Kopitiam Oey Arief Rate Makassar

Soto Tangkar Betawi dan Kuliner Maknyus di KTO Makassar

Soto Tangkar Betawi dan Kuliner Maknyus di KTO Makassar
5 (100%) 4 votes

Orang sekarang mungkin mengenal Bondan Winarno sebagai seorang pecinta kuliner semata, atau sebagai pelopor acara televisi yang bergenre kuliner. Tidak banyak yang tahu kalau beliau sebenarnya adalah seorang wartawan handal. Jebolan majalah Tempo ini bahkan pernah terlibat salam sebuah investigasi yang cukup menghebohkan negeri kita pada periode pertengahan dasawarsa 90-an. Sosoknya cukup kontroversial waktu itu meski hasil investigasinya sendiri kemudian berakhir senyap.

Nama Bondan Winarno sempat hilang lama dan tak terdengar lagi sampai kemudian di awal tahun 2000an dia muncul kembali ke publik dengan imaji yang berbeda. Pria yang pernah mengasuh rubrik Kiat di Majalah Tempo ini hadir sebagai seorang pecinta kuliner, berkeliling nusantara, mencicipi beragam tempat makan sebelum mempertemukan jari telunjuk dan jempolnya, membentuk tanda lingkaran dekat bibir sambil berucap; pokok’e maknyus!

Karir di dunia kuliner itu kemudian dilanjutkannya dengan mendirikan restoran bertema jadul (jaman dahulu) bernama Kopitiam Oey. Pak Bondan Winarno inilah si pemilik Kopitiam Oey yang terkenal baik dari segi interior maupun kulinernya, Di Kota Makassar sendiri, Kopitiam Oey (KTO) yang berlokasi di Jalan Arief Rate No 23B, Mangkura sudah dibuka sejak tahun 2011. Selain KTO Arief Rate, ada juga outlet KTO berlokasi di Jalan Ratulangi dan Hotel Trisula Panakukkang.

Saat pertama kali tahu bahwa Kopitiam Oey sudah dibuka di Makassar, rasa penasaran saya terusik pengen mencicipi menu maknyus yang seringkali terdengar.  Akhirnya kesempatan itu datang. Saat KTO Arief Rate memberikan diskon 25% untuk para blogger, saya dan teman-teman Blogger Makassar pun tidak menyia-nyiakan kesempatan ini. Kami lalu janjian di suatu sore yang cerah untuk mencicipi menu maknyus apa saja yang disajikan di KTO Arief Rate.

Kopitiam sendiri berasal dari dialek Hokkian yaitu ka fe tien yang bermakna Kedai Kopi. Sedangkan kata Oey merupakan plesetan dari nama belakang pemilik kedai kopi tersebut yaitu Oey-narno (Winarno).

Kopitiam Oey Arief Rate Makassar

Kopitiam Oey Arief Rate Makassar

Salah satu ciri khas dari semua outlet KTO adalah interior oriental klasik yang diangkat sebagai tema dekorasinya. Jadi saya tidak heran lagi saat tiba di KTO Arief Rate dan saya disambut gambar dan pernak pernik termpo doleo, bahkan daftar menu pun masih menggunakan ejaan yang belum disempurnakan.

Gramophone tua di meja kasir, kaleng-kaleng kerupuk, telephone jadul, toples tua dan beberapa benda antik lainnya dipajang di sebuah lemari yang menjadi pembatas antara meja kasir dan ruangan di belakangnya. Selain itu, di dinding berderet poster iklan jadul yang terbuat dari kaleng dan sudah agak karatan, berdampingan dengan deretean foto menu andalan KTO Arief Rate lengkap dengan nama jadul. Alunan lagu keroncong juga yang terdengar sayup turut melengkapi suasana jadulnya.

Yang paling menarik dan unik adalah lampion dan lampu dalam sangkar burung yang tergantung di langit-langit diselimuti kain berwarna merah. Pencahayaan di dalam ruangan jadi syahdu dan tidak terlalu silau, ala-ala romantis gitu hehehehe.

interior KTO Makassar

Interior Kopitiam Oey Arief Rate

Sambil menunggu teman blogger Makassar yang lain berdatangan, saya akhirnya melihat-lihat daftar menu sambil mengira-ngira menu apa yang akan memenuhi ekspektasi saya sebagai menu termaknyus Kopitiam Oey. Tadinya saya pikir bahwa menu yang ditawarkan adalah masakan oriental yang populer pada jaman dahulu, ternyata tidak juga.

Selain menu khas Kopitiam Oey, juga tersedia menu lokal seperti songkolo, sarabba, pisang goreng, burontjong, nasi goreng dan lain-lain. Jangan khawatirlah pokoknya, tidak suka menu yang satu bisa pilih menu yang lain mulai dari Soto Betawi, mie kari, es krim hingga beragam makanan dan minuman lainnya.

Kebiasaan saya ketika memasuki tempat makan baru dan saya bingung memilih akan pesan menu apa, saya akan tanya menu andalannya ke si mbak/masnya. Soto Tangkar Betawi, Ijs Cendol, Kopi Susu IndoTjina (Vietnam), Nasi Goreng Kambing dan beberapa menu lainnya disebut, saya akhirnya memilih soto tangkar betawi dan ijs cendol. Sedangkan Anbhar memilih memesan mie kepiting.

mie kepiting KTO Makassar

Mie Kepiting

Soto Tangkar Betawi ini ternyata porsi besar, cocok untuk yang porsi makannya memang banyak. Kuahnya kental dan gurih. Rasanya maknyus, beneran! Saya mencoba mie kepiting yang dipesan Anbhar, rasanya juga enak. Dari sekian menu yang dipesan teman-teman dan saya cicipi, saya paling suka dengan Soto Tangkar dan Mie Kepiting ini. Sedangkan rasa Ijs Cendol Kelapa-nya kurang cocok di lidah saya.

es cendol

Ijs Cendol

Soto tangkar betawi KTO Makassar

Soto Tangkar Betawi

Sebenarnya saya juga ingin memesan menu Kopi Susu Indotjina yang menurut Daeng ipul, rasanya maknyuss. Sayangnya, mengingat saya masih menyusui, akhirnya batal deh.

Selain rombongan kami, Selain rombongan kami, ada satu keluarga lain yang juga sedang menikmati sajian ala Kopitiam Oey. Memang, suasana di KTO Arief Rate ini menyenangkan untuk kumpul dan makan bersama teman, sahabat dan keluarga.

Lokasinya strategis dan dilalui kendaraan umum. Alunan musik keroncongnya terdengar sayup di telinga jadi nyaman untuk ngobrol tanpa harus mengeraskan suara. Makanannya juga enak-enak dengan harga terjangkau.  Wifi-nya kencang jadi bisa sambil aplod foto di sosmed (baca: narsis). Ruangannya terpisah antara yang merokok dan ngga. Katanya sih, di lantai dua lebih asik lagi suasananya karena lebih sepi dibandingkan lantai satu, sayangnya saya gak sempat naik ke atas.

Dan yang paling saya suka, di sini disediakan kursi bayi! Jarang-jarang loh kafé menyiapkan kursi untuk bayi. Jadi selama kami makan dan ngobrol-ngobrol, babyjo duduk anteng di kursi bayi sambil disuapi.

Saat akan pulang, masing-masing diberi kartu diskon yang bisa digunakan di outlet Group KTO Arief Rate, diskon 25 persen untuk harga makanan dan boleh mencabut 3 angpau dari pohon angpau. Horeeee!

(Visited 204 times, 1 visits today)


About

Mother of #BabyJo || Blogger http://nanie.me || Traveller and Food Lover http://jokkajokka.com || Find me at IG @naniekoe


'Soto Tangkar Betawi dan Kuliner Maknyus di KTO Makassar' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool