wisata bahari di Makassar

Sehari Menikmati Wisata Bahari di Makassar

Sehari Menikmati Wisata Bahari di Makassar
5 (100%) 1 vote

Makassar dikenal sebagai gerbang Indonesia Timur. Tidak salah juga karena perjalanan ke bagian timur Indonesia, baik transportasi melalui laut maupun udara, sebagian besar singgah di kota ini. Nah jika kamu merencanakan liburan dan kota Makassar termasuk daerah transitmu, cobalah sisakan 1 hari untuk sekadar menikmati wisata bahari di Makassar. Dengan waktu terbatas tersebut, kamu bisa menikmati  2-3 pulau di selat Makassar, kemudian berwisata kuliner setelahnya.

Mari kita mulai…

Beberapa pulau yang jadi objek wisata bahari di Makassar yang menjadi andalan saat ini adalah pulau Samalona dan Kodingareng Keke. Selain karena jaraknya tidak terlalu jauh, kedua pulau tersebut terkenal dengan pasir putih dan keindahan bawah lautnya. Untuk menyeberang ke pulau-pulau tersebut, digunakan perahu motor tempel yang bisa ditemui di Dermaga Kayu Bangkoa, dermaga depan Fort Rotterdam, atau di Pelabuhan Paotere. Saya sarankan menyeberang dari dermaga Kayu Bangkoa karena lokasinya strategis, dekat dengan Pantai Losari dari pusat ole-ole Somba Opu.

Baca cerita tentang Diving di Samalona yuk!

wisata bahari di makassar

Merapat di Pulau Kodingareng Keke

Dermaga ini memang dermaga rakyat yang merupakan pintu keluar masuk menuju pulau-pulau di kepulauan spermonde. Ada beberapa kapal reguler menuju pulau-pulau yang memang memiliki banyak penduduk. Sementara untuk menuju pulau Samalona dan Kodingareng Keke tidak tersedia kapal reguler sehingga harus menyewa di dermaga sini.

Pulau Samalona dan Kodingareng Keke berada di sebelah barat Kota Makassar. Dari dermaga kayu bangkoa, pulau samalona ditempuh dengan waktu sekitar 30-40 menit sementara pulau Kodingareng keke yang berada di sebelah baratnya dengan waktu tempuh 40-60 menit, tergantung kondisi cuaca. Kedua pulau menawarkan wisata pemandangan bawah laut. Namun jika lebih suka tempat sepi, sebaiknya ke pulau Kodingareng Keke karena pulau tersebut tidak berpenghuni. Jika berniat snorkeling, sebaiknya singgah terlebih dahulu di Pulau Samalona untuk menyewa alat snorkel dan pakaian ganti. Jadi tidak perlu bawa pulang pakaian basah.

Di Pulau Kodingareng Keke, selain berenang dan menikmati alam bawah lautnya, kamu juga bisa bersantai di pinggir pantai atau  berjemur. Tidak ada penjual makanan karena memang tidak berpenghuni, jadi sebelum ke sini harus bawa bekal sendiri.  Jika sudah puas, saatnya kita kembali ke Pulau Samalona yang tadinya dilewati ketika ke Pulau Kodingareng Keke.

wisata bahari di makassar

Berisitirahat di Pulau Samalona

Jika di Pulau Kodingareng Keke sudah menikmati pemandangan bawah laut, saatnya kembali ke Pulau Samalona untuk membersihkan badan (mandi air tawar) dan ganti pakaian, beristirahat dengan menyewa bale-bale dan memesan makan siang ataupun cemilan. Makan siang berupa ikan segar yang dibakar lengkap dengan sambel dan nasi hangat bisa dipesan di sini. Atau menikmati cemilan berupa pisang atau ubi goreng + sambel dan teh manis panas menemani bersantai menikmati semilir angin pantai. Setelah itu berkeliling pulau dan siap kembali ke Makassar.

Jika masih siang, boleh nego ke tukang perahu untuk diantar ke Pulau Khayangan. Pulau ini dulunya merupakan primadona wisata bahari di Makassar. Letak di seberang Pelabuhan Soekarno Hatta dapat ditempuh kurang dari 15 menit dari dermaga depan Fort Rotterdam. Pulau ini sekarang mulai bersolek lagi setelah lama ditelantarkan.

Beberapa fasilitas ditambahkan seperti beanbag untuk bersantai di pinggir pantai, payung untuk berteduh, ayunan di pinggir pantai untuk berfoto, kapal kayu lambat yang dulu digunakan menjemput/mengantar pengunjung diganti dengan speedboat fiber yang lebih cepat dan tersedia setiap 30 menit. Beberapa fasilitas lainnya juga sementara dibangun dan diperbaiki oleh pengelola yang baru.

wisata bahari di makassar

Bersantai di Pulau Khayangan

Setelah puas keliling pulau, saatnya kembali ke kota Makassar. Dari dermaga Kayu Bangkoa, pilihan ada di tangan kamu, apakah mau lanjut wisata sejarah, wisata belanja atau wisata kuliner. Jika ingin melanjutkan wisata sejarah, berjalanlah ke arah utara menuju Benteng Rotterdam yang jaraknya kurang dari 100 meter dari dermaga kayu bangkoa. Kalau wisata belanja bisa menyeberang jalan ke timur di Jl. Somba Opu yang merupakan pusat ole-ole Makassar. Namun jika ingin wisata kuliner, berjalanlah ke selatan ke arah Pantai Losari. Di sana ada pusat kuliner di sepanjang Jl. Datumuseng.

Jika sudah selesai, saatnya kembali ke penginapan untuk istirahat, atau ke bandara untuk melanjutkan perjalanan ke kota selanjutnya.

Pssst, jalan-jalan hemat ke Makassar? Kenapa enggak? Ambil promo tiket, paket tour  sekaligus pesan hotel murah.

Mengeksplore Makassar memang tidak cukup jika ingin dilakukan dalam sehari. Namun dengan prioritas menikmati wisata bahari dalam sehari setidaknya bisa mengenal sedikit tentang wisata bahari di Makassar. Jika merasa belum cukup, mungkin saatnya mengagendakan rencana liburan penuh di Makassar, bukan cuma sekadar transit sehari.

(Visited 93 times, 1 visits today)


About

anbhar.net | AngingMammiri.Org | AC Milan | PSM | Sobatpadi | Suka Dunia Militer & Penerbangan | Berenang & Snorkeling | Ngemil | Jalan2 | | AB+


'Sehari Menikmati Wisata Bahari di Makassar' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool