oleh-oleh khas makassar

Di Mana Berburu Oleh-Oleh Khas Makassar Dengan Harga Terjangkau?

Di Mana Berburu Oleh-Oleh Khas Makassar Dengan Harga Terjangkau?
Vote Us

Beberapa tulisan di website HelloMakassar telah mengulas oleh-oleh khas Makassar harga terjangkau, paling banyak dicari dan wajib dibawa pulang ke rumah seperti kaos khas Makassar, pernak pernik kerajinan tangan, kain tenun, cemilan khas Makassar, sirup DHT dan markisa, kopi Toraja, minyak gosok dan lain-lain. Pertanyaan selanjutnya adalah di mana mendapatkan oleh-oleh khas Makassar tersebut?

Jawabannya gampang, di Jalan Somba Opu yang memang terkenal sebagai pusat oleh-oleh khas Makassar. Di jalan ini berderet belasan toko yang menjual beragam oleh-oleh khas Makassar dengan harga yang juga bervariasi. Silakan memilih dan memilah menyesuaikan dengan budget yang tersedia.

Sebenarnya, ada beberapa lokasi lain yang bisa menjadi alternatif tempat belanja oleh-oleh khas Makassar. Tempatnya tersebar di sejumlah tempat di kota Makassar dengan harga yang relatif terjangkau. Tapi yang paling populer memang jalan Somba Opu. Nah kali ini saya berbagi mengenai tiga toko oleh-oleh khas Makassar harga terjangkau yang paling ramai dikunjungi oleh para wisatawan asing maupun lokal. Toko apa saja itu dan di mana lokasinya?

Toko Cahaya oleh-oleh khas Makassar harga terjangkau

Toko Cahaya (Tripadvisor)

Toko Cahaya

Toko Cahaya merupakan toko oleh-oleh khas Makassar yang populer dan legendaris. Konon, toko yang didirikan pada tahun 1905 ini adalah salah satu toko oleh-oleh pertama di Makassar. Awalnya bernama Soei Hien Hoo dan berlokasi di Jalan Tempelstraat (kini dikenal dengan nama jalan Sulawesi). Pada tahun 1970, toko Soei Hien Hoo berubah nama menjadi Toko Cahaya karena pada saat itu semua toko tidak diperbolehkan untuk memakai sebutan Tionghoa. Nama itulah yang kemudian populer.

Ketika pertama kali dibuka Toko Cahaya hanya menyediakan produk kacang asin, tenteng kacang dan tenteng wijen khas Makassar dengan merk “Koeda Tarek Pedatie”. Sekarang ini ada tiga Toko Cahaya Oleh-Oleh yang berlokasi di Jalan Sulawesi, Jalan Toddopuli Raya Timur dan Ruko Kima Square.

Produk andalan Toko Cahaya Oleh-Oleh adalah Kacang Ayam (parent brand) dengan sub-brand seperti : Kacang Telooor, Kacang Disco, Kacang Rempah, Kacang Emas dan Kacang iPut. Ragam oleh-oleh khas Makassar lainnya yang dijual di Toko Cahaya ini cukup lengkap, mulai dari aneka jajanan dan snack, souvenir-souvenir khas Makassar, baju kaos, otak-otak, sirup DHT, sirup Markisa, sambel pecel, lombok kuning, selai kaya Cahaya dan lain-lain.

Toko Keradjinan oleh-oleh khas Makassar harga terjangkau

Toko Keradjinan (Tribunnews)

Toko Keradjinan

Saat memasuki Jalan Somba Opu, kita akan menemukan Toko Keradjinan di sebelah kanan perempatan pertama. Seperti namanya, toko yang masih memakai ejaan lama ini memang lebih banyak menyediakan souvenir jenis kerajinan khas Makassar. Meskipun juga ada oleh-oleh khas Makassar lainnya yang ditawarkan yaitu makanan, minuman, kain tenun dan sutera, perhiasan, minyak gosok, pajangan kupu-kupu dan lain-lain. Kue-kue kering khas Bugis Makassar yang merupakan hasil olahan industri rumah tangga yang kreatif misalnya baruasa, baje kacang, putu kacang, nennu-nennu dan lain-lain juga tersedia di Toko Keradjinan.

Kerajinan khas Sulawesi Selatan seperti miniatur Tau-tau, Tongkonan, atau perahu phinis dapat dijumpai dalam ukuran yang berbeda-beda, dari sebesar gantungan kunci hingga yang berukuran lumayan besar. Harganya bervariasi tergantung ukurannya. Sarung tenun dan sutera yang merupakan kerajinan khas Sulsel lainnya tentu saja tersedia di toko ini, baik berupa tas, dompet, sendal, maupun kain sarung bahan katun bermotif sutera dan sutera asli yang didatangkan dari Sengkang, Kabupaten Wajo.

Toko Ujung oleh-oleh khas Makassar harga terjangkau

Toko Ujung (koleksi pribadi)

Toko Ujung

Jika ada yang bertanya di mana menemukan toko oleh-oleh khas Makassar harga terjangkau? Dari sekian banyak toko oleh-oleh khas Makassar, saya paling sering merekomendasikan Toko Ujung. Bukan karena saya mengenal ownernya, tetapi memang toko ini menyediakan oleh-oleh khas Makassar maupun Sulawesi Selatan yang beagam dan dilengkapi dengan fasilitas bungkus oleh-oleh.

Toko Ujung didirikan pada tahun 1900 dan pemiliknya sekarang merupakan generasi ketiga. Seperti namanya toko ini memang terletak di ujung jalan, perempatan jalan Somba Opu dan jalan Wahab Taru. Toko ini juga dikenal sebagai toko penyedia kopi legendaris di Makassar, Kopi Ujung. Tidak hanya menjual kopi tetapi juga mengolah kopi mentah dalam berbagai jenis. Ada beragam kopi lokal Sulawesi Selatan yang bisa dibawa pulang dari toko ini. Oya untuk para penggemar Rangga dan Cinta dari film AADC, jangan sampai melewatkan coffee blend dari Kopi Ujung yang diberi nama Kopi Rangga dan Cinta. Langsung saja cari di rak yang menyediakan aneka kopi pilihan dengan ukuran kemasan yang bervariasi.

Pssst, jalan-jalan hemat ke Makassar? Kenapa enggak? Ambil promo tiket mudik murah, Explore Toraja + Tiket PP dan pesan hotel murah dari sekarang!

Ketika sedang berkunjung ke toko ini dan kebetulan bertemu dengan John Chendra, pemilik Toko Ujung yang merupakan seorang grader bersertifikat, jangan sungkan untuk berbagi cerita tentang biji kopi. Selain membawa pulang oleh-oleh khas Makassar, akan dapat bonus ilmu tentang kopi plus bisa menikmati kopi yang diracik langsung oleh John Chendra. Menyenangkan bukan?

Nah 3 toko di atas semoga bisa membantumu saat kebingungan di mana mencari oleh-oleh khas Makassar harga terjangkau. Selamat berburu oleh-oleh ya 🙂

(Visited 517 times, 1 visits today)


About

sharing is caring | bebas merdeka 100% | writer and traveller wannabe | peneliti paruh waktu | social media enthusiast |


'Di Mana Berburu Oleh-Oleh Khas Makassar Dengan Harga Terjangkau?' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool