Inilah Makanan Yang Menjadi Sajian Khas Lebaran Bugis Makassar

Inilah Makanan Yang Menjadi Sajian Khas Lebaran Bugis Makassar
Vote Us

Merayakan hari raya lebaran merupakan momen yang sangat ditunggu-tunggu umat Islam. Karena di saat itulah kesempatan terbesar berkumpul dan bersilaturahmi dengan orang tua, saudara, hingga teman lama. Sebagai momen perayaan dan ajang berkumpul, makanan khas lebaran tentu menjadi salah satu yang wajib ada.

Banyaknya ragam kebudayaan di Indonesia membuat suasana lebaran di Indonesia sangat berwarna. Mulai dari tradisi menyambut lebaran hingga makanan yang menjadi sajian khas lebaran tiap daerah yang berbeda-beda. Nah apa saja makanan yang menjadi sajian khas lebaran Bugis Makassar? Simak berikut ini:

Burasa’ atau Buras

Sajian Khas Lebaran Bugis Makassar

Jika di Jawa ketupat merupakan sajian yang wajib ada, maka di Makassar dan Sulawesi Selatan pada umumnya, burasa’ atau buras-lah yang jadi penggantinya sebagai sajian khas lebaran Bugis Makassar. Buras terbuat dari beras pulen yang dicampur dengan santan hingga setengah matang. Setelah itu dibungkus dengan daun pisang dan  berbentuk persegi panjang. Diikat setiap 2 atau 3 bungkus agar tidak terburai saat dimasak. Buras biasanya dinikmati bersama hidangan lauk lebaran sebagai pengganti nasi. Yah perannya sama seperti ketupat.

Coto Makassar

Sajian Khas Lebaran Bugis Makassar

Coto, salah satu makanan khas yang wajib ada saat lebaran

Sebagai makanan khas dan ikon kuliner Makassar, Coto mudah dijumpai di hari-hari biasa. Di saat lebaran, masakan ini termasuk salah satu menu favorit keluarga. Terutama di hari lebaran Idul Adha di mana banyak daging kurban dibagikan, maka Coto akan menjadi sajian khas lebaran Bugis Makassar. Masakan ini kaya akan rempah-rempahnya sehingga terasa gurih, lezat dan kuahnya kental. Ketupat merupakan teman yang pas untuk menemaninya.

Toppa Lada

Sajian Khas Lebaran Bugis Makassar

Toppa Lada berasal dari bahasa Makassar, toppa artinya irisan/potongan, sedangkan lada artinya cabe. Namun hidangan ini bukan berarti potongan cabe, namun masakan berupa potongan-potongan daging (sapi/kerbau yang memang adi bahan utamanya) dengan rasa pedas. Bentuknya mirip rendang namun dengan rasa kari yang lezat.

Ayam Gagape

Sajian Khas Lebaran Bugis Makassar

Ayam Gagape (foto: cookpad.com)

Sesuai namanya, masakan ini menggunakan daging ayam sebagai bahan utamanya. Tampilan kuahnya mirip opor ayam, namun rasanya lebih gurih berkat tambahan kelapa parut sangrai.

Nasu Palekko

Sajian Khas Lebaran Bugis Makassar

Masakan satu ini terkenal dengan rasanya yang pedas. Karena karena itu, masakan ini termasuk salah satu incaran utama mereka yang suka masakan pedas. Masakan ini aslinya berasal dari Kabupaten Pinrang yang berada di bagian utara Sulawesi Selatan. Bahan dasar yang digunakan umumnya adalah daging itik. Namun bisa juga menggunakan daging ayam. Itik yang digunakan adalah itik yang masih muda dan memiliki tekstur yang lembut. Ciri khas masakan ini adalah daging dengan potongan kecil-kecil dan rasa pedasnya yang menggigit.

Nasu Likku

Sajian Khas Lebaran Bugis Makassar

Likku merupakan bahasa Bugis yang berarti lengkuas. Masakan ini memang menggunakan lengkuas muda sebagai bumbu utama. Potongan daging ayam dimasak bersama lengkuas, sereh dan santan. Terakhir ditambahkan kelapa sangrai untuk menambah kekentalan dan memberikan wangi yang khas. Nasu likku ini merupakan masakan yang wajib ada saat lebaran di keluarga orang Bugis. Sekilas mirip dengan nasi palekko namun dengan potongan lebih besar dan tidak terlalu pedas. Kedunya memang sama-sama menggunakan lengkuas sebagai penguat rasanya.

Barongko

Sajian Khas Lebaran Bugis Makassar

Kue barongko adalah salah satu kue tradisional khas dari Sulawesi Selatan yang berbahan dasar pisang. Pisang yang digunakan adalah yang sudah matang/masak. Umumnya jenis pisang yang digunakan adalah pisang kepok. Dalam mbuatannya, daging pisang dihaluskan kemudian dicampur dengan telur, santan dan gula pasir, menjadi adonan yang lembut. Adonan tersebut kmudian dimasukkan ke dalam cetakan daun pisang yang sudah dibentuk sedemikian rupa. Setelah itu dikukus hingga matang. Barongko ini sangat enak dinikmati baik ketika panas maupun dingin.

Tape Ketan

Sajian Khas Lebaran Bugis Makassar

Salah satu sajian khas lebaran Bugis Makassar yang wajib ada yaitu tape. Tape yang dimaksud adalah tape yang terbuat dari beras ketan hitam, bukan singkong yang diragi. Orang Bugis biasa menyebutnya gambang. Biasanya tape ini dibuat 2 hari sebelum hari lebaran, sehingga tepat di hari lebaran, beras ketan sudah terfermantasi dengan sempurna.

Pssst, jalan-jalan hemat ke Makassar? Kenapa enggak? Ambil promo tiket mudik murah, Explore Toraja + Tiket PP dan pesan hotel murah dari sekarang!

Demikianlah beberapa sajian khas lebaran yang wajib ada di meja makan keluarga Bugis Makassar. Beberapa mungkin sering dijumpai di hari-hari biasa, namun rasanya pasti berbeda jika dinikmati saat lebaran. Nah yang mana saja yang biasa ada di rumahmu saat lebaran?

(Visited 822 times, 4 visits today)


About

anbhar.net | AngingMammiri.Org | AC Milan | PSM | Sobatpadi | Suka Dunia Militer & Penerbangan | Berenang & Snorkeling | Ngemil | Jalan2 | | AB+


'Inilah Makanan Yang Menjadi Sajian Khas Lebaran Bugis Makassar' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool