Siri’ Na Pacce, Identitas Asli Masyarakat Bugis-Makassar

Siri’ Na Pacce, Identitas Asli Masyarakat Bugis-Makassar
Vote Us

Suku Bugis-Makassar adalah suku yang mendiami jazirah Sulawesi Selatan. Dari sekian banyak budayanya, salah satu yang terkenal adalah budaya Siri na Pacce.

Siri na pacce adalah pegangan hidup orang Bugis-Makassar. Masuk ke dalam darah mereka dan jadi pegangan kehidupan mereka sehari-hari. Bisa dibilang, siri’ na pacce tidak bisa dipisahkan dari kehidupan orang Bugis Makassar.

Istilah Siri Na Pacce adalah budaya yang mencerminkan identititas serta watak orang Bugis-Makassar. Siri’ berarti rasa malu yang berkaitan dengan harga diri, sedangkan Pacce berarti rasa empati pada orang lain. Jadi jika diartikan secara sederhana Siri’ Na Pacce adalah harga diri dan sifat sifat empati terhadap sesama. Lalu kemudian ada yang bertanya seperti apa dan bagaimana Siri’ Na Pacce itu? Oke, di sini saya akan menjelaskan apa sih Siri’ Na Pacce supaya kita bisa mengenal watak orang Bugis-Makassar lebih dekat.

Mari kita berkenalan dulu dengan 4 karakter yang mendasari watak seorang Bugis-Makassar sehingga membentuk suatu budaya Siri’ Na Pacce. Berikut ini adalah ulasannya :

1.  Siri’ Ripakasiri’ dalam Siri Na Pacce 

Gadis Bugis Makassar siri na pacce

Jika Cinta Dengan Gadis Bugis-Makassar, Buktikan Dengan Berani

Yang pertama adalah Siri’ Ripakasiri’  yang berhubungan dengan harga diri pribadi atau martabat keluarga. Artinya Siri’ ini adalah sesuatu yang tabu jika dilanggar karena membawa nama pribadi dan bahkan keluarga. Bayangkan jika sampai keluarga kita harus menanggung malu yang teramat besar hanya karena perbuatan anak atau salah satu anggota keluarganya berbuat sesuatu yang memalukan di depan orang banyak.

Baca juga: Mengenal Badik, Saudara Lelaki Bugis dan Makassar

Contohnya adalah menghamili anak orang, membawa lari anak orang untuk menikah tanpa restu orang tua (Silariang), tertangkap basah mencuri, menganiaya dan bahkan melakukan pembunuhan. Tentunya semua hal itu tidak ingin terjadi di keluarga kita kan? Begitu juga dengan Orang Bugis-Makassar memiliki falsafah hidup yang penting tentang bagaimana menjaga martabat keluarganya.

Artinya hanya karena Siri’ kita masih tetap hidup kalau malu sudah tidak ada, maka hidup ini menjadi hina seperti layaknya binatang atau bahkan lebih hina daripada binatang itu sendiri.

2. Mappakasiri’ Siri’

penenun bugis makassar

Penenun Yang Bekerja Dengan Senyum Semangat

Yang kedua ada Siri’ Mappakasiri’siri’ yaitu berhubungan dengan etos kerja yang artinya jangan pernah menyerah apalagi berputus asa dalam bekerja ataupun mengejar cita-cita yang diinginkan. Bekerjalah dengan giat agar martabat keluarga terangkat, jangan jadi pengemis atau pemalas karena akan merugikan diri sendiri dan membuat malu hati keluarga.

Sama seperti pepatah Bugis-Makassar mengatakan “Lebih baik tenggelam daripada balik haluan sebelum tercapai cita-cita” artinya pantang menyerah sebelum mendapatkan apa yang di cita-citakan sehingga ketika kembali nanti akan membawa keberhasilan.

3.Tappela’ Siri’

Yang ketiga ada Siri’ Tappela’ Siri’ yang berhubungan dengan harga diri pribadi sendiri yang apabila dilanggar maka harga dirinya akan terusik. Misalnya ketika seseorang berhutang tapi tidak sanggup membayarkan sesuai waktu yang ditentukan maka hal itu akan mengganggu hidupnya, karena hutang itu akan membuat susah tidur di malam hari dan mengganggu pikiran di siang hari.

Orang Bugis-Makassar yang masih memegang teguh tentang nilai-nilai Siri’ pastinya akan mengerti akibat yang akan diperolehnya bila sesuatu itu dilanggar. Dan akan sebisa mungkin menepati janji yang telah dikatakannya.

4. Mate Siri’

Yang keempat ada Siri’ Mate Siri’ yaitu berhubungan dengan keimanan manusia. Jika seseorang sudah tidak memiliki iman di dalam dirinya, mau dinasehati ataupun diajari bagaimanapun dia tidak akan menerimanya dengan baik, dirinya tidak lebih seperti bangkai hidup yang sudah tidak memiliki hati dan iman.

Mau tau langsung Suku Bugis-Makassar? Yuk Cari tiket pesawat murah, Cari hotel murah, dan Tur Keliling Indonesia untuk ke Makassar!

Dari keempat karakter Siri tersebut akan membentuk suatu budaya yang dikenal dengan nama Siri Na PacceKalimat ini sangat erat orang Bugis-Makassar, dan karena sakralnya jika seseorang sudah kehilangan Siri’-nya maka tidak ada lagi artinya dia menempuh kehidupan.

Begitulah identitas asli dari orang Bugis-Makasar, karena budaya inilah maka keterikatan, kesetiakawanan, dan keharmonisan di antara mereka menjadi kuat, baik sesama suku maupun dengan suku yang lain.

(Visited 816 times, 1 visits today)


About

Reinventing Teamwork


'Siri’ Na Pacce, Identitas Asli Masyarakat Bugis-Makassar' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool