Pallubasa

Pallubasa Onta, Pallubasa dengan Rasa Ingin Tambah

Vote Us

Kalian pasti sudah pernah mendengar nama makanan khas Makassar ini. Nama makanannya terdengar aneh karena seperti nama perkakas rumah tangga. Yah, nama makanan ini adalah Pallubasa. Bukan palu yang sering digunakan untuk memukul paku, yang telah dicelupkan kedalam air dan membuatnya menjadi basah. Palu yang itu bukanlah palu yang bisa dimakan.

Pallubasa

Pallubasa

Pallubasa adalah makanan khas Makassar yang terbuat dari daging atau jeroan sapi dan memiliki kuah berwarna pekat berwarna gelap yang telah dicampur oleh kelapa parut sangrai. Sekilas pallubasa sangat mirip dengan makanan khas Makassar lainnya yang bernama Coto, tapi kedua makanan ini sesungguhnya berbeda. Kedua makanan ini memang sama-sama terbuat dari jeroan daging sapi. Perbedaannya terdapat pada bumbu yang digunakan. Kuah Pallubasa menggunakan kelapa parut sangrai yang mampu memberikan rasa gurih disetiap sendok kuah yang masuk ke mulut, sedangkan Coto tidak ada tambahannya. Perbedaan mendasar ini akan kita ketahui ketika telah mencicipi Pallubasa.

Di Makassar kalian bisa menemukan banyak warung makan yang menyediakan Pallubasa, tapi hanya ada dua warung makan yang direkomendasikan oleh banyak orang. Salah satunya adalah warung makan Pallubasa Onta. Pallubasa Onta bukanlah Pallubasa yang dibuat dari hewan bernama onta. Pallubasa Onta adalah warung makan Pallubasa yang beralamat di jalan onta, Makassar. Beberapa pemilik warung makan tidak ingin ribet memikirkan nama usaha warung makannya, dan akhirnya lebih memilih menamakan warung makan Pallubasa yang berada di jalan Onta ini dengan nama Pallubasa Onta.

Pallubasa Onta

Warung tenda Pallubasa Onta

Pallubasa onta lokasinya terbagi dua. Ada yang hanya beratapkan tenda, dan ada juga yang berada di dalam ruangan sebuah ruko tidak jauh dari warung tenda tadi. Awalnya Pallubasa Onta hanya berjualan dengan beratapkan tenda sederhana khas makanan sederhana. Namun, semakin lama warung makan ini semakin banyak peminatnya. Banyak yang menyukainya karena memang rasanya sangat pas dilidah semua orang. Pallubasa yang dijual di Pallubasa onta mempunyai daging yang empuk, sehingga terasa enak saat dikunyah. Kelapa sangrai yang terdapat pada kuahnya juga tergolong banyak sehingga efek renyahnya bisa kita rasakan disetiap kunyahan sendokan kuah Pallubasa ini.

Hal yang spesial lainnya adalah kalian bisa menambahkan “alas” pada Pallubasa pesanan kalian. Alas yang dimaksud bukanlah wadah penopang mangkuk pallubasa. Alas pallubasa adalah kuning telur setengah masak yang diletakkan dibagian atas seporsi pallubasa. Penambahan alas bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Biasanya pelayan Pallubasa Onta akan menawarkan kalian pallubasa dengan menggunakan alas. Jika kalian penasaran, silahkan kalian cicipi terlebih dahulu. Setahu saya hanya ada dua saja warung pallubasa yang menyediakan campuran kuning telur setengah masak sebagai campuran pallubasanya. Pertama adalah Pallubasa Onta, dan yang satunya adalah Pallubasa Serigala. Kedua warung pallubasa ini tergolong warung yang direkomendasikan di Makassar untuk dikunjungi, mungkin alasannya karena Pallubasa yang dijual disini menyajikan hal istimewa, tambahan telur setengah masak pada Pallubasa yang disajikan.

Pallubasa Onta

Suasana di warung tenda Pallubasa Onta

Kurang lengkap rasanya jika menikmati makanan tanpa alunan musik. Nah, sebagai pelengkapnya saat menikmati pallubasa disini, kalian akan ditemani dengan suara merdu pengamen yang juga diiringi permainan gitar dan harmonika. Ketika saya datang kesini, kebetulan dia sedang menyanyikan lagu-lagu dari Iwan Fals. Mungkin lagu Iwan Fals memang lebih cocok dinyanyikan sekitar jam setengah 12 siang. Rata-rata pengunjung saat itu diramaikan oleh bapak-bapak, dan kebanyakan dari mereka mengenal dengan Iwan Fals. Jika sore nanti, mungkin jenis musik yang diputar akan lebih kearah pop. Jika iya, berarti pengamen ini  telah mampu mengendalikan hati pengunjung dengan jenis musik yang diputar.

Makassar itu keren, kan! Makanya ayo ke Makassar dan silahkan cicipi menu Pallubasa di Pallubasa Onta jika kalian sedang liburan di Makassar. Kalian bisa mendapatkan semangkok pallubasa yang memakai alas dan sepiring nasi hanya dengan Rp. 20.000. Kalian mungkin tidak akan merasa puas jika hanya menghabiskan semangkuk pallubasa dan sepiring nasi. Saran dari saya, jika kalian ingin tambah semangkuk atau dua mangkuk lagi, maka pesanlah segera. Jangan lewatkan kesempatan bermesraan di atas meja makan dengan salah satu kuliner khas Kota Makassar ini. Jangan takut akan gemuk jika kalian ingin melakukan wisata kuliner dimanapun, termasuk di Makassar. Merugilah orang-orang yang ingin wisata kuliner tapi selalu takut gemuk. Banyak hal yang tidak bisa kalian cicipi nantinya.

(Visited 577 times, 1 visits today)


About

Saya adalah salah seorang penggiat social media di Makassar. Aktif memanfaatkan social media sejak tahun 2012. Berusaha memanfaatkan social media lebih dari media pertemanan.


'Pallubasa Onta, Pallubasa dengan Rasa Ingin Tambah' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool