Oleh-oleh Kekinian Khas Makassar

Oleh-oleh Kekinian Khas Makassar
5 (100%) 1 vote

Setelah November 2016 kemarin Makassar menentukan 10 jenis makanan sebagai ikon kuliner kota Makassar –Coto Mangkasara, Pisang Ijo, Pallubasa, Sop Saudara, Konro Bakar, Pallumara, Pisang Epe, Mie Kering, Jalangkote, dan Sop Konro-. Kini dari kota ini juga muncul beragam jajanan dan kerajinan yang dapat kalian jadikan buah tangan untuk orang-orang terkasih, walaupun beberapa jenis makanan, kerajinan lainnya masih tetap bertahan sebagai pilihan untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh khas Makassar, tapi produk-produk baru yang bermunculan pun kerap menjadi pilihan dan dijadikan oleh-oleh favorit untuk dibawa pulang setelah berkunjung dari Makassar;

Kisah 10 ikon kuliner kota Makassar bisa dibaca di sini

oleh-oleh khas makassarMakassar Baklava

Ya, Baklava, seperti satu penganan yang memang berasal dari Turki, kue panggang ini terdiri dari beberapa lapisan yang sangat lezat. Di tempat asalnya sana Baklava akan menjadi sangat manis di lidah orang Indonesia, manis dari Baklava ini bukanlah manis dari gula, melainkan manis dari madu. Namun jangan khawatir, Baklava dari Makassar ini sudah dimodifikasi dan disesuaikan dengan lidah orang Indonesia dengan berbagai varian seperti; Nutty Fruity, Rich Cheese, Oreo Blast, Royal Chocolate dan Banana Fluffy. Menariknya, Makassar Baklava hanya dijual di Makassar, tak heran penganan seharga 65.000 rupiah ini menjadi oleh-oleh khas Makassar terhits saat ini yang banyak dicari orang.

Batik Lontara

Selain sutra dan kain tenun bugis, kini batik lontara sudah mulai diproduksi oleh pengrajin-pengrajin lokal sebagai salah satu produk andalan Makassar. Batik lontara dengan motif yang khas dan berbagai filosopi dari aksara-aksara yang dituliskan dalam sebuah kain ini dapat mencuri perhatian baik warga Makassar sendiri juga para pendatang. Batik-batik lontara ini diproduksi dengan menggunakan berbagai jenis kain, di antaranya kain shantung, kain katun juga kain sutra. Harga per lembarnya pun beragam mulai ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah tergantung jenis kain dan proses pembuatannya batik lontara cap atau batik lontara tulis.

oleh-oleh khas makassarOtak-otak Ikan

Siapa yang dapat menolak sepotong otak-otak ikan tenggiri? Makanan lezat, nikmat dan gurih yang satu ini juga menjadi favorit saya dan keluarga. Yang membuat rasa khas dari otak-otak ikan tenggiri ini adalah aroma bakar daun pisangnya. Otak-otak ikan tenggiri ini biasanya disajikan bersama saus kacang dengan rasa pedas yang pas. Ada banyak penjual otak-otak di Makassar, namun beberapa terbaik yang ada dapat kalian temukan ada di kedai ibu Elly, jalan Kijang, atau otak-otak ibu Sanny di jalan Lasinrang. Harga sepotong otak-otak tenggiri ini berkisar 7500 rupiah hingga 12.500 rupiah. Biasanya jika tidak ingin dikonsumsi segera, otak-otak tidak dibakar terlebih dahulu dan dapat dibakar kemudian saat ingin dinikmati.

Minyak Gosok Dan Balsam Cap Tawon

Tahu minyak gosok cap Tawon? Ya, minyak dengan berbagai manfaat dan khasiat ini adalah salah satu obat tradisional produksi Makassar. Mungkin minyak gosok ini kerap menjadi pesanan dan menjadi oleh-oleh khas Makassar ketika kalian akan berkunjung ke Makassar. Minyak gosok khas Makassar yang telah diproduksi sejak tahun 1912 memiliki dua varian; minyak dengan penutup botol berwarna merah untuk obat gosok dan obat luar, juga minyak dengan penutup botol berwarna putih yang dapat dikonsumsi. Ada beberapa ukuran dari minyak gosok ini, dari ukuran terkecil berisi 30ml minyak, hingga ukuran besar berisi 330ml minyak. Dengan harga mulai 12.500 rupiah hingga 175.000 ribu rupiah. Selain minyak gosok cap Tawon, saat ini juga tersedia balsam cap Tawon.

oleh-oleh khas makassarKain Bugis Makassar

Kain corak Bugis-Makassar memang memiliki kekhasannya tersendiri, baik dari tenunannya itu sendiri juga dari warna-warna cerahnya yang membuatnya menjadi menarik. Itulah mengapa kain Bugis-Makassar ini menjadi salah satu pilihan yang difavoritkan sebagai oleh-oleh. Tak berbeda dari batik lontara, kain Bugis-Makassar juga diproduksi oleh pengrajin-pengrajin lokal, dibuat dari berbagai jenis bahan bahan kain baik shantung, katun juga sutra. Kain bugis ini sendiri ada yang diproduksi secara masal dan dapat dibeli per meter, juga ada yang diproduksi satuan dengan tenun manual dan dijual per potong. Tentu saja dengan harga yang juga beragam, mulai puluhan ribu hingga ratusan ribu permeternya atau puluhan ribu hingga jutaan rupiah untuk perpotongnya.

oleh-oleh khas makassarKopi Toraja

Kalian penggemar kopi? Mencintai aroma kopi yang kuat sejak pertama kali membuka bungkus kopinya? Jika demikian kopi Toraja adalah pilihan yang tepat untuk kalian jadikan salah satu oleh-oleh khas Makassar yang tidak boleh ketinggalan untuk diri sendiri –Iya dong, gak ada salahnya ngoleh-ngolehin diri sendiri hehe- Kopi Toraja ini memang sangat terkenal dengan mutu dan aroma yang begitu spesial bagi pencinta kopi, penikmat kopi dan penjual kopi XD, sebab rasanya yang juga tidak diragukan lagi serta banyaknya permintaan akan kopi-kopi Toraja tersebut. Adapun jenis dari kopi Toraja ini ada dua, kopi Toraja arabika dan kopi Toraja robusta dengan harga berkisar 35.000 rupiah hingga 135.000 rupiah dengan kemasan 100gr, kemasan 250gr dan kemasan 550gr. Untuk rekomendasi, kalian dapat mencoba kopi Toraja dari judul Kopi Ujung.

Sirup Markisa

Selain dari kota Medan, kota Makassar juga merupakan penghasil sirup markisa. Sirup markisa dari Makassar ini dapat dengan mudah kalian temui di toko-toko, pusat penjualan oleh-oleh juga supermarket yang ada di Makassar. Rasa asli dari markisa tanpa pemanis buatan dapat kalian nikmati dari sirup-sirup markisa produksi Makassar, salah satunya sirup markisa yang cukup terkenal adalah sirup markisa cap Bola Dunia yang disinyalir telah diproduksi sejak tahun 1961. Untuk sirup cap Bola Dunia ini dikemas dalam dua ukuran; kemasan isi 500ml dan kemasan isi 1000ml dengan harga 85.000 rupiah hingga 155.000 rupiah.

oleh-oleh khas makassarCamilan Khas Makassar

Ada banyak camilan khas Makassar yang juga dapat kalian bawa sebagai oleh-oleh khas Makassar, beberapa diantaranya dan kerap dicari adalah Baruasa -kue kering berbahan dasar tepung beras, telur dan kelapa sangrai-, Bagea –kue kering berbahan sagu, telur dan gula merah-, Jalkot Mini –pastel mini yang renyah dengan berbagai varian- dan Kacang Disko –kacang rempah dengan rasa yang khas, juga Deppa Tori –kue wijen dari Toraja berbahan dasar tepung beras-. Camilan-camilan enak yang sangat cocok dinikmati dengan segelas teh atau kopi hangat sambil gossip ini dapat dengan mudah kalian jumpai di toko oleh-oleh dengan harga yang sangat terjangkau untuk perbungkusnya, harganya berkisar hanya 10.000 rupiah hingga 50.000 rupiah.

Temukan berbagai penawaran wisata menarik di sini Tiket murah dari Jakarta ke Makassar , Hotel murah di Makassar, dan Beragam paket wisata

oleh-oleh khas makassarKerajinan Tangan Toraja

Jika tidak ingin repot membawa oleh-oleh, kalian dapat memilih kerajinan tangan Toraja sebagai buah tangan. Ada banyak miniatur Tongkonan –rumah adat Toraja- yang dijadikan gantungan kunci, juga beragam ukiran kayu etnik Toraja yang dijadikan kotak tissue dan berbagai pajangan untuk dekorasi rumah. Souvenir-souvenir ini tentu dapat menjadi pilihan jika ingin menghemat ruang bagasi dan ruang di kantong hehe. Harganya yang relatif murah dan terjangkau menjadi pilihan yang tepat bukan? Untuk memborongnya dan membagikannya ke teman sekantor, teman sekampus, teman sepengajian, teman searisan atau se-teman tapi mesra.

Jangan lupa, Harga sewaktu-waktu dapat berubah XD.

(Visited 764 times, 1 visits today)

About

Mommy dua anak hebat - perajut dan crafter - sesekali curhat di ungatawwa.wordpress.com


'Oleh-oleh Kekinian Khas Makassar' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool