuka dan cabe, sedangkan pastel umumnya dinikmati dengan cabe rawit.

 

Barongko

takjil khas makassar

Siapa yang bisa menolak kelezatan barongko saat berbuka puasa? Sebungkus pun tak cukup 😀 Rasanya yang segar, manis, dan lembut, apalagi bila disajikan dalam keadaan dingin, membuat barongko menjadii salah satu pilihan yang dijadikan menu favorit takjil khas Makassar. Rasa manis akan mengembalikan stamina setelah seharian berpuasa menahan lapar dan dahaga, sedangkan tekstur barongko yang lembut memungkinkan lambung yang seharian kosong jadi lebih mudah untuk mencernanya.

Bahkan saat lebaran pun, barongko selalu terhidang di atas meja makan hampir setiap rumah di daerah Bugis Makassar sebagai makanan pembuka ataupun penutup baik untuk keluarga maupun untuk tamu yang datang bersilaturahmi.

 

Pallu Butung

Ada yang menyebutnya pallu butung, palubutung ataupun palabutung. Sama saja, yaitu makanan berbahan dasar pisang yang juga populer sebagai menu takjil khas Makassar. Pallu butung mirip dengan pisang ijo, hanya pisang-nya tidak dibalut dengan adonan hijau. Perbedaan lainnya, kalau pisang ijo biasanya menggunakan pisang raja, pada masakan pallu butung menggunakan pisang kepok kuning yang sudah tua. Dapat disajikan dalam keadaan hangat maupun dingin dengan menambah parutan es di atasnya.

 

Pallu Golla

takjil khas makassar

Pallu golla yang berarti masakan gula, merujuk kepada masakan yang manis. Pallu golla sering dianggap menyimbolkan kebahagiaan yang merujuk dari rasanya yang manis karena menggunakan gula merah/gula aren yang dicampurkan dengan santan kelapa kental. Dalam bahasa Indonesia dikenal dengan nama kolak. Entah itu kolak yang terbuat dari pisang, ubi jalar ataupun labu, jika menggunakan gula merah dan santan maka disebut sebagai pallu golla.

Pssst, jalan-jalan hemat ke Makassar? Kenapa enggak? Ambil promo tiket mudik murah, Explore Toraja + Tiket PP dan pesan hotel murah dari sekarang!

Dalam tradisi Bugis-Makassar, hidangan ini adalah wajib dalam acara-acara untuk memulai sesuatu. Seperti memulai menempati rumah baru, atau menu pertama ketika puasa Ramadhan. Konon karena rasanya yang manis, diharapkan semuanya akan berakhir manis juga. Kadang juga menjadi pilihan menu syukuran warga Bugis Makassar yang sedang memperoleh limpahan rejeki.

Nah itu dia 6 menu takjil khas Makassar, kamu suka yang mana?

 

(Visited 246 times, 2 visits today)


About

Mother of #BabyJo || Blogger http://nanie.me || Traveller and Food Lover http://jokkajokka.com || Find me at IG @naniekoe


'6 Menu Takjil Khas Makassar Yang Selalu Ada Saat Berbuka Puasa' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool