Selayar Dan Kudapan Lezatnya

Selayar Dan Kudapan Lezatnya
Vote Us

Halo…!? Pernah ke Selayar? Atau malah baru mendengarnya kali ini? Jika kamu pernah mendengar Takabonerate, atau bahkan sudah pernah berkunjung ke sana, sudah pasti harusnya kamu pun mengetahui Selayar. Selayar adalah kepulauan yang terletak di Sulawesi Selatan.

Saat ini Kepulauan Selayar telah berubah menjadi Kabupaten Kepulauan Selayar dengan ibu kota kabupaten adalah Kota Benteng. Kabupaten ini memiliki luas sebesar 10.503,69 km² ( wilayah daratan dan lautan ) dan berpenduduk sebanyak 123.283 jiwa –wikipedia.

Kabupaten Kepulauan Selayar terdiri dari 2 sub area wilayah pemerintahan yaitu wilayah daratan yang meliputi kecamatan Benteng, Bontoharu, Bontomanai, Buki, Bontomatene, dan Bontosikuyu. Sementara wilayah kepulauan yang meliputi kecamatan Pasimasunggu, Pasimasunggu Timur, Takabonerate, Pasimarannu dan Pasilambena. Untuk ke Pulau Selayar, kamu dapat menempuh perjalanan darat dari Makassar kemudian menyebrang dengan kapal dari dermaga di Tanjung Bira, atau dengan menggunakan pesawat dari Bandar Udara Hasanuddin Makassar.

Selayar sempat menjadi rute dagang menuju pusat rempah-rempah di Maluku, Pulau Selayar juga merupakan tempat persinggahan para pedagang untuk mengisi perbekalan sambil menunggu musim yang baik untuk berlayar pada masa kolonial Belanda. Dari aktifitas pelayaran inilah hingga muncul nama “ Selayar ”. Kata “ Selayar “ itu sendiri berasal dari kata cedaya –sanskerta- yang berarti satu layar. Disebutkan konon banyak perahu satu layar yang mampir ke pulau ini. Yang mana kata Cendaya telah diabadikan dalam kitab Negarakertagama karangan Empu Prapanca pada abad ke-14. Dituliskan di sana, bahwa pada abad ke-14 ketika Majapahit dipimpin oleh Hayam Wuruk, Selayar digolongkan dalam Nusantara, yaitu pulau-pulau lain di luar jawa yang berada di bawah kekuasaan Majapahit. Ini berarti bahwa armada Gajah Mada atau Laksamana Nala pernah berlabuh di pulau ini. Luar biasa …

Selain Taman Nasional Takabonerate yang terkenal, ada hal lain yang akan terkenal dan sayang untuk kamu lewati dari Pulau Selayar ini, yakni beberapa kudapan khas yang nagih kalau diicip. Di antaranya;

kue-sengkang

Kue Sengkang

Kue Sengkang merupakan kue dengan isian kacang kenari dan berbentuk seperti candi Borobudur. Kenari memang salah satu hasil tani dari Selayar, kue ini sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu, merupakan sajian istimewa di kalangan bangsawan, dan para petinggi kerajaan.

Namun jangan khawatir, saat ini kue Sengkang sudah mudah ditemui di Pulau Selayar. Uniknya, nama kue ini sama dengan nama salah satu kabupaten yang ada di Sulawesi Selatan, entah karena memang diadaptasi dari nama kabupaten tersebut atau bagaimana. Dalam proses pembuatannya, kue yang berbahan dasar tepung beras, tepung terigu, gula pasir dan telur ini mengalami proses pemanganggan yang berulang-ulang dengan menggunakan panggangan dari tanah liat yang di sebut Palako. Proses inilah yang membuat aroma dari kue ini menjadi khas dan bercita rasa manis dan gurih dari kacang kenari.

kue-tere

Kue Te’re

Kue Te’re yang renyah biasa juga disebut kue jaring, karena teksturnya yang mirip dengan jaring-jaring. Kue ini berwarna coklat dan memiliki rasa yang manis. Warna coklat dan rasa yang manis ini berasal dari gula merah.

Kue ini juga sudah ada sejak dulu kala hehe… Sebenarnya di beberapa daerah yang ada di Sulawesi Selatan ini juga memproduksi jenis kue yang sama, namun tentu memiliki bentuk dan nama yang beragam. Kue yang berbahan dasar gula merah, tepung beras dan minyak sayur ini akan mudah ditemui saat ada hajatan atau pesta pernikahan. Dalam pembuatannya dibutuhkan kecepatan dan ketelitian, adonan digoreng dengan menggunakan ka’daro atau cetakan dari batok kelapa yang dilubang-lubangi. Proses penggorengan dilakukan dengan mengayak adonan mentah di atas minyak panas hingga memebentuk jarring. Dan adonan harus segera dilipat setelah berwarna kecoklatan, ditiriskan kemudian diberi karamel gula merah.

kalakere

Kalakere

Kue khas tradisional Selayar berikutnya adalah Kalakere, selain berbahan dasar tepung beras, telur, gula dan tepung terigu, ternyata kue ini juga dibuat dengan menggunakan air soda. Adonan kue ini dibuat menjadi kalis untuk kemudian dicetak berbentuk angka delapan. Di antara kue yang ada di Selayar, kue ini satu yang menjadi favorit saya. Karena memang rasanya yang gurih, asin dan tidak terlalu manis, kue ini juga sangat nikmat untuk menjadi teman minum kopi atau teh hangat. Menurut saya, kue Kalakere ini semacam pretzel edisi lokal, hehe.

haje-bannah

Haje Bannah

Nama yang unik bukan? Haje Bannah merupakan kue yang mirip seperti wajik, perbedaannya ada pada bahan yang digunakan. Jika biasanya wajik digunakan dengan menggunakan tepung beras ketan, Haje Bannah dibuat jawawud, dalam bahasa Selayar, bannah, jenis padi-padi-an dengan daun yang agak sedikit lebar dan biji yang cukup banyak.
Haje Ban’ah berwarna hitam, ketika dimakan akan terasa gurih dan berpasir. Jika disuruh memilih antara wajik dan Haje Bannah, saya lebih memilih Haje Bannah. Tapi kembali lagi semua tergantung selera.

tenteng-kenari

Tenteng Kenari

Olahan kenari memang akan sering kita jumpai di Selayar, sebab kenari dihasilkan cukup berlimpah dari tanah ini. Tingting atau tenteng dalam dalam bahasa setempat, cukup menjadi idola untuk dijadikan buah tangan dari Pulau Selayar. Tenteng kenari mempunyai rasa yang gurih dan wangi wijen karena selain kenari, dalam pengolahannya juga menggunakan tentu saja menggunakan wijen.

Untuk membuat tenteng kenari amat sangat mudah, hanya perlu membuat karamel gula merah yang pas lalu mencapurnya langsung dengan kenari dan wijen. Setelah itu cukup dijemur dalam cetakan atau wadah bambu.

Penasaran untuk mencobanya? Kamu boleh tinggalkan pesan untuk resep-resepnya…

sumber/gambar/informasi: Charles Asiku, Rita Devi tanissan, Rara Basalong
(Visited 636 times, 1 visits today)

About

Mommy dua anak hebat – perajut dan crafter – sesekali curhat di ungatawwa.wordpress.com


'Selayar Dan Kudapan Lezatnya' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool