Songkolo Bagadang

Songkolo’ Bagadang Yang Setia Menemani Begadang

Vote Us

Jika anda berkunjung ke Makassar dan tiba tengah malam, jangan khawatir kelaparan. Berwisata kuliner tengah malam di Makassar tidak kalah serunya. Ada banyak pilihan, tergantung selera. Ada beberapa restoran fastfood yang buka 24 jam, warung tenda sari laut yang hanya buka di malam hari dan banyak tersebar di penjuru kota, juga warung nasi kuning bagadang atau warung coto bagadang yang buka 24 jam. Namun jika ingin mencoba menu yang berbeda, warung “Songkolo Bagadang Alhamdulillah” di Pannara Antang bisa jadi pilihan.

songkolo2

Plang nama “Alhamdulillah, Songkolo Bagadang”

Di Sulawesi Selatan, Songkolo’ adalah nama untuk menyebut nasi ketan. Sebagian orang bugis menyebutnya Sokko’. Hidangan ini biasanya tidak pernah absen disajikan di acara-acara adat di Sulawesi Selatan. Bahkan untuk acara Maulid Nabi Muhammad SAW, warga biasanya berlomba-lomba membuat songkolo dengan hiasan beraneka macam. Warna songkolo’ tergantung dengan beras ketan yang digunakan. Namun yang umum digunakan adalah ketan hitam, ketan merah atau ketan putih.

Warung songkolo di Pannara Antang sendiri merupakan milik Hj. Hania, istri dari H. Said. Warung tersebut berada di sebuah gang di samping mesjid, tidak jauh dari jembatan/perempatan menuju perumahan Bukit Baruga. Songkolo’ yang dijual di sini adalah songkolo’ hitam, disajikan bersama bajabu’ kaluku (sarundeng) dan juku mairo (ikan teri) serta sambel. Untuk yang tidak suka nasi ketan, jangan khawatir karena ada banyak pilihan menu lainnya. Ada pallubasa, telur asin, mie dan aneka kue modern dan tradisional yang dititipkan tetangga Hj. Hania. Berbagai minuman dingin dan panas juga bisa dinikmati di sini.

songkolo4

Disajikan bersama sarundeng dan ikan teri serta sambel. Bisa juga ditambah dengan telur asin.

Selain enak dan mengenyangkan, harganya yang murah menjadi daya tarik tersendiri. Satu porsi songkolo’ bagadang dihargai Rp. 5.000 (lima ribu rupiah). Harga ini sudah mengalami beberapa kali perubahan, mengikuti perubahan harga bahan pokok yang terus naik. Tidak menutuhp kemungkinan besok-besok harga ini akan mengalami perubahan lagi.

Salah satu keunikan warung ini adalah, songkolo’ ditimbang terlebih dulu sebelum disajikan. Karena itu banyak orang juga menyebutnya “songkolo timbang”. Hal ini merupakan siasat yang digunakan untuk mempertahankan kuantitas dalam setiap porsinya. Mengingat yang bertugas melayani pembeli tidak hanya Hj. Hania, namun bergantian dengan suami, anak atau keluarganya yang lain.

songkolo3

Ditimbang dulu sebelum disajikan

Sesuai namanya “Bagadang” (begadang), warung ini ramai di malam hari, bahkan sampai pagi. Tak heran jika banyak pelanggannya adalah para pekerja malam, atau orang-orang yang aktivitasnya di malam hari. Mulai dari tukang becak, tukang ojek, mahasiswa yang punya kegiatan malam di kampus, sampai pekerja kantoran yang sekadar pesan dan bungkus untuk dibawa pulang. Warung ini bertambah ramai jika ada siaran langsung pertandingan sepakbola, seperti pertandingan liga-liga di eropa. Apalagi jika tiba musimnya Piala Dunia, pengunjung bahkan harus rela antri untuk bisa mencicipi songkolo’ di sini.

Selain berjualan di warungnya di Antang, Hj. Hania juga rajin menghadiri undangan festival-festival kuliner. Beberapa stasiun TV pun pernah datang meliput ke warung yang masih tetap mempertahankan kesederhanaannya tersebut. Yah, walaupun sudah terkenal, tidak banyak perubahan suasana di warung tersebut. Tetap dengan meja panjang dengan kursi plastik, serta dinding yang dipenuhi dengan stiker dan kalender dengan foto-foto caleg sisa-sisa pemilu lalu.

songkolo5

Stan Kuliner Songkolo Bagadang Pannara Dikunjungi Pak JK (Sumber: CelebesOnline)

TIKET TERBANG MURAH KE MAKASSAR

Jadi, jika anda melakukan kunjungan wisata ke Makassar, masukkan Songkolo’ Bagadang ini ke dalam list kuliner anda!

(Visited 4,009 times, 2 visits today)


About

anbhar.net | AngingMammiri.Org | AC Milan | PSM | Sobatpadi | Suka Dunia Militer & Penerbangan | Berenang & Snorkeling | Ngemil | Jalan2 | | AB+


'Songkolo’ Bagadang Yang Setia Menemani Begadang' have 1 comment

  1. May 16, 2015 @ 11:48 am Aida Al Fath

    enak tawwa songkolo’ na’ :)))

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool