Racci : Cita Rasa Kuliner Khas Pulau Sembilan

Racci : Cita Rasa Kuliner Khas Pulau Sembilan
4.5 (90%) 2 votes

Jika Anda berkesempatan menyambangi Sinjai dan merencanakan mengunjungi Pulau Sembilan, Sulawesi Selatan, jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas yang satu ini, Racci. Racci merupakan menu tradisional yang begitu populer di Sinjai.

Membahas wisata kuliner memang seakan tak ada habisnya. Sebagai penikmat kuliner, menjelajahi dan mencari makanan khas di manapun adalah sebuah keasyikan tersendiri. Makan bukan hanya soal rasa, pun tempat dan suasana menjadi menjadi daya tarik tersendiri. Semakin jauh kaki melangkah semakin seru tantangannya. Ada kepuasan tersendiri jika berhasil menemukan apa yang dicari. Seperti hari Sabtu kemarin, saya dan teman-teman kantor rela berpanas-panas dan mengarungi lautan lepas demi sebuah undangan makan-makan di Pulau Sembilan.

kanalo

Kabupaten Sinjai dikenal sebagai daerah tiga dimensi karena daerah ini memiliki areal dataran tinggi, dataran rendah dan kawasan perairan. Daerahnya kaya akan potensi alam, hanya saja belum terpublikasi maksimal. Sebagai daerah yang memiliki wilayah perairan, Sinjai sangatlah kaya akan potensi hasil laut, rasanya tidak sulit untuk menikmati sajian khas kuliner sari laut. Yang terkenal selama ini akan kuliner khas Sinjai adalah aneka ikan bakar beserta cumi dan udangnya. Namun masih ada cita rasa kuliner khas yang unik dan rasanya juara.

Selain pemandangan alam yang memesona dan eksotis, Pulau Sembilan juga menyimpan ragam kuliner khas yang tidak ditemukan di tempat lain. Adalah racci atau lebih dikenal dengan kerang laut. Kerang laut yang isi atau dagingnya merupakan bahan baku racci dan mempunyai nilai gizi yang tinggi. Racci ini merupakan makanan khas warga pulau sembilan. Kerang laut tersebut diolah menjadi laha’ racci. Laha racci memiliki cita rasa pedas dan kecut. Dijamin mampu menggoyang lidah para penikmatnya.

racci

Di daerah lain laha’ dikenal dengan nama lawa’. Kata laha’ hanya ada di Sinjai. Jadi makanan ini akan bisa kita temukan di daerah lain tapi mungkin dengan nama yang berbeda seperti lawa’ bale (ikan) atau lawa’ mairo. Namun laha’ racci hanya ada di Pulau Sembilan.

Namun belakangan ini kerang lautnya sudah mulai langka ditemui. Populasinya kian menipis dan berkurang. Sementara laut memerlukannya, manusia pun menyukai dagingnya. Paling tidak mulai sekarang harus berfikir bagaimana menjaga keseimbangannya. Agar anak cucu kita kelak masih bisa menikmati kekayaan laut.

Setelah melewati perjalanan selama dua puluh lima menit,speed boat yang kami tumpangi bersandar di dermaga Pulau Kanalo 1. Pulau Kanalo 1 merupakan nama salah satu pulau yang ada di Pulau Sembilan. Sang empunya rumah menyambut kami dengan ramahnya. Masyarakat pulau sembilan sangat ramah dan sangat welcome menyambut tamunya.

Di meja makan sudah terhidang laha racci, kima sambal tumis dan aneka masakan khas lainnya yang sudah tidak sabar lagi untuk disantap. Tidak rugi menjelajah jauh demi sebuah kenikmatan yang sudah langka ditemui.

racci1

(Visited 737 times, 2 visits today)


About

Perempuan Biasa, Pentjinta Kuliner, Tukang Jalan, Penikmat dan Pemburu Senja. Kadang ngeblog di http://irhapunya.net


'Racci : Cita Rasa Kuliner Khas Pulau Sembilan' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool