Olahan Ikan Khas Makassar

Vote Us

Makassar dan ikan adalah dua kata yang sulit dipisahkan. Ada pameo yang berbunyi ‘berkunjung ke Makassar belumlah lengkap tanpa menikmati makan ikan bakar’. Sangat mudah jika ingin menyantap aneka olahan ikan yang jadi khas kuliner Makassar. Tempat-tempat makan yang menyajikan olahan ikan bertebaran hampir di semua sudut kota. Wisata kuliner Makassar bisa dijumpai mulai dari warung pinggir jalan hingga restauran mewah.

Posisi Makassar yang berbatasan langsung dengan laut dan selat menjadikan kota pelabuhan ini melimpah akan makanan laut, utamanya ikan. Tak mengherankan jika sangat banyak warung makan dan restaurant khusus seafood.

Menu olahan ikan apa saja yang wajib kamu santap jika di Makassar? Berikut ini kami suguhkan beberapa di antaranya;

  1. Pallumara Kepala Ikan

Pallumara adalah sup kepala ikan, bahan utamanya adalah kepala kakap merah dengan kuah kuning dari bumbu kunyit yang ditimpali dengan segarnya rasa asam dan gurihnya bawang. Kuah pallumara menebarkan aroma kunyit dan bawang goreng yang kuat. Rasa asam belimbing wuluh dan pedas cabai akan memanjakan lidah. Rasa asam dan pedas yang kuat itulah yang membalut daging ikan kakap yang gurih dan sedikit manis.

 

Pallumara Kepala Ikan | foto: Dentist Chef

Pallumara Kepala Ikan | foto: Dentist Chef

  1. Pallumara Mairo

Selain kepala kakap merah, orang Bugis dan Makassar juga memiliki resep lain dari Pallumara yaitu Pallumara Mairo yang berbahan dasar sama yaitu kuah kuning dari asam jawa dan kunyit. Mairo adalah nama bagi ikan teri dalam bahasa Bugis dan Makassar. Untuk Pallumara biasanya dipilih ikan teri yang agak besar. Ikan teri ini kepalanya dibuang lalu diolah dengan berbagai macam bumbu yaitu asam jawa, kunyit, bawang merah, bawang putih dan jahe.

  1. Ikan Bolu Bakar

Jangan bayangkan kue bolu begitu mendengar ikan bakar bolu. Ikan bolu adalah sebutan bagi ikan bandeng di Makassar. Bolu bakar khas Makassar ini banyak ditemukan di warung pinggir jalan. Biasanya, tempat bakarnya di bagian depan restoran atau warung dengan asap yang sudah terlihat dari jauh. Ikan Bolu Bakar biasanya disajikan bersama sambal dan Sop Saudara.

SOP ini adalah singkatan dari Saya Orang Pangkep, Saudara dan warung-warung ini yang menyajikannya memang rata-rata berasal dari Pangkep, sebuah kabupaten yang berada sekira 60 km utara Makassar. Pangkep sendiri adalah singkatan dari Pangkajene dan Kepulauan, yang terkenal memiliki banyak tambak ikan bandeng, udang, dan kepiting.

  1. Lawa Bale

Lawa Bale adalah sashimi ala Bugis. Ada juga yang menyebutnya Pacco’. Kuliner olahan ikan ini terbuat dari fillet atau potongan ikan segar yang dipadu parutan kelapa gurih, cuka, dan perasan air jeruk nipis. Biasa juga menggunakan ikan teri tanpa kepala. Semakin segar ikannya akan membuat Lawa semakin nikmat untuk disantap. Untuk membuat Lawa, ikan biasanya dicacah agar perasan jeruk dan cuka bisa meresap langsung.

 

Lawa Bale | foto: shintamacan.blogspot.com

Lawa Bale | foto: shintamacan.blogspot.com

  1. Ikan Bakar Parape

Untuk ikan bakar parape ini biasanya menggunakan ikan baronang, kakap, kerapu atau bandeng. Bumbu yang digunakan adalah bawang merah, cabai merah keriting, cabai rawit merah, bawang putih, gula merah dan garam yang semuanya dicampur lalu dihaluskan dan ditumis. Bumbu ini kemudian digunakan untuk melumuri seluruh bagian ikan yang akan dibakar dan ditambahkan dengan kecap, asam jawa dan merica putih bubuk. Ikan kemudian dibakar sambil sesekali dilumuri sisa bumbu tumis. Sebagai pelengkap, ikan bakar parape ini disajikan dengan sambal jeruk limau.

  1. Bajabu

Bajabu adalah abon khas Bugis dan Makassar.  Ikan yang digunakan untuk membuat bajabu biasanya adalah ikan tongkol atau bandeng. Cara membuatnya adalah memanggang ikan terlebih dahulu lalu dagingnya disuwir-suwir. Setelah itu ikan diaduk bersama bumbu halus, kelapa parut, santan, garam, merica bubuk dan gula pasir lalu diaduk hingga kering.

Bajabu biasanya dihidangkan bersama burasa’ pada saat perayaan lebaran atau menjadi bekal perjalanan karena bisa bertahan lama.

Itulah beberapa olahan ikan khas Makassar yang wajib untuk teman-teman santap saat berkunjung Makassar. Buktikan sendiri bahwa berkunjung ke Makassar tak akan lengkap bila tak menyantap sajian kuliner khas Makassar, utamanya aneka olahan ikannya.

(Visited 461 times, 1 visits today)


About

sharing is caring | bebas merdeka 100% | writer and traveller wannabe | peneliti paruh waktu | social media enthusiast |


'Olahan Ikan Khas Makassar' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool