Pulau Lantigian dan Jinato Wall Paradise Taman Nasional Taka Bonerate

Pulau Lantigian dan Jinato Wall Paradise Taman Nasional Taka Bonerate
5 (100%) 1 vote

Pulau Lantigiang adalah salah satu pulau yang berada di Kawasan Taman Nasional Taka Bonerate. Kawasan taman nasional ini memiliki 27 pulau dengan 7 (tujuh) pulau yang berpenghuni. Sisanya adalah pulau kosong tak berpenghuni, salah satunya adalah Pulau Lantigiang ini.

Secara administratif Pulau Lantigiang ini masuk dalam pemerintahan Desa Jinato, Kecamatan Taka Bonerate, Kab. Kepulauan Selayar. Pulau ini berjarak kira – kira 15 menit dari Pulau Jinato, pusat desa denga luas luas kira – kira 10 hektar. Pulau ini tidak didiami oleh masyarakat alias pulau kosong. Untuk mengelilingi pulau ini mungil ini hanya membutuhkan waktu 15- 30 menit.

Pulau ini sangat cocok untuk berkemah dengan sajian pemandangan matahari terbenam di sore hari. Malam hari, langit akan memberikan taburan bintang di angkasa, dan keindahan matahari terbit di pagi hari. Pada moment tertentu dan sedang beruntung, kita bisa melihat Penyu bertelur di pantainya.

Pasir putih seperti tepung, sangat lembut. Air laut jernih berwarna hijau tosca dan biru tua berpadu dengan langit biru cerah dengan awan putih bersih. Di sekeliling pulau ada rataan karang yang sangat luas sehingga kapal tidak boleh langsung merapat ke dermaga karena dapat merusak karang.

Pulau Lantigiang, Jinato Taman Nasional Taka Bonerate

Pulau Lantigiang, Desa Jinato Taman Nasional Taka Bonerate

Berwisata ke pulau ini dijamin akan menghilangkan stres, seakan liburan di pulau milik pribadi dan jika pencinta olah raga underwater bisa melakukan snorkel atau ke salah satu spot dive yang tidak jauh dari pulau Lantigiang, yaitu Jinato Wall Paradise.

Jinato adalah pulau dengan penduduk terbanyak di Kawasan Taman Nasional Taka Bonerate, yakni 1.260 jiwa. Masyarakat di pulau ini didominasi dari Bugis, sebagian kecil lainnya dari Selayar. Karena itu, bahasa keseharian mereka adalah bahasa Bugis.

Pulau Jinato berukuran panjang 1,7 kilometer dan lebar 800 meter dan cukup rindang oleh pohon-pohon kelapa, cemara laut, dan ketapang. Di bagian barat, tepi pantai Jinato dipagari beton yang biasa digunakan oleh warga untuk bersantai. Tempat ini sangat asyik untuk menikmati suasana sore hari dan matahari tenggelam.

Jinato Paradise Wall Spot Dive Taman Nasional Taka Bonerate

Jinato Paradise Wall Spot Dive Taman Nasional Taka Bonerate

Jinato Wall Paradise (Spot Dive)

Spot dive Jinato Wall Paradise yang berada di perairan Jinato memiliki topografi wall ini sangat cocok dan menarik bagi enyelam pemula. Dengan arus sedang dan dipengaruhi musim, pada kedalaman 5 – 15 meter sudah bisa menyaksikan keindahan dasar laut yang ditumbuhi oleh terumbu karang yang cantik. Jarak pandang pada penyelaman di spot ini adalah 15 – 20 meter.

Terumbu karang sangat bagus dengan tutupan karang berkisar 57– 83% yang didominasi oleh hardcoral dan softcoral yang menjadi habitat beberapa biota laut, seperti; berbagai jenis ikan karang seperti butterfly fish, cardinal fish, angelfish, grouper, surgeon fish, damselfish, batfishtrevallies, snapper, fusiliers, sweetlips, wrasse, parrot fish, trigger fish, bumphead fish, scorpion fish, lobster, eagle rays, nudibrands, crocodile fish, moray, kima.

(Visited 227 times, 1 visits today)


About

sharing is caring | bebas merdeka 100% | writer and traveller wannabe | peneliti paruh waktu | social media enthusiast |


'Pulau Lantigian dan Jinato Wall Paradise Taman Nasional Taka Bonerate' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool