10 Oleh-Oleh Khas Toraja

10 Oleh-Oleh Khas Toraja
5 (100%) 1 vote

Mungkin kamu mengenal Toraja dengan upacara pemakamannya yang megah dan penuh aura mistis. Atau mungkin melalui wisata di Toraja yang sungguh tak biasa, wisata makam katanya 😀 Di luar itu semua, Toraja sungguh menarik untuk dijelajahi. Eksotisme budayanya, indah alamnya, unik kulinernya hingga oleh-oleh khas Toraja yang sungguh menarik dan sayang jika tidak dibawa pulang.

Ragam ukiran Toraja

Ukiran Toraja

Setidaknya ada 67 motif ukiran Toraja, di mana setiap motif mengandung makna dan nilai-nilai tersendiri. Ukiran Toraja yang paling umum dijumpai adalah pada Tongkonan dan hiasan dinding. Beberapa souvenir ukiran seperti asbak, kotak perhiasan, pajangan dinding, tempat tisu, dan lain-lain adalah oleh-oleh khas Toraja yang menjadi favorit wisatawan.

Pengalaman saya ketika Berwisata dan Ziarah Kubur di Toraja

Tongkonan, sentra kehidupan orang Toraja

Miniatur Tongkonan

Melihat Tongkonan berarti ingat Toraja. Tentu saja, Tongkonan adalah rumah adat Toraja dengan bentuk atap yang menyerupai perahu. Di bagian atap tersebut terdapat tanduk kerbau yang melambangkan kelas sosial si pemilik Tongkonan. Selain ukiran Toraja, miniatur Tongkonan menjadi cinderamata khas Toraja yang digemari para wisatawan baik lokal maupun internasional. Miniatur Tongkonan ini diukir dan dibuat berdasarkan desain asli dan dapat dipesan dalam berbagai ukuran.

Oleh-Oleh Khas Toraja

Tau-tau

Tau-Tau

Dalam bahasa Toraja, Tau berarti orang, jadi Tau-tau adalah orang-orangan. Ini adalah salah satu unsur wajib dalam upacara kematian Rambu Solo. Sekarang ini, para pengrajin tau-tau tidak hanya membuat tau-tau untuk orang yang meninggal tetapi juga menjadikannya sebagai cinderamata dan oleh-oleh khas Toraja. Miniatur tau-tau dibuat dalam berbagai ukuran dengan harga yang bervariasi tergantung tingkat kesulitan saat proses pembuatannya.

Oleh-Oleh Khas Toraja

Kerajinan tenun ikat Toraja

Kain Tenun

Ada beberapa jenis tenunan di Toraja dengan harga yang bervariasi mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Ini tentu tergantung pada proses pembuatannya, apakah produksi pabrik atau ditenun secara tradisional. Selain itu, benang yang digunakan, sistem pewarnaan dan motif pada kain tenun juga turut mempengaruhi harganya. . Keistimewaan dari kain tenun Toraja terletak pada corak dan warnanya yang khas, berbeda dengan kain tenun di daerah lain. Jika ingin membeli kain tenun langsung di pengrajinnya sekaligus melihat proses pembuatannya, langsung saja ke Sentra Tenun Toraja di Sa’dan dan To’ Barana.

Sarung Toraja

Sejak dulu, saya ingin sekali memiliki satu saja sarung hitam khas Toraja yang sayangnya belum kesampaian hingga saat ini. Pernah tanya saat berkunjung ke Toraja dan harganya lumayan hehehe Umumnya sarung hitam ini dipakai oleh kaum lelaki pada upacara adat dan acara-acara resmi. Sarung Toraja banyak diperjualbelikan di toko souvenir maupun di pasar di Rantepao. Tapi untuk mendapatkannya dengan harga lebih murah, belilah langsung di pengrajinnya. Kamu juga bisa sekalian ngobrol soal pembuatan sarung Toraja ini.

Oleh-Oleh Khas Toraja

Kopi Toraja yang sudah terkenal kelezatannya

Kopi Toraja

Pecinta kopi pasti sudah tahu kalau Toraja merupakan daerah penghasil kopi kualitas ekspor. Citarasa unik dari arabika Toraja menjadikannya salah satu kopi favorit. Nah jika sedang berkunjung ke Toraja, belum sah rasanya jika tidak mencicipi Kopi Toraja langsung di daerah asalnya. Pun jika hendak meninggalkan Toraja, bawalah beberapa bungkus kopi Toraja sebagai buah tangan bagi sahabat dan kerabat sesama penikmat kopi.

Kaos Toraja

Kaos bertema Toraja dengan desain kreatif juga menjadi pilihan oleh-oleh khas Toraja yang banyak diminati. Tulisan I Love Toraja, motif ukiran, kata-kata dalam bahasa Toraja dan gambar yang identik dengan Toraja menjadikan desain kaos semakin menarik. Harganya bervarisi tergantung kualitas bahan yang digunakan. Kaos Toraja bisa diperoleh di toko souvenir yang dapat dijumpai di setiap objek wisata, juga di kompleks pertokoan dan Art Center Rantepao.

Sepu’

Belakangan ini Sepu’ sedang tren di kalangan anak muda Toraja. Sepu adalah tas etnik khas Toraja yang dibuat dari kain tenun dan dihiasi manik-manik Toraja. Dahulu sepu; digunakan oleh para wanita untuk menyimpan pinang sirih dan tembakau, umumnya dibawa pada saat menghadiri upacara adat. Sekarang, tas ini digunakan untuk menyimpan ponsel, dompet, uang, kosmetik atau pernak pernik lainnya dan dibawa dalam berbagai kesempatan. Harganya bervariasi, tergantung besarnya tas dan penggunaan manik-manik pada tas.

Aksesoris Manik-Manik

Dulu, manik-manik hanya dibuat sebagai aksesoris pelengkap baju adat seperti anting, hiasan kepala, kalung dan ikat pinggang, yang dikenakan saat menghadiri upacara adat di Toraja. Belakangan, kerajinan manik-manik ini semakin banyak diminati sehingga dibuat sebagai aksesoris sehari-hari yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh khas Toraja. Aksesori manik-manik Toraja umumnya didominasi oleh warna merah, oranye, kuning, hitam, coklat, dan emas yang menjadikannya unik dan menarik.

Oleh-Oleh Khas Toraja

Deppa Tori, salah satu cemilan khas Toraja

Jajanan Tradisional

Jika mencari jajanan tradisional khas Toraja sebagai buah tangan, Deppa Tori’ dan Jipang bisa masuk dalam pilihan kamu. Deppa tori adalah kue khas toraja yang terbuat dari tepung beras dan gula merah. Kalau dilihat dari bentuknya memang tidak terlalu menarik namun rasanya luar biasa, manis dan gurih dengan tekstur yang garing di luar dan lembut di dalam. Saya dan anak saya adalah penggemar berat kue ini 😀 Sedangkan Jipang, mungkin ada juga dijumpai di daerah lain tapi yang berbeda dari Jipang Toraja adalah warnanya agak coklat kehitaman karena dibuat dari bahan ketan hitam dan dimasak dengan gula merah menjadikan citarasanya manis dan lengket seperti karamel.

Siapa yang gak mau traveling hemat? Ambil promo murahnya di: Tiket Pesawat Jakarta Makassar & Hotel di Makassar. Eits, gak mau ribet? Ambil paket perjalanan wisata aja!

Nah, puas menjelajahi indahnya alam dan uniknya budaya Toraja, saatnya memilih oleh-oleh. Ada 10 oleh-oleh khas Toraja yang bisa kamu pilih dan bawa pulang untuk teman, keluarga ataupun kenang-kenangan bagi diri sendiri. Kamu pilih yang mana?

(Visited 624 times, 1 visits today)


About

anbhar.net | AngingMammiri.Org | AC Milan | PSM | Sobatpadi | Suka Dunia Militer & Penerbangan | Berenang & Snorkeling | Ngemil | Jalan2 | | AB+


'10 Oleh-Oleh Khas Toraja' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool