Sehari di Malino, Jalan-Jalan Menyusuri Kota Bunga

Sehari di Malino, Jalan-Jalan Menyusuri Kota Bunga
5 (100%) 2 votes

Pernah saya bertanya-tanya, bisa nda ya jalan-jalan sehari di Malino, jadi pergi pagi-pagi dan pulang sore? Awalnya sih yang kebayang adalah capeknya, Malino kan gak dekat-dekat amat dari Makassar. Hingga akhirnya saya diajak oleh teman-teman dari Komunitas QuiQui untuk wisata sehari di Malino ga pake nginap. Saya yaa hayu sajalah.

Malino yang berlokasi di Kecamatan Tinggimoncong Kabupaten Gowa merupakan salah satu destinasi wisata di Sulawesi Selatan yang populer dan banyak dikunjungi baik wisatawan asing ataupun lokal, terlebih menjelang bulan Ramadhan seperti ini. Bahkan konon sudah menjadi wisata populer sejak zaman penjajahan Belanda.

Objek wisata Malino terletak di ketinggian 1.500 meter dari permukaan laut. Jaraknya sekira 80 km dari Kota Makassar dan dapat ditempuh selama kurang lebih 2 jam dengan kendaraan pribadi. Jika ingin menggunakan angkutan umum, bisa berangkat dari Terminal Malengkeri yang ada di selatan Makassar. Perjalanan menggunakan kendaraan umum tentu membutuhkan waktu yang lebih lama dibanding kendaraan pribadi. Kelebihan lainnya jika menggunakan kendaraan pribadi adalah kita bisa mampir di beberapa titik untuk mengabadikan suasana, selfie/wefie ataupun sekadar beristirahat.

Sepanjang jalan menuju Malino, banyak obyek wisata lainnya loh. Baca di sini yuk!

Malino yang juga dikenal dengan nama Kota Bunga, memiliki panorama alam yang indah dan cuaca sejuk cenderung dingin berkisar antara 10 °C sampai 26 °C. Banyak sekali destinasi wisata yang bisa dikunjungi mulai dari hutan pinus, taman bunga, kebun strawberry, kebun teh, kebun buah markisa, lembah biru, bunker peninggalan Jepang, air terjun dan lain-lain. Idealnya sih menginap paling tidak satu malam agar puas jalan-jalannya, tapi jika waktunya terbatas ya wisata seharian juga cukup kok.

Jadi, bisa jajal wisata apa saja kalau mau jalan-jalan sehari di Malino? Ini saya kasi bocorannya yaaa.

hutan pinus malino - sehari di Malino

Hutan Pinus

Rasa-rasanya, berfoto selfie atau wefie dengan latar belakang hutan pinus sedang jadi tren di instagram saat ini, coba saja search hastag #hutanpinus. Di Malino pun ada hutan pinus yang sudah sejak lama menjadi tujuan populer jika sedang liburan ke Malino. Ada yang hanya sekadar datang untuk menikmati dan mengabadikan keindahan pohon pinus yang tumbuh tinggi berjejer memenuhi bukit dan lembah, tetapi tidak sedikit yang memutuskan untuk camping di hutan pinus Malino.

Di kawasan hutan pinus ini terdapat jejeran warung yang menyediakan beragam minuman dan makanan ataupun beberapa kebutuhan sehari-hari. Selain itu kita juga bisa menunggang kuda mengitari hutan pinus, jangan khawatir, kudanya jinak dan ada penjaganya juga. Yang bawa anak-anak biasanya sih mampir di sini.

Kebun strawberry - sehari di Malino

Kebun Strawberry

Selain hutan pinus, obyek wisata Malino yang paling sering dikunjungi sebagai destinasi wisata keluarga adalah kebun strawberry. Terhampar kebun strawberry begitu kita melewati kawasan hutan pinus. Untuk yang membawa anak-anak sebaiknya mempertimbangkan lokasi kebun strawberry, soalnya ada juga yang lokasinya agak curam jadi bahaya buat si kecil. Mengunjungi kebun strawberry sebaiknya di musim kemarau, karena saat musim kamarau kualitas buah strawberrynya sangat bagus dibandingkan musim hujan.

Menyenangkan sekali bisa memetik buah strawberry bersama si kecil. Silakan jelajahi kebun, pilh dan petik sendiri strawberry segar. Pengunjung dikenakan biaya tiket masuk Rp.10.000 per orang dan Rp. 5.000 per anak untuk usia di atas 5 tahun dan di bawah 8 tahun. Untuk memetik buah strawberry akan dipinjamkan sebuah gunting dan keranjang. Sedangkan setiap strawberry yang dipetik dan dibawa pulang ada biaya seribu rupiah per buah strawberry.

Malino-Highlands - sehari di Malino

Kebun Teh

Kebun teh yang banyak dikunjungi ketika ke Malino adalah Kebun Teh Nitto alias Malino Highlands. Biaya masuknya Rp 50.000 untuk orang dewasa dan Rp 25.000 untuk anak-anak. Sekitar 200 hektar perkebunan teh yang hijau dan subur terhampar di depan mata. Panorama serba hijau di area pergunungan serta tanah yang berbukit-bukit akan menjadi daya tarik tersendiri.

Selain kebun tehnya sendiri, salah satu lokasi yang sering sekali dijadikan spot foto favorit sambil menikmati suguhan teh terbaik dari alam adalah sebuah cafe bernuansa arsitektur jepang mulai dari desain interior hingga pramusaji pun menggunakan kostum ala Jepang. Namanya Green Pekoe Cafe.

Ada banyak aktivitas outdoor lainnya yang juga bisa dinikmati di Malino Highlands, misalnya paralayang, menunggang kuda, bungee jumping, trampolines, cross country running, bersepeda, layang-layang, jalur tracking, air terjun, tempat outbond, mini zoo, serta disiapkan teropong untuk melihat benda-benda angkasa. Hanya saja jika ingin menjelajahi semuanya tentu butuh waktu seharian sendiri :

pasar malino - sehari di Malino

Pasar Malino

Belum lengkap rasanya berwisata jika pulang tanpa membawa buah tangan alias ole-oleh khas daerah tersebut. Malino merupakan daerah penghasil buah-buahan, sayuran dan tanaman hias. Saat menyusuri ruas jalan di Malino, kamu akan menemukan kios-kios kecil yang menjual ragam buah, sayur dan bunga, semua dalam kondisi segar dengan harga murah. Akan tetapi jika tidak ingin repot berpindah-pindah tempat demi mencari titipan atau ole-ole, maka Pasar Malino merupakan tempat yang pas.

Memasuki area pasar kamu akan disambut deretan buah-buahan seperti markisa, alpukat, strawberry, mangga, pete, jengkol dan lain-lain, juga ragam sayuran kol, daun bawang, wortel, kentang, terong, tomat, aneka bunga dan tanaman hias hingga dodol, tenteng kacang, gula merah. Ada yang begelantungan dan ada yang disusun dengan rapi di lapak si penjual.

Silakan memilih, memilah dan menawar. Yang namanya pasar tradisional tentu saja dipersilakan untuk tawar menawar antara penjual dan pembeli, Cuma ya itu, jangan afghan saat menawar (baca : sadis) tawarlah dengan sewajarnya karena bagaimanapun harga yang diberikan penjual memang lebih murah dibanding harga yang biasa didapatkan di perkotaan.

Pssst, jalan-jalan hemat ke Makassar? Kenapa enggak? Ambil promo tiket, paket tour  sekaligus pesan hotel murah.

Nah bagaimana, cukup kan destinasinya untuk jalan-jalan sehari di Malino? Jangan lupa, sesuaikan waktunya yaaa, jangan sampai kebablasan di satu lokasi malah gak kekejar ke lokasi lainnya. Selamat jalan-jalan!
(Visited 247 times, 3 visits today)


About

Mother of #BabyJo || Blogger http://nanie.me || Traveller and Food Lover http://jokkajokka.com || Find me at IG @naniekoe


'Sehari di Malino, Jalan-Jalan Menyusuri Kota Bunga' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool