Pantai Bira Bulukumba, Keindahannya Tersohor Hingga ke Luar Negeri

Pantai Bira Bulukumba, Keindahannya Tersohor Hingga ke Luar Negeri
5 (100%) 1 vote

Siapa yang tidak kenal dengan pantai Bira, setiap wisatawan yang berkunjung ke Sulawesi Selatan pasti membawa pulang cerita tentang pantai Bira. Walaupun pantai ini cukup jauh dari kota Makassar yaitu sekitar 200 km tetapi pantai ini tetap menjadi andalan para wisatawan local maupun mancanegara. Hal yang paling terkenal dari pantai Bira adalah pasir putih dan air yang jernih kebiruan. Semakin banyak wisatawan yang berkunjung ke Bira membuat banyak dilakukan perbaikan agar pantai ini tetap elok. Saat saya berkunjung ke pantai Bira memang sangat ramai meskipun saat itu bukanlah hari libur nasional. Biaya masuk pantai Bira dipatok Rp.10.000 per orang dewasa, di sepanjang jalanan masuk pengunjung akan disapa dengan deretan penjual souvenir khas Kabupaten Bulukumba seperti baju bermotif khas bira.

Kumpulan kapal yang dapat mengantarkan anda ke pulau seberang

Kumpulan kapal yang dapat mengantarkan anda ke pulau seberang

Saat memasuki tempat parkir anda dihadapkan pada pilihan lokasi bermain, apakah anda mau bermain di pasir putih atau berenang di tebing tentukanlah pilihan disini karena jarak keduanya cukup jauh dan melelahkan. Saya memilih untuk menikmati pasir putih di sebelah kanan karena tempatnya yang terlihat keren. Saat berjalan bersama teman terlihat beberapa warga menawarkan perjalanan ke pulau yang ada di seberang pantai, pulau ini sangat dekat bahkan dapat terlihat dari pantai.
Kawasan pasir putih cukup panas pada waktu siang hari sehingga bagi anda yang tidak suka dengan suasana tersebut sebaiknya datang pada pagi maupun sore hari. Sepanjang pinggiran pantai berjejer beraneka macam penjual mulai dari makanan, alat menyelam, pakaian khas maupun souvenir unik yang terbuat dari kerang yang cukup menarik bagi pengunjung.

Salah satu souvenir yang dijajakan di Pantai bira

Salah satu souvenir yang dijajakan di Pantai bira

Saya melihat sesuatu yang unik di Pantai bira, terdapat sebuah kapal Phinisi besar yang terletak di atas tebing karang dan ternyata itu adalah sebuah kafe dengan pemandangan menghadap ke laut. Tempat ini ternyata menjadi favorit bagi wisatawan karena dari atas perahu anda dapat melihat luasnya kawasan pantai Bira. Pantai Bira memang sangat mempesona, airnya yang jernih berwarna biru sejauh mata memandang, pasir putihnya yang halus bak tepung dan bersih hingga jauh ke dalam lautan membuat pengunjung tetap nyaman dan aman bermain main di pinggir pantai.

Sebuah kapal phinisi yang ternyata adalah sebuah kafe

Sebuah kapal phinisi yang ternyata adalah sebuah kafe

Panasnya cahaya matahari di siang hari membuat kulit saya tidak mampu menahannya, saya pun mencari tempat berlindung terdekat, untungnya di bagian tepi tebing karang terdapat cekungan yang dapat digunakan berteduh dari panas terik di siang hari. Di dekat saya terdapat 2 orang bule yang cukup nyaman berjemur di pasir dengan suhu yang sangat panas menurutku. Pantai Bira cukup popular di luar negeri, banyak wisatawan datang jauh – jauh hanya untuk menikmati pasir putih sambil berjemur.

2 orang bule yang tengah asyik berjemur di pasir putih pantai Bira

2 orang bule yang tengah asyik berjemur di pasir putih pantai Bira

Sementara itu bila anda memutuskan untuk memilih mengunjungi kawasan pantai Bira yang berada di sebelah kiri anda dapat menikmati keindahan tebing batu karang dan beberapa rumah kafe Di lokasi ini juga menjadi tempat favorit untuk mandi dan menikmati kejernihan air di laut Bira. Di lokasi tersebut tidak terdapat pasir putih, hanya tebing karang yang di bawahnya air, banyak pengunjung yang suka mandi di kejernihan air lautnya.

Tebing yang dapat anda gunakan untuk berlindung saat panas menyengat di siang hari

Tebing yang dapat anda gunakan untuk berlindung saat panas menyengat di siang hari

Tips bagi anda yang berkunjung ke pantai Bira sebaiknya datanglah di pagi hari maupun sore hari agar tidak kepanasan. Bawalah bekal untuk menghemat pengeluaran. Siapkan pakaian ganti yang memadai karena anda pasti tidak tahan ingin mandi dan menikmati air laut disini.

(Visited 279 times, 1 visits today)


About

Blogger yang suka jalan - jalan apalagi kalau gratis


'Pantai Bira Bulukumba, Keindahannya Tersohor Hingga ke Luar Negeri' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool