Salukang Kallang, Surga di Bawah Tanah

Salukang Kallang, Surga di Bawah Tanah
5 (100%) 1 vote

Jika anda menyukai wisata petualangan terutama di lokasi yang tidak jauh dari ibukota Sulawesi Selatan. Kabupaten Maros adalah tempat yang paling direkomendasikan. Disini terdapat goa terpanjang di Indonesia yaitu Goa Salukang Kallang. Jenis mineral sekunder yang menggantung di langit-langit goa kapur ini menciptakan kilau dalam nuansa goa yang kedap sinar surya.

Kabupaten Maros dikenal dengan Kerajaan Kupu-Kupu dan gugusan karts terbesar ke-2 di dunia. Ternyata juga menyimpan keindahan alam dibawah tanah. Goa Salukang Kallang salah satunya. Goa horizontal dengan panjang lebih kurang 27 kilometer ini menjadikan Salukang Kallang sebagai goa terpanjang di Indonesia. Ia kemudian termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung yang dikelola dan dilindungi pemerintah.

Letaknya di jalan poros antar kota Makassar dan kabupaten Bone. Jarak lokasi goa dengan kota Maros sekitar 25 kilometer atau dapat ditempuh kurang dari satu jam perjalanan sambil menikmati pemandangan sawah dan pepohonan liar yang tumbuh di sepanjang jalan.

Setiba di area goa, anda bisa memarkirkan kendaraan di pinggir jalan atau menitipkannya diwarung dan rumah penduduk. Dari sini masih butuh perjalanan lebih kurang satu kilometer lagi untuk menemukan mulut goa. Anda pun harus berhati-hati dan teliti dalam menemukan rute jalan kaki. Mulut gowa Salukang Kallang sangat kecil hanya berdiameter kurang lebih 50 sentimeter di kedalaman kurang lebih 10 meter sehingga membutuhkan peralatan panjat tebing (Rapling) untuk meraihnya.

Jalur masuk Goa Salukang Kallang

Jalur masuk Goa Salukang Kallang

Di dalam goa, stalaktit dan stalakmit tersusun rapi membentuk beraneka ragam corak. Mereka berkilauan bagaikan tambang permata. Mereka juga bisa mengeluarkan bunyi indah ketika diketuk. Namun, tetap berhati-hati ketika bermain dengan batu tetes (Dropstone) ini. Jangan sampai merusaknya karena butuh waktu ratusan tahun membentuk gugusan kerucut nan indah (Sodastraw) di dalam goa.

Stalaktit dan Stalakmit di Goa Salukang Kallang

Stalaktit dan Stalakmit di Goa Salukang Kallang

Stalaktit dan Stalakmit di Goa Salukang Kallang

Stalaktit dan Stalakmit di Goa Salukang Kallang

Peralatan seperti helm, head lamp dan sepatu boot adalah perlengkapan dasar yang harus dikenakan sebab medan yang ditelusuri seringkali memberikan kejutan. Selain, tidak ada sama sekali sinar matahari yang masuk, lantai goa juga basah dan lembab, serta tekstur langit-langit goa kebanyakan landai dan kasar. Terkadang akan membuat kepala dan punggung cedera jika tidak menggunakan pengaman.

Semakin ke dalam goa tantangan semakin besar, tidak hanya menunduk dan merayap tapi juga berenang menyusuri sungai. Ya.. tepat di tengah-tengah goa terdapat aliran sungai jernih. Sungai bawah tanah ini menjadi pemasok utama ketersediaan air bersih bagi kehidupan warga kabupaten Maros dan sekitarnya. Salukang Kallang diakui para peneliti sebagai goa yang memiliki system air yang baik yaitu sungai Permukaan Das Bantimurung. Sungai seringkali dijadikan tempat periristirahatan oleh pengunjung yang ingin menginap di dalam goa.

Aliran Sungai di dalam Goa Salukang Kallang

Aliran Sungai di dalam Goa Salukang Kallang

Selain menjadi tempat wisata petualangan, Salukang Kallang biasa dijadikan obyek penelitian dan tempat pelatihan penelusuran goa (Caving). Konon, goa yang terbentuk sejak ribuan tahun lalu ini menjadi tempat tinggal bagi para manusia prasejarah. Disini juga banyak biota dan vegetasi khas menarik untuk dikaji.

(Visited 478 times, 1 visits today)

About

Penikmat Hutan, Gunung & Lautan | Penyuka Ketenangan | Pencinta warna Orange | Suami dari perempuan berdarah Bugis | Senang menulis, lagi belajar pegang kamera, suka jalan-jalan dan olahraga menantang adrenalin


'Salukang Kallang, Surga di Bawah Tanah' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool