Pesona Pantai Ujung Tiro yang Tak Kalah Jauh dari Pantai Samboang

Vote Us

Kegiatan eksplorasi keindahan pantai-pantai di Bulukumba selalu menggoda dan menarik untuk dituliskan. Kali ini saya akan menuliskan tentang pantai indah lain di Bulukumba Timur yang masih belum banyak diketahui oleh pelancong dari luar daerah, termasuk pelancong dari Makassar.

Masyarakat menyebutnya Pantai Ujung Tiro, yang sebenarnya lebih cocok disebut tanjung karena keberadaan tebing-tebing batu di tepi pantainya dan juga sebuah tebing batu besar membentuk menyerupai pulau kecil yang dihubungkan dengan jembatan kayu tua. Air laut yang jernih membuat pasir, batu, karang dan biota laut lainnya dapat terlihat jelas ketika kita memandang dari jembatan kayu tua yang terkesan tidak terawat tadi. Ujung Tiro ini biasanya dilirik oleh pelancong yang bertujuan utama ke Pantai Samboang, Apparalang ataupun Pantai Bira.

Statusnya sebagai persinggahan karena memang berada satu jalur dengan destinasi wisata utama Bulukumba Timur tadi. Namun, bukan sekadar persinggahan biasa, karena pemandangan dan kesan alami dengan kerimbunan pepohonan besar di tebingnya dan panorama indah perpaduan jembatan kayu tua, “pulau kecil” dan ombak yang menghempas tebing-tebingnya membuat kawasan Ujung Tiro ini menjadi persinggahan yang lebih spesial terutama bagi yang hobi fotografi.

Tak jarang Ujung Tiro dijadikan lokasi untuk foto prewedding. Tapi perjalanan saya ke sana bukan untuk prewedding loh, melainkan menghadiri acara reuni alumni SMA saya. Untuk yang hobi snorkeling juga dapat memuaskan hobinya karena kondisi terumbu karang dan biotanya masih terjaga. Namun jangan lupa membawa perlengkapan sendiri, karena belum tersedia peralatan sewaan. Maklum, karena kawasan ini masih perlu dikembangkan lebih baik lagi.

DSC09085
Pantai Ujung Tiro, bisa dikatakan berada satu lokasi dengan Pantai Samboang yang lebih dulu dikenal. Terletak di Kelurahan Ekatiro, Kecamatan Bontotiro, Kabupaten Bulukumba, membutuhkan waktu kira-kira 5-6 jam dari Makassar dengan jarak 200an km. Area pantai ini masih dalam tahap pengembangan, menunggu rampungnya pengembangan area wisata utama, Pantai Samboang.

Namun, akses jalan yang dulunya hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki dan bermotor, kini sudah bisa dilewati dengan menggunakan mobil walaupun dengan kecepatan rendah karena jalannya masih berbatu dan terdapat area jalan yang licin sehabis hujan. Rindangnya pepohonan di samping kiri kanan jalan membuat perjalanan terasa tidak terlalu melelahkan. Apalagi setelah sampai ke area Ujung Tiro ini, niscaya kepenatan itu semua terbayarkan.

DSC09141
Kawasan Ujung Tiro dan Pantai Samboang sedang dalam pengembangan oleh pemerintah daerah setempat. Khusus pantai Ujung Tiro ini, masih belum bisa meyakinkan investor lokal untuk mengelola. Baru terdapat satu keluarga yang mengelola, menjual minuman dan makanan ringan, rokok, menyediakan kamar kecil, gazebo dan pondok kecil, sekaligus mengelola lahan parkir.

Pepohonan di area sekitar tebing masih tertata alami belum banyak tersentuh tangan pengelola. Jembatan kayu tua peghubung antar tebing batu, yang panjangnya kurang lebih 10 meter, juga harusnya segera direnovasi dengan bahan baku yang lebih kokoh untuk kenyamanan dan keamanan pengunjung.

Mengunjungi Pantai Ujung Tiro selain untuk melihat sunrise, sebaiknya sekitar pukul 09.00 ke atas. Jika kondisi cerah, matahari mulai terik, awan menipis dan perpaduan birunya langit dan birunya laut akan sangat menarik untuk berfoto ria.

Tips-tips lainnya ketika berkunjung yaitu sebagai berikut:

  1. Periksa kondisi kendaraan terutama ban dan bahan bakar
  2. Bawa bekal jika ingin berlama-lama, karena belum ada penjual makanan berat. Makanan dan minuman ringan pun pasti harganya lebih mahal
  3. Hati-hati karena areanya berupa tebing-tebing tinggi
  4. Ingat untuk selalu menjaga kebersihan untuk kelestarian tempat wisata
(Visited 250 times, 1 visits today)


About

Blogger yang suka jalan - jalan apalagi kalau gratis


'Pesona Pantai Ujung Tiro yang Tak Kalah Jauh dari Pantai Samboang' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool