Pelabuhan Poetere

Pelabuhan Poetere dan Pelelangan Ikan

Pelabuhan Poetere dan Pelelangan Ikan
5 (100%) 1 vote

Salah satu bukti sejarah kejayaan maritim di Indonesia Timur adalah adanya Pelabuhan Poetere. Pelabuhan poetere biasa juga di sebut Pelra (Pelabuhan Rakyat). Pelabuhan ini terletak di bagian utara kota Makassar, sekitar 5 km dari Pantai Losari. Pelabuhan ini terletak tidak jauh dari pelabuhan Soekarno- Hatta di Jln Nusantara. Pelabuhan ini memiliki banyak nilai-nilai sejarah dari Kerajaan Gowa – Tallo. Di pelabuhan ini ratusan kapal-kapal berlabuh, mulai dari kapal Phinisi hingga kapal-kapal nelayan (jolloro).

Jika kamu sedang di Makassar, berkunjunglah ke Pelabuhan paotere. Pelabuhan ini adalah salah satu pelabuhan dengan objek wisata yang unik dan menarik. Disiini pengunjung akan disuguhi deretan kapal rakyat khas Makassar yaitu Kapal Phinisi dan juga Kapal-kapal nelayan yang berjejer rapih. Pelabuhan paotere telah menjadi sentra niaga/ekonomi di Makassar. Bongkar muat barang dari kapal-kapal dilakukan hampir 24 jam. Kapal ini berlabuh dari atau ke berbagai daerah di Indonesia, seperti Jakarta, Surabaya, Samarinda, dll. Kapal-kapal ini membawa barang seperti semen, pakaian, beras, dan bahan makanan lainnya. Selain menikmati deretan puluhan kapal Phinisi, kamu juga bisa menikmati pelelangan ikan terbesar di Kota Makassar. Sedari pagi gelap gulita para nelayan di Makassar melakukan bongkar muat hasil tangkapan.

Para nelayan kemudian menjual langsung hasil tangkapannya kepada pedagang pengecer lainnya. Jangan langsung membeli ikan yang di tawarkan kepada anda jika berada di tempat ini, kesalahan yang sering terjadi adalah ketika pengunjung dari luar kota Makassar dating kesini mereka langsung kaget ketika mendengar tawaran harga ikan yang begitu murah, sehingga langsung di beli tanpa berpikir panjang, padahal harga ikan di pasar pelelangan paotere memang sangat murah, sebaiknya anda berkeliling-keliling dahulu baru membeli, sehingga anda bisa tau perbandingan harga diantara penjual.

Pelabuhan Poetere

Kami juga menyarankan jika anda ingin pergi ke pelalangan ikan sebaiknya datang sebelum matahari terbit atau selepas shalat subuh, karena pada jam-jam ini harga ikan masih sangat murah dan pilihannya banyak, suasana pelelangan juga belum terlalu ramai, namun kami sarankan supaya kendaraan yang anda gunakan baiknya di parkir jauh di luar, ini untuk memudahkan anda mengeluarkan kendaraan dari himpitan kendaraan pengunjung lainnya ketika hendak balik, karena pengunjung pelelangan semakin banyak dari subuh hingga menjelang siang.

Pelabuhan Poetere

Di sisi barat pelabuhan terdapat deretan tempat makan yang menyajikan menu variasi ikan bakar seperti ikan kerapu, baronang, cepak, juga udang dan cumi-cumi, uniknya beberapa tempat makan disini memberikan kebebasan kepada tamunya untuk membeli sendiri ikan di pelelangan, kemudian diolah diwarung makan, jadi kita hanya membayar nasi dan bumbunya saja, biasanya pengunjung yang rombongan melakukan hal seperti ini, karena hitungan makannya menjadi jauh lebih murah. Paling pas ikan bakarnya di santap dengan cobe-cobe (sambel) yang merupakan sambal khas Makassar. Di sepanjang warung ini juga di jual ikan-ikan asin, ikan-ikan asin ini sangat cocok untuk oleh-oleh.

(Visited 1,715 times, 1 visits today)


About

Saya menyukai matahari dan perjalanan-perjalanan bersamanya


'Pelabuhan Poetere dan Pelelangan Ikan' have 1 comment

  1. February 3, 2017 @ 5:30 pm Dodhy Akbar

    alo
    bisa minta list harga ikannya?

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool