Sop Ubi Khas Makassar: Sajian Wisata Kuliner yang Wajib dicicipi

Sop Ubi Khas Makassar: Sajian Wisata Kuliner yang Wajib dicicipi
5 (100%) 1 vote

Sop merupakan sajian kuliner khas yang telah melegenda dan sangat familiar dengan telinga kita. Sajian kuliner ini pada dasarnya menggunakan kuah kaldu sama halnya soto, akan tetapi ada beberapa perbedaan dari komposisi kaldunya. Kaldu Sop lebih bening apabila dibandingkan dengan soto. Ada banyak jenis sop yang sering kita jumpai, misalnya saja Sop Ayam yang hampir seluruh Indonesia mengenalnya, Sop Buntut dari betawi, Sop Konro dari makassar, Sop kepala ikan, dan masih banyak jenis sop lainnya. Lupakan jenis sop-sop yang banyak tersebut, kita akan mengulas banyak tentang sop ubi khas makassar.

Seporsi Sop Ubi

Seporsi Sop Ubi

Kuliner Makassar pada dasarnya identik dengan makanan yang berkuah. Mungkin itu dengan label sop, soto, coto, pallu, dan sebagainya. Saat melihat makanan-makanan yang berkuah tersebut saji di hadapan kita, mungkin sebagian orang merasa kurang rasanya tanpa tambahan nasi, lontong, atau buras yang mendampinginya. Nah, bedanya dengan sop ubi adalah sop ini tidak usah mendapatkan tambahan yang lainnya, karena sudah komplit dalam sajiannya tersebut.
Sop Ubi merupakan paduan beberapa jenis sayuran yang dikemas dengan kuah kaldu hingga memberikan rasa yang istimewah. Sajian ini dikatakan komplit karena sumber karbohidratnya yang berasal dari ubi (Singkong), vitamin dari sayuran, dan proteinnya dari daging.

Ubi (singkong) Goreng yang menjadi ciri khas sop ubi

Ubi (singkong) Goreng yang menjadi ciri khas sop ubi

Sama dengan sop lainnya, sop ubi juga ditambahkan dengan beberapa pelengkap lainnya seperti bihun, daun bawang, dan tentunya perasan jeruk nipis. Ini yang harus kita catat saat berkunjung ke makassar, bahwa sajian kuliner di makassar itu pada umunya berlemak sehingga dibutuhkan penetralisir yang menyeimbangkan rasa dari sajian tersebut. Perasan jeruk nipislah yang kita butuhkan.
Kedai yang menyediakan sop ubi mungkin tidaklah sebanyak yang menyediakan coto makassar yang hampir disetiap jalan mempunyai brand sajian coto tersendiri. Akan tetapi juga tidak terlalu susah untuk mendapatkannya, karena beberapa café, food court, dan warung makan pinggir jalan juga menyediakannya. misalnya saja di Jalan Datu museng yang tidak jauh dari Pantai losari dan beberapa hotel di Makassar.

Aneka Macam bahan sop ubi

Aneka Macam bahan sop ubi

Sajian Sop Ubi merupakan bukti sajian panganan lokal yang diolah dengan apik hingga menciptakan sebuah menu makanan yang berkelas. Makanan ini tidak hanya dapat dinikmati oleh orang yang berkantong tebal, karena juga dapat dinikmati oleh semua kalangan. Bahkan harga seporsi Sop Ubi di food court ataupun café tidak lebih dari 20 ribuan. Rasa yang Istimewa, dan harga yang pas dikantong adalah pilihan yang tepat untuk terus menikmati sajian istimewah yang ada di Makassar. Untuk itu mari segera pesan tiket ke makassar, ada banyak sajian kuliner istimewah yang siap menanti, ada puluhan destinasi wisata yang siap menantang, dan ribuan orang ramah yang siap membantu perjalanan anda. Kami tunggu di kota daeng.

(Visited 490 times, 1 visits today)


About

Suka makan dan Jalan-jalan :), sang kolektor kertas usang


'Sop Ubi Khas Makassar: Sajian Wisata Kuliner yang Wajib dicicipi' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool