Pasar Segar Makassar

Ruko Mirah Pasar Segar Makassar

Vote Us

Minggu ini mari kita jalan-jalan ke kecamatan panakukkang, salah satu kecamatan dari 14 kecamatan yang ada di Makassar. Diawali ketika sebuah yayasan dimana saya menjadi penggiat di dalamnya berpindah kantor di kawasan ini. Singkatnya dua bulan terakhir saya menghabiskan hari-hari saya di kecamatan Panakukkang Makassar ini. Sebuah kecamatan dengan luas wilayah 17,15km persegi, 6582 kepala keluarga dan jumlah penduduk lebih kurang 267.541 jiwa.

Pasar Segar Makassar

Tempat berdirinya sebuah mall pertama di Makassar, bernama Makasa tahun 1990-an. Yang mana kini berganti menjadi kawasan komplek pertokoan, Ruko Mirah Pasar Segar. Sesuai namanya, Pasar Segar, kawasan ini tadinya memang diperuntukkan sebagai pusat penjualan kebutuhan pokok yang masih segar, seperti; sayur-mayur, buah-buahan, hasil laut, dan hasil peternakan. Sayangnya, konsep ini tidak bertahan lama. Menurut Ibu Jean, salah satu pemilik lapak di kawasan ini yang membuka pelatihan membuat batik khas Makassar, karena sepi pengunjung tempat ini sedang dalam proses menjadi bursa oleh-oleh dari Makassar.

Ya, saat ini kebanyakan penjual yang mempunyai los dalam kawasan Pasar Segar ini memang menjual pakaian. Walaupun ada beberapa yang menjual batu-batu permata.

Untung saja saat Ramadhan tiba, di sebelah barat kawasan ini dibuka lapakan Pasar Ramadhan. Berbagai macam menu berbuka tersedia di sini. Dari macam es buah-buahan dan sup buah dijual, hingga makanan ringan dan berat juga tersedia. Harganya cukup terjangkau dan saya me-rekomendasikan-nya karena kebersihannya yang terjaga. Apalagi saat menjelang berbuka, akan nada live music lagu-lagu religi.

Dan ternyata, saat ini tempat ini berangsur-angsur menjadi tempat kegiatan komunitas dan anak-anak muda di Makassar. Juga banyak jajanan yang menarik, ada menu-menu asyik yang bisa kamu icip disini. Beberapa di antaranya:

Bakso Bakar

Bakso yang biasanya berkuah kini disajikan menyerupai satai yang telah dibakar dan dilengkapi dengan saos kacang yang nikmat. Untuk seporsi Bakso Bakar kamu bisa menikmatinya hanya dengan 20 ribu rupiah saja.

Es Krim Goreng

Siapa yang tak suka es krim? Saya sih suka, kamu? Alhamdulillah kalo kamu gak suka, berarti gak perlu ditraktir heheh… Tapi kamu boleh coba yang satu ini, seperti namanya es krim goreng, es krim ini memang digoreng setelah dibungkus oleh roti. Jadi kamu akan menikmatinya dalam keadaan panas di luar dan dingin di dalam… Nyam :9. Menu yang satu ini juga tidak terlalu mahal, hanya 25 ribu-an saja.

Pisang Ijo Amanda

Naaah, Pisang Ijo Amanda yang menjadi favorit saya dan teman-teman saya ternyata berjualan di kawasan ini. Pisang Ijo Amanda menjadi salah satu yang terbaik di kota ini karena wangi pandan khasnya yang menggugah selera.

Pizza Cone

Iya, pizza ini berbentuk seperti cone es krim. Ada beberapa pilihan toping layaknya pizza-pizza pada umumnya. Yang menyenangkan adalah cara menikmatinya, tidak perlu pake piring, garpu apalagi pisau. Cocok banget sama saya yang gak suka ribet makan pizza XD. Harga pizza cone yang cukup terjangkau menjadikan tempat jualannya hampir selalu dipenuhi antrian. Range berkisar 20 ribu rupiah hingga 35 ribu rupiah.

Sate Taicha

Gak perlu jauh-jauh ke Bali untuk dapat menikmati jajan ini. Sate Taicha adalah sate dari bakso-baksoan baik berbahan ikan, ayam atau pun daging. Dibakar dengan penuh cinta sama abangnya, lalu disajikan dengan saos khusus, berbeda dengan bakso bakar yang disajikan dengan saos kacang. Bagaimana rasanya? Enak! Berapa harganya? Hanya 30 ribu-an.

Tapi ternyata kamu tahu tidak? Saat ini kompleks pertokoan Ruko Mirah yang mulai ramai oleh kafe-kafe dan warung kopi ini akan sangat riuh di malam hari, diluar dugaan, tempat ini menjadi sangat ramai dan meriah!.

Pasar Segar Makassar

Malam itu saya memang pulang sedikit agak larut karena menunggu jemputan yang tak kunjung datang. Sungguh takjub melihat kehidupan malam di kompleks pertokoan ini, penuh cahaya lampu, musik, wangi kopi, orang-orang yang nonton bersama pertandingan sepak bola atau acara live lainnya.

Sepertinya saya melewatkan sesuatu yang menyenangkan dari tempat ini. Cafe-café yang ada memiliki interior yang sangat apik dan nyaman. Semakin malam tampak semakin ramai saja dan menyenangkannya walaupun ramai, tidak ada aksi vulgar di sini. Suasananya pun sangat menyenangkan karena meja-meja sajian di tata sedemikian rupa dengan mengambil sebahagian bahu jalan. Jadi, kamu bisa menikmati secangkir kopi sambil, merasakan sejuknya angin malam sambil memandang bintang-bintang yang bertaburan di langit… Ciyee.

Mau liburan ke Makassar dan sekitarnya? Cari di sini: tiket pesawat dan hotel
(Visited 459 times, 1 visits today)


About

Mommy dua anak hebat - perajut dan crafter - sesekali curhat di ungatawwa.wordpress.com


'Ruko Mirah Pasar Segar Makassar' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool