sarabba

Sarabba, Wedang Jahe Ala Makassar

Sarabba, Wedang Jahe Ala Makassar
5 (100%) 1 vote

Setiap daerah pasti memiliki keragaman, akan tetapi dari keragaman tersebut terkadang ada kemiripan di dalamnya. Sama seperti Sarabba, minuman berbahan dasar jahe yang dikenal dan sangat diminati hampir semua orang Makassar. Dibeberapa daerah di Indonesia pun ada minuman sejenis dengan nama wedang jahe, bandrek, bajigur atau lainnya. Kebanyakan dari kita orang Indonesia memang memiliki citarasa yang cukup kuat dengan rempah untuk meracik makanan ataupun minuman.

Begitupun dengan Sarabba, minuman khas dari Sulawesi Selatan ini terbuat dari jahe, gula merah, santan, merica dan terkadang ada yang menambahkan sereh di dalamnya. Tak hanya itu, bahkan untuk menambah stamina banyak yang mencampurkannya dengan kuning telur ayam kampung dan susu.

Uniknya, minuman ini tidak hanya digemari oleh mereka yang memiliki kelelahan dan masuk angin saja atau dijadikan obat saja. Minuman ini dapat diterima baik di lidah semua kalangan. Tidak tua atau pun muda semua bisa menjadi penikmat Sarabba. Sarabba biasanya disajikan bersama pisang atau singkong goreng. Warung sarabba terbuka sejak sore hingga dini hari dan semakin malam, semakin bertambah juga pengunjung yang ingin menikmati minuman yang satu ini. Dibeberapa tempat warung Sarabba yang menjadi Favorit, misalnya di jalan Sungai Cerekang tak jarang kita harus mengantri. Warung-warung Sarabba umumnya sangat sederhana, begitu pun salah satu warung yang saya sebutkan di atas, hingga tak jarang mereka menggunakan bahu jalan untuk membuka lapak dan meletakkan kursi dan meja saji untuk para pengunjung.

Ya begitulah jahe yang begitu luar biasa hingga dapat dijadikan sebagai salah satu bahan dalam berbagai masakan dan minuman. Terlebih jahe secara umum memang dikenal mengandung banyak manfaat; sebagai minuman, bumbu masak ataupun obat. Sebab jahe telah terbukti memiliki efek antimikrob (mebunuh bakteri), anti fungal (melawan jamur), antioksidan (melawan peradangan) dan imu nomodulaor (meningkatkan kekebalan), analgesic (menghilangkan rasa nyeri) serta memiliki efek perlindungan terhadap saluran pencernaan.

Jika ke Makassar, jangan lupa mencicipi minuman yang satu ini yah… jangan sampe kamu hanya pernah mendengar ceritanya saja. lagi pula untuk menikmati segelas Sarabba kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Cukup dengan dua puluh ribu rupiah kamu sudah bisa menikmati segelas Sarabba spesial dengan kuning telur pake susu dan dengan tambahan beberapa gorengan. Tak hanya itu, sekarang sudah ada Sarabba instant yang bisa kamu dapatkan untuk dijadikan oleh-oleh atau buah tangan untuk orang yang terkasih. Tapi jangan sampe kamu tidak mencicipi Sarabba aslinya loh, atau datang saja ke warung Sarabba, salah satunya di jalan Sungai Cerekang tadi. Sambil menikmati hangatnya Sarabba, kamu juga bisa menikmati indahnya malam di Makassar.

(Visited 507 times, 1 visits today)


About

Social Media Junkie | Urban Farmer | Moody Chef | Moody Blogger | Admitted as a Backpacker


'Sarabba, Wedang Jahe Ala Makassar' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool