safe house shisha kafe di makassar

Safe House Shisha, Arabian Cafe di Makassar

Safe House Shisha, Arabian Cafe di Makassar
5 (100%) 1 vote

Bertahun-tahun lalu saat masih tinggal di sebuah kost-an di kawasan Perintis Kemerdekaan yang bersebelahan dengan sebuah kafe di Makassar, saya seringkali penasaran saat melihat sekumpulan anak muda ramai-ramai mengelilingi sebuah meja sambil bergantian menghisap selang yang terhubung dengan tabung dan menghembuskan asap layaknya orang yang sedang merokok. Waktu itu saya masih belum tahu, itu ngapain ya? Belakangan saya baru dikasi tau, itu namanya shisha, sebuah cara merokok ala Timur Tengah.

Nah beberapa waktu lalu, saya diajak ke sebuah kafe yang baru dibuka, namanya Safe House Shisha Café. Saya excited, akhirnya akan melihat shisha ini dari dekat. Beberapa kafe di Makassar memang menyediakan shisha sebagai salah satu menunya tapi hanya di kafe ini yang pertama kali menyajikan konsep full Timur Tengah mulai dari dekorasi hingga sajian makanan dan minumannya. Safe House Shisha juga bisa digolongkan rumah makan di Makassar sebab menyediakan beragam menu makanan berat.

Kafe dengan Nuansa Timur Tengah

Begitu membuka pintu ruangan, lagu bernuansa Timur Tengah langsung menyapa indera pendengaran. Nuansa ala Timur Tengah kental tercermin dari interior ruangan yang menampilkan perpaduan Arabian, Turki, dan negara timur Tengah lainnya.

sisha kafe di Makassar

 Di plafon membentang kain berwarna merah, hijau, kuning mulai dari tengah ruangan hingga ke pojok dengan lampu hias berbentuk kristal yang tergantung di tengahnya. Lampu gantung yang didatangkan dari Malaysia ini merupakan lampu khas Turki. Kalau di Indonesia sih bentangan kain seperti ini mirip dekorasi pesta pernikahan hihihi tapi ternyata, memang seperti ini dekorasi kerajaan di Timur Tengah.

Sofa-sofa empuk tersebar di memenuhi seisi ruangan. Nah kalau kain di plafon tadi berwarna pekat, sofa-sofa ini didominasi oleh warna cerah seperti gula-gula. Seorang teman malah komentar kalau warna sofanya bikin dia mendadak lapar 😀

Berbeda dengan kafe di Makassar lainnya yang memadukan sofa dan kursi, di sisha kafe di Makassar semua full sofa yang memang diperuntukkan untuk kenyamanan pengunjung terlebih bagi mereka yang memesan shisha. Dibutuhkan sekitar 2 sampai 3 jam untuk menghabiskan satu shisha.

sisha kafe di Makassar

Jendela tinggi yang memenuhi salah satu dinding dengan tirai merah membuat kita bisa memandang kesibukan jalan Jenderal Sudirman yang selalu ramai kandaraan lalu lalang. Selain itu ruangan jadi berlimpah cahaya, jadi kalau kamu mau foto-foto, sebaiknya sih pilih sofa yang dekat jendela ya 😀

Yang paling saya sukai adalah sebuah ruangan yang ternyata ruangan privat VIP. Ruangannya konsep lesehan, lumayan luas dengan sofa empuk mengelilingi ruangan, karpet sebagai alas dan tirai besar yang menggantung di area masuknya.

Dari Blue Arabian hingga Nasi Kebuli yang Kaya Rempah

Saat berkunjung ke sini, kami disambut Rendy, Manager Operational Safe House Shisha Café dan direkomendasikan beberapa menu ala Timur Tengah yang menjadi andalan di kafe ini. Daeng Ipul sedang menikmati seporsi nasi kebuli kambing, ketika nasi goreng madras domba tiba di meja. Penasaran saya langsung mencicipi, ya saya kan belum pernah makan daging domba sebelumnya. Kalau kata Inart kapulaganya berasa, kalau kata saya, memang kaya rempah seperti halnya makanan Timur Tengah lainnya. Oya nasinya juga beda, lebih kecil-kecil, tidak lengket dan berserakan. Beras yang digunakan adalah beras briyani dari India.

nasi-goreng-madras-domba

Menu makanan sisha kafe di Makassar ini cukup beragam dari Mid Eastern Food hingga Western Food. Nasi kebuli, nasi goreng madras, nasi goreng kebuli, mie goreng madras dan mie goreng kebuli rata-rata terdiri atas 3 jenis menggunakan daging, sapi, domba dan ayam. Selain itu ada juga berjenis-jenis menu snack seperti kebab, roti maryam, sambosa, calamari, onion ring, dan lain-lain

Untuk minuman, bisa memilih mau yang panas atau yang dingin. Yang direkomendasikan adalah Blue Arabian yang termasuk dalam kelas Mocktail. Ada juga fresh juice dan smoothies. Saya sendiri memilih lemon squash, dengan asumsi akan mencicipi makanan kaya rempah saya butuh minuman yang segar untuk menetralisir rasa yang mungkin tertinggal di lidah.

Safe House Shisha Kafe di Makassar

 Shisha

Nah ini yang menjadi andalan di Safe House ini, ya namanya juga shisha café 😀 Shisha adalah gaya merokok ala Timur Tengah yang belakangan semakin populer di Indonesia. Asapnya yang beraroma buah-buahan membuat orang-orang menjadi penasaran untuk mencobanya. Di negara Mediterania Timur seperti Turki, Suriah dan lain-lain, cara merokok seperti ini dikenal dengan nama narghile,sedangkan di Mesir dan di beberapa negara Afrika Utara disebut shisha atau goza dan di India disebut hookah. Dalam bahasa Inggris disebut waterpipes tetapi nama shisha lebih dikenal dan sering digunakan.

Secara umum alat shisha terbagi ata beberapa bagian yaitu head berupa mangkuk untuk menempatkan tembakau dan arang, lalu body yang menjadi penghubung bagian atas dan bawah. Nah bagian bawahnya ini adalah wadah kaca yang berisi air atau sari buah, bisa juga diganti dengan susu atau anggur. Alat penghisaptnya berupa selang atau pipa dengan ujung yang dapat diganti. Jadi setiap orang memiliki ujung pipinya sendiri-sendiri.

Hari itu kami diberi shisha dengan rasa melon dan extract mint. Jadi saat dihisap yang terasa adalah rasa melon yang dominan disusul rasa mint yang tipis tertinggal di pangkal hidung. Yang membedakan shisha di Safe House dengan sisha kafe di Makassar lain di Makassar adalah, sishanya tidak mengandung tembakau, jadi murni dari sari buah. Bahkan saya liat di meja pelanggan lainnya, ada shisha yang langsung pake buah semangka. Jadi bagian body-nya ditancap di buah semangkanya, namanya super shisha.

Oya penting untuk diperhatikan, sebelum nge-shisha sebaiknya isi lambung dulu ya. Soalnya, kalau perut kosong, kepala bisa pusing, mula, bahkan bisa sampai muntah.

Mau jalan-jalan? Temukan berbagai pilihannya di sini: hotel makassar, tour murah, dan tiket pesawat Makassar

Jadi kalau kamu penasaran ingin mencicipi makanan Timur Tengah sambil nge-shisha, Safe House ini bisa jadi pilihan sisha kafe di Makassar. Lokasinya strategis karena berada di tengah kota Makassar yaitu di Jalan Jend. Sudirman berhadapan dengan gedung IMMIM. Hadirnya Safe House Shisha Cafe memberi warna baru bagi wisata kuliner di Makassar. Selamat mencoba 🙂

(Visited 387 times, 1 visits today)


About

Mother of #BabyJo || Blogger http://nanie.me || Traveller and Food Lover http://jokkajokka.com || Find me at IG @naniekoe


'Safe House Shisha, Arabian Cafe di Makassar' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool