Danau Matano

Pesona Indah Danau Matano Di Ujung Timur Laut Bumi Butta Toa

Pesona Indah Danau Matano Di Ujung Timur Laut Bumi Butta Toa
5 (100%) 2 votes

Keindahan alam yang berada di tanah Sulawesi Selatan tidak ada habisnya jika diceritakan. Satu diantara sekian banyak adalah perairannya yang memiliki pesona indah yang membuat kita seperti tersihir untuk menelusuri tiap jengkal daratan untuk melihatnya.

Salah satu wisata alam perairannya adalah Danau Matano yang mungkin belum banyak yang mengetahui. Danau Matano merupakan salah satu diantara 3 danau besar yang terkenal di Bumi Butta Toa sebutan untuk Kabupaten Luwu Timur . Danau Matano terletak sekitar kurang lebih 600 km dari Kota Makassar dengan jarak tempuh adalah 12 jam perjalanan menggunakan kendaraan beroda empat.

Danau Matano

Peta dan Rute Menuju Danau Matano

Jarak yang cukup jauh tapi semua itu akan terbayar segera setelah sobat melihat keindahan Danau Matano di Bumi Butta Toa. Untuk menyingkat waktu sobat bisa juga menggunakan jasa penerbangan menuju Sorowako dari Makassar. Tidak jauh dari Bandara Sorowako, sobat bisa langsung ke Danau Matano karena jaraknya yang cukup dekat kurang dari 30 menit perjalanan.

Danau Matano

Perjalanan Menuju Danau Matano Dari Bandara Sorowako

Danau Matano merupakan 1 dari 3 danau indah yang dimiliki Bumi Butta Toa yang saling berdekatan dengan 2 lainnya yaitu Danau Mahalona dan Danau Towuti. Danau Matano atau disebut dengan Danau Indah karena danau ini berwarna biru seperti lautan. Kejernihan air dapat sobat lihat hingga kedalaman 25 meter, sedangkan luas Danau Matano adalah 16.000 Hektar dengan total kedalamannya 600 meter. Yang unik lainnya dari Danau Matano adalah keberadaan Danau ini yang berada 200 meter dibawah permukaan laut dan juga merupakan sumber air yang mengaliri kedua danau besar lainnya.

Danau Matano

Kejernihan Air Di Danau Matano

Hal yang membuat Danau Matano dikatakan indah lainnya adalah alam di sekitarnya danau yang sangat segar, hutan yang rimbun dan hijau, hembusan angin yang menyejukkan ditambah panoramanya semakin membuat sobat betah berlama-lama menelusuri Danau Matano. Untuk memasuki kawasan Danau Matano sobat tidak perlu mengeluarkan biaya kecuali jika sobat ingin berkeliling danau menggunakan perahu, sobat bisa bernegosiasi harga dengan warga setempat.

Di Danau Matano terdapat sebuah dermaga yang biasa digunakan wisatawan untuk berfoto-foto karena panoramanya yang indah sebagai latar foto. Buat sobat yang hobi berenang di sekitaran Danau Matano terdapat sebuah arena berenang lengkap dengan fasilitasnya, tapi buat sobat yang suka berenang bebas jangan khawatir karena, di pinggiran dermaga terdapat spot terjun bebas untuk berenang di Danau Matano yang tingginya 3 meter.

Danau Matano

Fasilitas Berenang di Danau Matona

Buat sobat yang suka dengan wisata air, jangan lewatkan berkunjung ke Danau Matano ini, pemandangannya tidak akan kalah dengan tempat wisata lainnya apalagi menjelang sunset suasananya kian romantis. Ditambah lagi dengan keramahan warganya yang sangat terbuka dengan wisatawan yang datang.

Danau Matano

Foto Bersama Sobat Planologi di Danau Matano

(Visited 597 times, 1 visits today)


About

Stories Worth Spreading


'Pesona Indah Danau Matano Di Ujung Timur Laut Bumi Butta Toa' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool