likugallang danau mini

Petualangan ke Likugallang Kabupaten Jeneponto

Petualangan ke Likugallang Kabupaten Jeneponto
5 (100%) 1 vote

Jalan jalan dan rekreasi adalah pekerjaan wajib dilakukan oleh siapa saja, mulai dari siswa, mahasiswa karyawan bahkan ibu – ibu juga membutuhkan rekreasi setelah lelah dan jenuh menghadapi pekerjaan sehari – hari. Nah saya sebagai seorang mahasiswa pun mengalami kejenuhan setelah melewati beragam ujian di kampus. Beberapa waktu lalu saya hendak mencari sebuah objek wisata yang dapat membuat pikiran saya menjadi lebih segar, saya mengunjungi seorang teman yang lama tidak berjumpa dan tinggal di Kabupaten Jeneponto. Perjalanan dapat ditempuh menggunakan motor sekitar 2 jam dari Kota Makassar, jarak Makassar ke Jeneponto yang hanya 100 km dan jalanan yang mulus menjadikan kunjungan kali ini lancar tanpa kendala.

Lokasi yang saya kunjungi kali ini adalah desa kareloe, kecamatan bontoramba, Kabupaten Jeneponto. Di desa ini katanya ada sebuah permandian yang kurang di kenal bernama Likugallang. Likugallang artinya danau kecil, lokasinya berada di atas gunung membuat jarang orang yang berkunjung kesana tetapi jarak dari rumah teman saya cukup dekat. Untuk mencapai tempat ini dibutuhkan sedikit petualangan karena jalanan yang harus ditempuh hanya sebagian yang dapat dilalui oleh motor. Saya berpikir ini adalah tempat yang saya cari dan sekalian dapat mempromosikan daerah tersebut.
Saya berangkat bertiga dengan seorang penduduk asli di desa itu yang selalu mengunjungi likugallang. Petualangan dimulai dengan mengendarai motor melewati gunung batu yang cukup menanjak. Butuh sedikit keahlian mengendarai motor karena trek yang dilalui sebagian besar jalanannya sudah rusak dan banyak batu – batu berserakan. Hanya 10 menit mengendarai motor melewati hamparan lahan pertanian jagung milik warga yang berada di atas gunung selanjutnya perjalanan harus berjalan kaki. Motor yang kami tumpangi di parkir di lahan perkebunan jagung.

Likugallang
Menurut teman yang menjadi penduduk asli perjalanan selanjutnya hanya membuthkan waktu setengah jam. Saya jadi semakin bersemangat karena letaknya sudah semakin dekat. Sepanjang perjalanan kita melewati lembah diantara 2 bukit besar, saya sangat kagum dengan pemandangan yang disajikan mirip dengan lokasi syuting di film India. Selama perjalanan yang semakin menanjak sangat terasa perubahan suhu udara yang tadinya panas berubah menjadi semakin sejuk karena kita memasuki hutan yang tidak terlalu lebat. Sesekali kami melihat petani berjalan bersama kudanya. Kuda di daerah ini dijadikan alat transportasi untuk mengangkut jagung dari puncak gunung.

bukit karamaka

2 orang yang menemani saya bertualang, dibelakangnya adalah bukit karamaka artinya bukit yang di sakralkan dan tidak boleh menebang pohon sembarangan

Di samping lembah ada sebuah bukit batu yang cukup tinggi membuat saya penasaran, namanya bukit karamaka, karamaka artinya sangat disakralka karena tidak boleh sembarangan menebang pohon yang ada disana. Di sepanjang bukit ini petani menanam jagung sampai di bagian ujung atas. Katanya bila kita berada di puncak maka pemandangan cantik kota Makassar dapat terlihat. Sayangnya saya tidak membawa persiapan lebih untuk mendaki bukit tersebut, mungkin di lain waktu saya akan mencoba mendaki.

likugallang - danau mini

likugallang (danau mini)

Setelah melewati pendakian yang cukup banyak akhirnya kita tiba di Likugallang. Tempat ini berupa sungai yang memiliki beberapa buah kolam mini, airnya yang terlihat jernih membuat hasrat untuk segera mandi tidak tertahankan. Akhirnya kami langsung menceburkan diri di dalamnya. Ternyata danau mini ini cukup dalam, ukurannya kira – kira 2 meter. Di sebuah kolam terdapat 1 bagian yang memiliki sejenis arena seluncuran. Sayangnya kami datang di waktu musim kemarau sehingga bagian seluncuran air hanya menghasilkan debit air yang sedikit. Jika masuk musim hujan akan terlihat efek seperti air mancur di bagian ini yang menambah keindahan likugallang (kolammini).

(Visited 1,811 times, 1 visits today)


About

Blogger yang suka jalan - jalan apalagi kalau gratis


'Petualangan ke Likugallang Kabupaten Jeneponto' have 1 comment

  1. July 14, 2015 @ 8:45 am CristopherLLongford

    These are in fact wonderful ideas in regarding blogging. You have touched some good things here.
    Any way keep up wrinting.

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool