road trip sulsel

Road Trip Menyusuri Pesisir Timur Sulawesi Selatan

Road Trip Menyusuri Pesisir Timur Sulawesi Selatan
5 (100%) 3 votes

A road trip is a long distance journey on the road. Typically, road trips are long distances traveled by automobile. (Wikipedia)

Saya selalu menyukai perjalanan darat karena bisa mampir di banyak tempat meskipun tentu saja lebih capek dibandingkan perjalanan udara atau laut. Menyusuri Makassar hingga Manado via darat merupakan salah satu dari sekian banyak travel wishlist yang belum bisa saya wujudkan. Karena itulah, ketika ada tawaran dari kakak saya untuk road trip Sulsel – menyusuri pesisir timur Sulawesi Selatan dimulai dari Bulukumba menuju Soroako dan berbalik kembali ke Makassar, tentu saya sambut dengan hati riang gembira.

Baca juga kisah tentang menjelajahi 3 kabupaten di Sulsel

Salah satu yang jadi pertimbangan adalah si anak bayi yang baru berumur 9 bulan (kala itu). Berdiskusi panjang lebar dengan Anbhar dan mencapai beberapa kesepakatan, akhirnya kami tetapkan hati untuk berangkat dengan ucapan “bismilah”. Kami ada di Makassar sedangkan start awal yang ditawarkan kakak saya ada di Bulukumba, jadilah kami menuju ke sana terlebih dahulu. Mari memulai road trip Sulsel.

road trip sulsel

Menikmati makan siang di Terminal Malengkeri, siap-siap menuju Bulukumba dengan mobil Elf

Makassar – Bulukumba

Untuk menuju Kabupaten Bulukumba harus menempuh 180an km dengan lama perjalanan kira-kira 4-5 jam perjalanan. Titik keberangkatan adalah Terminal Malengkeri. Angkutannya tersedia mulai pagi sampai menjelang maghrib. Perjalanan dari Makassar ke Bulukumba akan melintasi kabupaten Gowa, Takalar, Jeneponto, dan Bantaeng. Di perjalanan, mobil akan berhenti di Kabupaten Jeneponto untuk istirahat ngopi-ngopi atau mengisi lambung bagi yang mau. Kalo mau wisata kuliner yang rada ekstrim, bolehlah mencicipi coto kuda di sini, rasakan sensasi panasnya :))

Setiba di Bulukumba, saya langsung menuju ke rumah saudara yang berlokasi di Kindang, Borongrappoa. Rencananya akan menginap semalam di sini barulah perjalanan dilanjutkan menuju Sorowako.Yang saya sukai setiap kali berkunjung ke sini, adalah cuacanya. Sejuk dan adem, bikin betah selimutan xD

Jika punya waktu, bisa menjelajahi kabupaten Bulukumba, yang memiliki banyak destinasi wisata. Dimulai dari Tanjung Bira, Pantai Bara, Tanjung Apparalang, Bukit Pua Janggo, snorkeling di Pulau kambing dan Liukang. Ada juga Suku Kajang di Ammatoa yang menarik untuk dikunjungi.

bantaeng road trip sulsel

Menikmati sore di Pantai Seruni, Bantaeng

Alternatif lain adalah melipir ke kabupaten sebelah yang hanya berjarak sejam dari Bulukumba, yaitu Kabupaten Bantaeng. Objek Wisata Bantaeng yang sedang naik daun adalah wisata Pantai Marina dan Pantai Seruni, kemudian agrowisata strawberry di Loka dan air terjun Bisappu. Silakan pilih dan sesuaikan waktunya hehehhe

Bulukumba – Sinjai – Bone – Wajo – Luwu – Palopo

Nah ini dia, mari lanjut road trip Sulsel – menyusuri pesisir timur Sulawesi Selatan. Dengan kendaraan pribadi, kami berangkat jam 6 pagi dari desa Kindang, Bulukumba bergerak ke arah utara melintasi kabupaten Sinjai menuju kabupaten Bone dan mampir makan siang. Sayang sekali tidak bisa menjelajahi Sinjai dan Bone karena waktu yang terbatas.
Dari Kabupaten Bone, perjalanan berlanjut menuju kota Palopo melintasi Kabupaten Sengkang dan kabupaten Luwu. Mampir sebentar di Bukit Sampoddo untuk beristirahat, menikmati keindahan kota Palopo dari atas bukit sambil mengunyah jagung rebus dan minum teh panas.

tiket mudik murah

Seperti kota lainnya, di Palopo juga terdapat objek wisata menarik untuk dikunjungi. Jika ingin wisata sejarah di Palopo, berkunjunglah ke Istana Datu Luwu, Masjid Jami, Makam Kuno Lokko’E dan lanjut ke air terjun Latuppa.  Bisa mampir di agrowisata Latuppa atau menikmati durian sambil berendam di dinginnya air terjun Latuppa.

Kami menginap di rumah mamak yang berlokasi di Desa Batusitanduk Kabupaten Luwu, sekitar 20 km dari kota Palopo. Beristirahat semalam sebelum melanjutkan perjalanan ke Soroako.

Palopo – Soroako

Dari kota Palopo, ada dua pilihan yang bisa ditempuh. Berbelok ke Toraja dengan lama perjalanan 2 jam melewati Leko’ Pitu atau lanjut ke Soroako dengan lama perjalanan 4-5 jam. Sesuai kesepakatan, kami memilih melanjutkan perjalanan menuju titik terjauh di Sulawesi Selatan yaitu Soroako yang terkenal sebagai kota penghasil Nikel. Di sana ada danau terdalam di Asia Tenggara yaitu danau Matano yang berada di ketinggian 382 m di atas permukaan laut dengan kedalaman hingga 590 m.

soroako road trip sulsel

Indahnya Danau Matano – Soroako

Bisa ngapain aja di danau Matano? Rafting, kanoing, kayaking, swimming atau aktivitas air lainnya. Kita juga bisa snorkeling menikmati gua bawah air, mata air bora-bora atau pemandangan akar-akar pohon ratusan tahun dengan ikan purba endemik yang menakjubkan. Danau ini menjadi tempat wisata yang ramai dikunjungi masyarakat, baru-baru ini bahkan ada Festival Danau Matano. Ada 3 pantai yang cukup populer yaitu Pantai Ide, Pantai Salonsa dan Pantai Kupu-Kupu.

Selain wisata danau, jangan lupa menjelajahi sudut-sudut kota kecil Soroako yang cukup unik. Mengunjungi Wallacea Sawerigading Mining Park dan perumahan Vale yang teratur, rapi dan bersih berupa rumah panggung dari kayu yang menghadap ke danau. Keren deh.

road trip sulsel

Soroako – Palopo – Makassar

Setelah menginap dua malam di rumah saudara di Wawondula, perjalanan balik menuju Makassar pun menanti. Sejujurnya, menempuh perjalanan balik Soroako – Makassar selama 12 jam akan sangat menguras energi. Membayangkannya saja sudah capek. Jika menggunakan bis tentu tidak akan terasa karena bis Soroako-Makassar sangatlah nyaman dan berkelas. Akhirnya, kami memutuskan mampir semalam lagi di Palopo berisitirahat di rumah Mamak sebelum lanjut ke Makassar.

Yuk keliling Makassar! Eits, ambil promo tiket murahpaket tour & jangan lupa pesan hotel murah juga!

Kurang lebih seminggu untuk road trip Sulsel, menyusuri pesisir timur Sulawesi Sulawesi Selatan. Dimulai dari Makassar dan berakhir di Makassar kembali. Sungguh perjalanan yang menyenangkan dan tak akan terlupakan. Next, mari menyusun rencana untuk road trip Makassar – Manado, semoga segera terwujud.

(Visited 45 times, 1 visits today)


About

Mother of #BabyJo || Blogger http://nanie.me || Traveller and Food Lover http://jokkajokka.com || Find me at IG @naniekoe


'Road Trip Menyusuri Pesisir Timur Sulawesi Selatan' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool