Plesir Pengetahuan di PPLH Puntondo

Plesir Pengetahuan di PPLH Puntondo
5 (100%) 1 vote

Udara pagi menyeruak segar masuk ke dalam kamar melalui kisi-kisi jendela yang baru saja terbuka. Dengan bebas udara itu saya hirup, masukkan ke dalam paru-paru. Segar, apalagi ketika di depan mata warna hijau membentang menyegarkan mata. Sisa hujan kemarin sore membuat tanah masih basah dan sedikit becek, rasa dingin sekilas menusuk. Suara burung bersahutan di udara pagi, ditingkahi suara binatag lain yang jarang kami dengar di tengah belantara kota.

Suasana pagi di PPLH Puntondo

Suasana pagi di PPLH Puntondo

Pagi itu adalah pagi yang kami lewatkan di PPLH Puntondo, sekisar 92 km sebelah Selatan kota Makassar. Tepatnya di Dusun Puntondo, Desa Laikang, Kecamatan Mangarabombang, Kabupaten Takalar – Sulawesi Selatan. Letaknya agak terpencil, jauh dari keramaian. Untuk mencapainya memang agak susah karena kita harus menyusuri jalan tanah berbatu yang belum diaspal sepanjang pesisir pantai.

Tapi, semua itu terbayar lunas begitu kita sampai dalam lokasi PPLH Puntondo.

PPLH adalah singkatan dari Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup, sedang Puntondo sendiri berasal dari bahasa Makassar kuna yang berarti sang bangau. Mungkin karena letaknya yang berada di tepi pantai sehingga dulu banyak bangau yang hinggap dan bersarang di sana.

Bungalow dengan suasana yang menyenangkan

Bungalow dengan suasana yang menyenangkan

PPLH Puntondo mulai dibangun tahun 1998 dan diresmikan tahun 2001. Di dalam kawasannya terdapat beberapa bungalow, ruangan berbentuk amphitheatre (ruangan menyerupai teater jaman Romawi kuna, bentuknya seperti kawah yang bolong bagian tengah), perpustakaan dan ruang makan. Semua bangunan itu terbuat dari kayu dan dihubungkan dengan jembatan yang juga terbuat dari kayu.

Selain fasilitas itu, di dalam kawasan juga ada banyak fasilitas lain yang lebih berfungsi sebagai sarana belajar. Mulai dari sarana belajar berkebun, pengolahan limbah, pembuatan arang briket, pemeliharaan mangrove sampai pengolahan energi alternatif.

Belajar dan bermain di amphitheatre

Belajar dan bermain di amphitheatre

Pengolahan arang briket

Pengolahan arang briket

Belajar mengolah kompos

Belajar mengolah kompos

Daur ulang kertas

Daur ulang kertas

Fasilitas pendidikan itulah yang jadi pembeda utama PPLH Puntondo dengan tempat-tempat wisata lainnya. Di PPLH Puntondo, pengunjung tidak hanya bisa menikmati alam tapi sekaligus juga belajar banyak tentang lingkungan hidup dan tentang bagaimana menjaga lingkungan hidup.

Selain fasilitas yang berada dalam kawasan PPLH Puntondo, pengunjung juga bisa diajak untuk berjalan ke desa sekitar, melihat langsung aktivitas warga yang sebagian besarnya hidup sebagai nelayan. Di sana pengunjung bisa melihat para perempuan yang sedang memanen atau mengolah rumput laut, bisa juga bertemu para lelaki nelayan yang sedang tak melaut.

Di belakang area PPLH Puntondo membentang lautan luas dengan pasir putihnya. Menyambut pagi di tepi pantai adalah pengalaman yang menyenangkan. Udara segar, debur ombak dan semilir angin membuat kita makin percaya akan kebesaran Tuhan. Saat ini PPLH Puntondo juga menyediakan sarana untuk para wisatawan yang ingin menikmati keindahan laut dengan paket snorkeling.

Pantai yang membentang di belakang PPLH Puntondo

Pantai yang membentang di belakang PPLH Puntondo

Suasana malam yang syahdu

Suasana malam yang syahdu

Cara terbaik untuk menikmati semua fasilitas itu memang adalah dengan cara berombongan. Sayang rasanya kalau ke PPLH Puntondo sendirian. Lagipula harga yang ditetapkan untuk paket-paket liburan dan pendidikan di PPLH Puntondo memang lebih terjangkau bila dibagi rata dengan teman-teman serombongan.

Berkunjung ke PPLH Puntondo adalah sebuah pengalaman yang menyenangkan. Keindahan alam, bangunan yang sarat muatan lokal berpadu mesra dengan ragam pengetahuan yang bisa didapatkan. Jangan lupa juga dengan sajian makanannya yang memanjakan lidah karena semua bahannya diambil langsung dari alam. Masih segar dan tentu saja sehat.

Tak ada salahnya bila Anda bersama teman-teman mencoba untuk suasana plesiran yang berbeda. Bukan sekadar menikmati alam tapi juga mencari pengetahuan baru yang mungkin akan membuka wawasan Anda dan mengingatkan kembali betapa berharganya bumi kita ini. [dG]

(Visited 515 times, 1 visits today)


About

Blogger ~ Suka jalan-jalan gratisan ~ Sedang belajar motret ~ Mengasuh http://daenggassing.com seperti mengasuh anak sendiri


'Plesir Pengetahuan di PPLH Puntondo' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool