Nasi kuning Riburane Makassar

Sarapan Nasi Kuning Riburane Yang Lezat

Sarapan Nasi Kuning Riburane Yang Lezat
5 (100%) 2 votes

Seperti halnya nasi goreng, nasi kuning juga termasuk makanan nasional di Indonesia dalam artian bisa dijumpai di manapun dengan modifikasi olahan yang bervariasi. Nasi kuning dibuat dari beras yang dimasak menggunakan kunyit, rempah-rempah dan santan sebagai pengganti air sehingga rasanya pun akan lebih gurih dibandingkan nasi putih.

nasi kuning riburane makassar

Antrian pembeli di nasi kuning Riburane (Foto : writterreview.blogspot.com)

Di Makassar sendiri, salah satu warung nasi kuning yang terkenal adalah nasi kuning Riburane yang sudah populer menjadi sajian kuliner khas dari Makassar. Padahal jelas-jelas terpampang nyata di spanduk depan warung : Nasi Kuning Riburane, Asuhan Hj. Istiah Jawa Timur, yang menandakan bahwa nasi kuning Riburane bukanlah kuliner asli Makassar.

Usaha ini dirintis oleh Hj Istiah sejak tahun 1980an yang kemudian semakin laris dan disukai banyak orang baik masyarakat lokal maupun wisatawan yang sedang berkunjung ke Makassar. Bahkan konon, nasi kuning Riburane juga menjadi kuliner favorit dari Pak SBY. Tidak heran sih, kelezatan rasanya sudah dibuktikan dengan meraih penghargaan Makassar Most Favourite (MMF) Award Culinary untuk kategori nasi selama tiga tahun berturut, mulai dari tahun 2010 hingga 2012. Award Culinary ini merupakan kerjasama antara Majalah Makassar Terkini dengan Makassar Research.

**

Citarasa nasi kuning Riburane sudah disesuaikan dengan lidah orang Makassar yang memang berbeda selera dengan orang Jawa yang cenderung menyukai makanan manis. Dalam sepiring nasi kuning akan dijumpai lauk pauk berupa telur pindang rebus, semur daging, sayur labu siam, sayur nangka, paru goreng yang empuk, abon dan kering kentang. Saat dicicipi, wangi nasi kuningnya menguar dan rasa lauknya yang sedikit asin di lidah menjadikan rasa nasi kuningnya semakin kuat. Nikmat!

nasi kuning riburane makassar

Ragam lauk pauk untuk nasi kuning (Foto : writterreview.blogspot.com)

Nasi kuning ini tersedia dalam dua porsi, yaitu porsi biasa dan porsi jumbo. Jika tidak terbiasa makan banyak saat sarapan, sebaiknya pesan porsi biasa saja. Bahkan ada yang pesan satu piring porsi biasa untuk dimakan berdua.

Harga sepiring nasi kuning Riburane memang lebih mahal dibandingkan warung nasi kuning lain yang ada di Makassar tapi ini sebanding dengan ragam lauk pauk, porsinya dan kelezatan yang ditawarkan. Selain itu, kamu akan mendapatkan secangkir teh tawar gratis bila makan di sana.

nasi-kuning-riburane

Sepiring nasi kuning Riburane yang lezat (Foto : Jenzcorner.net)

Nasi kuning Riburane terletak di jalan Riburane no 11, persis di sudut jalan antara Jalan Sulawesi dan Jalan Riburane dan berhadapan dengan gedung RRI Makassar. Letaknya yang strategis membuatnya mudah ditemukan, bahkan sangat dekat dari jalan Jampea yang merupakan lokasi penginapan dan hotel murah di Makassar.

Warung ini selalu ramai, jadi siap-siap saja untuk mengantri. Dan jangan datang terlalu siang karena biasanya paling lambat jam 11 siang, nasi kuning sudah habis terjual dan warungnya sudah tutup. Meskipun bukan tergolong makanan asli Makassar, akan tetapi nasi kuning Riburane bisa kamu jadikan salah satu alternatif sarapan di Makassar. Selamat mencoba ya 🙂

(Visited 1,461 times, 2 visits today)


About

Mother of #BabyJo || Blogger http://nanie.me || Traveller and Food Lover http://jokkajokka.com || Find me at IG @naniekoe


'Sarapan Nasi Kuning Riburane Yang Lezat' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool