otak-otak makassar

Otak-Otak Ikan Tenggiri, Ole-Ole Khas Makassar

Otak-Otak Ikan Tenggiri, Ole-Ole Khas Makassar
5 (100%) 1 vote

Satu lagi olahan seafood yang terkenal dari Makassar yaitu otak-otak ikan tenggiri. Otak-otak biasa dijadikan sebagai makanan pembuka saat bersantap seafood di rumah makan atau restoran yang menyajikan seafood. Penyajiannya bisa dibakar atau digoreng. Selain itu, otak-otak ikan tenggiri juga populer sebagai salah satu ole-ole khas Makassar.

Sesuai namanya, otak-otak ikan tenggiri menggunakan ikan tenggiri segar sebagai bahan baku utama yang dicampur dengan tepung gandum/sagu. Daging ikan dihaluskan, diberi bumbu rempah, dibungkus daun pisang dan dikukus. Jika membawa otak-otak sebagai ole-ole, jangan lupa untuk langsung memasukkannya ke freezer setelah sampai di rumah. Dengan demikian makanan ini akan lebih tahan lama.

Saat ingin disajikan, otak-otak sebaiknya dipanggang terlebih dahulu dengan panggangan atau bisa juga dipanaskan dengan menggunakan wajan tanpa minyak kelapa. Otak-otak panas kemudian dicocol di saus kacang atau sambel petis. Gurih dan lezat!

Jika anda ingin membawa otak-otak ini sebagai buah tangan untuk keluarga ataupun sahabat, ada dua lokasi membeli otak-otak khas Makassar yang cukup populer, yaitu otak-otak Ibu Elly dan otak-otak ibu Sanny. Sebenarnya cukup banyak toko ole-ole khas Makassar yang juga menjual otak-otak tapi umumnya memberlakukan pre-order sedangkan di dua lokasi ini otak-otak ikan tenggiri selalu tersedia setiap harinya karena diproduksi sendiri.

Untuk masalah packingan, jangan khawatir, otak-otak ini dipacking dengan sangat baik menggunakan kotak kemasan yang cukup ringkas untuk dibawa bahkan jika anda naik pesawat. Besar kecilnya kotak tentu tergantung pada jumlah otak-otak yang dipesan. Di dalam kotak, otak-otak tersusun rapi dengan dibungkus daun pisang yang masih segar. Otak-otak ini umumnya bisa bertahan hingga seminggu asalkan disimpan di dalam freezer.

**

otak-otak ibu elly

Otak-otak Ibu Elly (Foto : Clara Rondonuwu, Wego)

Otak-Otak Ibu Elly

Dari sebuah rumah yang telah diubah menjadi toko, kedai otak-otak Ibu Elly terletak di Jalan Kijang no 7D Makassar. Ibu Elly telah merintis usaha bisnis kuliner otak-otak khas Makassar sejak tahun 1995, dengan memasoknya ke beberapa restoran seafood yang ada di Makassar. Mertua Ibu Elly yaitu Aci’ Noni telah lebih dahulu memulai jualan otak-otak sejak tahun 1974 di jalan Maccini Tengah Makassar.

Ada beberapa paket kemasan untuk dibawa pulang sebagai ole-ole khas Makassar, meskipun kita juga bisa membeli dengan harga satuan. Tersedia paket otak-otak khas Makassar isi 10, 20, 40 dan 50 biji. Harga paket tentu lebih murah jika dibandingkan membeli dalam harga satuan.

Untuk yang ingin mencicipi otak-otak sambil menunggu paket kemasannya siap dibawa pulang, disediakan kursi dan meja di depan toko. Selain itu, anda juga bisa menikmati hidangan lain semisal gogos, es pisang ijo, es palubutung dan jajanan lainnya.

otak-otak ibu sanny

Otak-otak Ibu Sanny (Foto : tripadvisor)

Otak-Otak Ibu Sanny

Otak-otak Makassar Ibu Sanny didirikan tahun 1995 dan hingga saat ini telah membuka dua toko. Yang pertama terletak di Jalan Singa No 9 Makassar dan cabangnya ada di Jalan Lasinrang No 47 Makassar.

Bahan baku ikan tenggiri segar, campuran rempah pilihan dan cita rasa yang terjaga membuat ota-otak ibu Sanny menjadi salah satu pilihan tempat membeli otak-otak yang populer di kota Makassar. Rasanya enak, kenyal, tidak terasa gatal di lidah dan sama sekali tidak ada bau amis yang tercium. Sedap deh pokoknya!

Tersedia juga pilihan paket otak-otak mulai dari kemasan isi 10 hingga 60 biji. Silakan memilih sesuai kebutuhan.

**

Letak toko di pinggir jalan dan mudah dijangkau karena berada di pusat kota, membuat dua lokasi ini populer sebagai tempat membeli otak-otak khas Makassar. Umumnya sih sopir-sopir taksi sudah pada tahu lokasinya ada di mana.

Selain itu, kedua toko ini tidak hanya menjual otak-otak saja tetapi juga beragam ole-ole khas Makassar lainnya misalnya udang segar, ikan kering, abon ikan tengiri, gogos ikan tengiri, madu asli, sup kepala ikan woku, sup kepala ikan pallubasa, bakso sapi, telur ikan tengiri, telur ikan terbang, pernak pernik dan cinderamata, kain khas Bugis Makassar, kue-kue Makassar dan Manado, minyak gosok, sirup markisa hingga beragam kerajinan. Tidak perlu berpindah toko jika ingin berbelanja ole-ole khas Makassar yang lainnya.

Jadi kalau teman-teman mampir ke Makassar, jangan lupa ya mencicipi otak-otak khas Makassar dan bawa pulang sebagai buah tangan untuk kerabat dan sahabat. Salah satu yang membedakan otak-otak khas Makassar dengan yang lainnya yaitu dinikmati dengan sambal petis. Otak-otak ikan tenggiri yang gurih dicocol di sambel petis dengan cita rasa asam manis, pasangan yang pas!

Selamat wisata kuliner di Makassar 🙂

(Visited 3,576 times, 1 visits today)


About

Mother of #BabyJo || Blogger http://nanie.me || Traveller and Food Lover http://jokkajokka.com || Find me at IG @naniekoe


'Otak-Otak Ikan Tenggiri, Ole-Ole Khas Makassar' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool