Pantai Losari Makassar

Pantai Losari, Ikon Kota Makassar

Pantai Losari, Ikon Kota Makassar
5 (100%) 1 vote
Pantai Losari

Salah satu anjungan Pantai Losari, dilihat dari ketinggian

Setiap kota biasanya punya salah satu bangunan atau tempat yang jadi ikon. Tak lengkap rasanya mengunjungi kota tersebut tanpa berkunjung ke ikon kotanya. Makassar juga punya. Kota di pesisir Barat pulau Sulawesi ini punya Pantai Losari yang selalu lekat dengan Makassar. Berwisata ke Makassar tidak lengkap tanpa mengunjungi Pantai Losari. Apalagi ikon kota ini mudah dijangkau dan tidak jauh dari beberapa hotel terkenal di kota Makassar.

Berbeda dengan pantai lainnya, Pantai Losari bukan pantai berpasir yang memanjang. Pantai Losari adalah tepian pantai tempat daratan bertemu lautan yang ditutup dengan lantai beton memanjang sekira 2 km. Ada 3 anjungan yang menjorok ke laut; anjungan Bugis, Makassar dan Toraja. Anjungan ini dibuat berdasarkan nama 3 suku mayoritas yang mendiami povinsi Sulawesi Selatan.

Dulu di sepanjang Pantai Losari dibangun tembok setinggi sekira 1 m, di atas tembok itulah pengunjung duduk dan menikmati beragam sajian kuliner yang dijajakan sepanjang pantai. Karena itulah, Pantai Losari pernah dijuluki restoran terpanjang di dunia.

Sejak awal tahun 2000an, Pantai Losari dirombak habis-habisan. Deretan tembok itu diganti dengan 3 anjungan besar yang didesain modern. Sekarang, 3 anjungan itu sudah berdiri megah menghadap ke Barat dan jadi tempat berkumpul warga kota Makassar maupun para pengunjung. Salah satu daya tarik yang paling menyedot perhatian adalah tulisan PANTAI LOSARI raksasa dari bahan fiber glass yang sering  jadi latar berfoto para pengunjung.

Pantai Losari Makassar

Tulisan “PANTAI LOSARI” yang jadi favorit untuk berfoto

Hal paling menarik yang bisa dinikmati di Pantai Losari adalah pemandangan terbenamnya matahari di sore hari. Entah kenapa, pemandangan matahari terbenam di Pantai Losari hampir selalu terlihat menawan. Ketika langit tersapu awan, guratan awan memberikan kesan dramatis yang berpadu dengan warna merah kekuningan matahari. Ketika langit bersih, semburat warna merah kekuningan matahari juga tak kalah menawannya. Pokoknya asal hujan dan mendung tidak menggelayut, pemandangan matahari terbenam dari Pantai Losari selalu menarik untuk dinantikan.

Salah satu pemandangan sunset dari Pantai Losari

Salah satu pemandangan sunset dari Pantai Losari

Pantai Losari menjelang senja

Pantai Losari menjelang senja

PESAN TIKET TERMURAH KE MAKASSAR

Hal lain yang selalu menarik dari Pantai Losari adalah jajanan khas bernama pisang epe. Pisang epe adalah pisang raja yang dibakar lalu dipipihkan (diepe’; Makassar). Setelahnya, pisang epe disuguhkan dengan saus dari gula merah. Kalau dulu pilihannya hanya satu maka sekarang sausnya sudah mulai beragam, dari gula merah, durian, keju sampai cokelat.

Tips buat Anda yang ingin menghabiskan waktu di Pantai Losari, bawalah uang receh sebanyak mungkin karena bisa saja sepanjang menikmati Pantai Losari Anda akan terus didatangi pengamen atau pengemis yang beraksi secara sembunyi-sembunyi dari pantauan petugas keamanan. Agar tidak terganggu, cukup memberi mereka uang receh biar mereka segera berlalu.

Pantai Losari sampai sekarang masih menjadi salah satu ikon kota Makassar yang paling terkenal. Hampir semua orang yang datang ke kota ini selalu mencari waktu luang mengunjungi ikon kota ini, menikmati matahari terbenam, mencicipi kuliner khas atau hanya sekadar berfoto di tulisan PANTAI LOSARI.

Kalau Anda berkunjung ke Makassar, luangkanlah waktu untuk ikut menikmati Pantai Losari. Mengunjungi langsung ikon kota Makassar.

(Visited 1,865 times, 3 visits today)


About

Blogger ~ Suka jalan-jalan gratisan ~ Sedang belajar motret ~ Mengasuh http://daenggassing.com seperti mengasuh anak sendiri


'Pantai Losari, Ikon Kota Makassar' have 7 comments

  1. April 27, 2015 @ 1:25 pm Dwi Pramono

    Daeng Ipul posting perdana, saya tukang komen perdana di HelloMakassar 🙂

    Reply

  2. April 28, 2015 @ 11:32 am Aida Al Fath

    keren sekali tawwa….

    Reply

  3. April 28, 2015 @ 2:10 pm Iyan

    Kalo mau ngadain kopdar di Makassar, lokasi yang asyik di mana ya om?

    Reply

    • April 28, 2015 @ 2:29 pm iPul Gassing

      banyak om, tadi udah kontek2an sama mas Jib 😀

      Reply

  4. April 28, 2015 @ 7:31 pm ifah

    masjid terapung yang ada di pantai Losari juga keren daeng (y)

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool