Sop Saudara

Sop Saudara: Tak Ada Kesuksesan Tanpa Perjuangan

Sop Saudara: Tak Ada Kesuksesan Tanpa Perjuangan
5 (100%) 1 vote

Kali ini saya ingin merekomendasikan satu dari sekian banyak warung Sop Saudara yang menjanjikan Di Makassar. Sebab warung Sop Saudara hampir sama banyaknya dengan warung Coto Makassar, dan mungkin kamu akan bingung ingin mencicipi Sop Saudara di warung yang mana.

Nama Sop Saudara ini awalnya diperkenalkan oleh Haji Dollahi yang membuka warung sop daging di kawasan Karebosi. Haji Dollahi merupakan warga kampung Sanrangan Pangkep, itulah mengapa warung-warung Sop Saudara selalu tak lupa melabeli warungnya dengan kata Pangkep, mungkin agar tak ada yang berani mengklaim masakan satu ini tidak berasal dari Pangkep 😛 (asumsi, hahha… maafkan XD)

Ada dimana-mana dan dapat dijumpai dengan kisaran harga yang tidak mahal-mahal amat, dapat membuat Sop Saudara hampir berhasil mengejar rating kepopularan Coto Makassar. Namun berbeda dengan Coto Makassar yang memberikan cita rasa kuat dari bumbu berempahnya, Sop Saudara menyajikan rasa yang lebih ramah dengan kuah kaldu yang begitu kental, nikmat dan gurih. Tak ubahnya sop daging pada umumnya, tentu saja isinya adalah jeroan dan daging. Tapi dengan Sop Saudara kamu mendapatkan sedikit keistimewaan, yakni dapat berjumpa dengan perkedel kentang dan bihun dalam semangkuk sopnya.

Nah, diantara sekian banyak warung Sop Saudara yang ada, ada satu warung yang saya rekomendasikan khusus untuk kamu. Jujur, saya merekomdasikan tempat ini karena saya begitu jatuh cinta padanya –dan kebersihannya tentu saja-, Sop Saudara Hajjah Lian namanya. Sebagai pencinta makanan berkuah, saya amat menyukai kuah sop racikan dari Hajjah Lian. Rasa kuah kaldunya begitu pas dan gurih, tidak satu bumbu atau rempah pun yang rasanya terlalu mendominasi, satu lagi yang paling penting potongan daging dan jeroannya tidak amis dan anyir.

Sore itu saya beruntung dapat bertemu langsung dengan Bapak Syakhar Hasan –suami dari Ibu Hajjah Lian- dan sedikit berbincang dengannya tentang usaha bersama(istri)nya ini setelah berhasil menandaskan semangkuk Sop Saudara dengan tambahan sebutir telur asin, sambal dan tentu saja perasan jeruk nipis.
Saya sebelumnya tidak pernah mengenal Bapak Syakhar Hasan, tapi dengan ramah dia memberikan sedikit waktunya bercerita suka duka membangun dan mengelola usaha kulinernya ini. Dari modal yang kurang hingga harus menjual aset pribadi, dari keadaan yang melelahkan, hingga kerugian pun sempat dirasakannya, terlebih saat terjadi ledakan pada salah satu dapur warung Sop Saudara milik mereka yang terletak di jalan Boulevard –Makassar.

Sop Saudara

Sop Saudara

harga sewaktu-waktu dapat berubah 😛

Sop Saudara Hajjah Lian ini sudah ada sejak tahun 1996 dan melapak di rumah makan Merlin, lalu pindah ke jalan Veteran tahun 1999 serta membuka cabang di jalan cumi-cumi, bahkan pasangan suami istri ini pernah membuka warung Sop Saudara di Mangga Besar -Jakarta, sayang warung tersebut tutup. Sekarang warung Sop Saudara Hajjah Lian telah memiliki tiga cabang; di Mall Ratu Indah Lt2 jembatan ke PTC, di jalan Boulevard dan di jalan cumi-cumi, juga telah memiliki tak kurang dari 30 orang pegawai. Warung sederhana yang dulunya hanya menjual Sop Saudara ini kini telah memiliki beberapa menu tambahan. Diantaranya Sop Konro dan Konro Bakar, yang mana iga sapi pilihan dengan daging yang banyak sebagai bahan utama Sop Konro dan Konro Bakar ini diimport (ciyeee diimport XD) langsung dari Kolaka –Sulawesi Tenggara.

Ohya, buat kamu yang ingin merasakan Sop Saudara Hajjah Lian ini, silakan datang ke salah satu tempat dari ketiga tempat di atas. Untuk rasa, Bapak Syakhar Hasan sudah memastikan dan menjanjikan bahwa cita rasa di ketiga cabangnya ini akan tetap terjaga karena berasal dari satu dapur yang sama.

Syakhar Hasan

salam hangat dari Bapak Syakhar Hasan

(Visited 969 times, 1 visits today)


About

Mommy dua anak hebat - perajut dan crafter - sesekali curhat di ungatawwa.wordpress.com


'Sop Saudara: Tak Ada Kesuksesan Tanpa Perjuangan' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool